Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Download dan Main Minecraft Snapshot di PC

Versi Minecraft seperti yang kita ketahui terdiri dari 2 jenis yaitu versi Stable dan versi Snapshot (atau Beta), perbedaannya adalah Snapshot merupakan versi percobaan yang dirilis oleh developer sebelum mengeluarkan sebuah update yang besar.

cara download minecraft snapshot

Tujuannya adalah supaya bug dan error bisa diketahui kemudian dilaporkan oleh pemain kepada developer sebelum akhirnya dimasukkan kedalam versi Final yang sudah stabil. Biasanya versi snapshot diluncurkan setiap beberapa minggu sekali.

Contohnya adalah pada Update Village and Pillage yang akan rilis tahun 2019 ini, developer sudah mengeluarkan sebanyak 10-20 versi snapshot sejak akhir tahun 2018 kemarin, yang akhirnya sudah hampir mencapai versi terakhir.

Lebih Bagus Minecraft Versi Stabil atau Snapshot ?

Jawabannya adalah tergantung. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tujuan snapshot adalah mencoba update yang akan datang namun masih belum sempurna dengan banyak bug dan error (terkadang).

Sehingga apabila kalian hanya ingin sekedar bermain dan tidak ingin mengalami error pada world kalian, maka sebaiknya bermain versi Stabil saja.

Namun kalau kalian sudah tidak sabar dengan update yang akan datang, maka bisa mencoba versi Snapshot.


Hal Penting Sebelum Mencoba Minecraft Snapshot 

Untuk menghindari error dan bug yang mungkin bisa membuat world kalian corrupt, maka jangan buka world utama kalian menggunakan versi ini.

Apabila ingin menggunakan world yang kalian punya, maka lakukan backup terlebih dahulu. Bisa dilakukan dengan cara copy dan paste world kalian menjadi 2.

Kemudian buka world hasil copy menggunakan versi Snapshot. Saran saya, sebaiknya jangan menggunakan versi snapshot sebagai versi utama kalian ketika bermain.


Cara Mengaktifkan Minecraft Snapshot

Langkah-langkah dibawah ini dilakukan pada versi Minecraft Java PC dan menggunakan versi original, apabila kalian menggunakan bajakan, maka silahkan coba ikuti pada launcher yang kalian punyai.

1. Buka Minecraft Launcher dan tombol diatas kanan.

download minecraft snapshot

2. Klik pada Enable Snapshots

minecraft snapshot di pc

3. Pilih Add New atau gunakan versi Latest Snapshots

bermain minecraft snapshot

Apabila kalian sudah menekan tombol Enable Snapshots, maka akan muncul versi snapshot terakhir yang diberi nama Latest Snapshots

Apabila kalian ingin mencoba snapshot lain, maka bisa gunakan tombol Add New untuk mencari versi snapshot lainnya.

memilih minecraft snapshot di minecraft launcher

Jika sudah menemukan versi yang kalian inginkan, tekan tombol SAVE untuk menyimpan profil. Kalian juga bisa mengubah nama, icon, dan resolusi dari profil tersebut.

4. Minecraft Snapshot sudah siap dimainkan

Untuk bermain versi yang sudah kalian pilih, tekan tombol panah disebelah tombol PLAY dan pilih profil yang sudah kalian buat sebelumnya.

versi minecraft snapshot di minecraft

Apabila kalian sudah berhasil mengaktifkan versi snapshot dan menambahkan versi yang kalian inginkan kedalam Minecraft Launcher kalian, maka artinya kalian sudah siap mencoba versi-versi yang tidak bisa kalian temukan diversi stabil saat itu.


Gunakan kesempatan ini untuk mencoba semua fitur dan jika menemukan bug, maka bisa kalian laporkan kepada developer melalui Minecraft Feedback yang bisa mempercepat proses pengembangan versi final.

Sekian artikel kali ini, terima kasih.

Post a Comment for "Cara Download dan Main Minecraft Snapshot di PC"