Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Wandering Trader di Minecraft

Update terbaru pada Minecraft yang bernama Village and Pillage membawakan berbagai macam fitur baru dan unik seperti perubahan desain desa dan villagernya.

cara bertemu villager trade minecraft
Wandering Trader | Source: minecraft.net

Namun ada sebuah update yang menurut saya paling unik adalah Wandering Trader, sang penjelajah Minecraft yang berkeliling untuk menawarkan barang dagangan mereka.

Baca Juga: Pillager Raids Hadir di Minecraft 1.10.0.3 Beta

Ketika sedang asik beternak atau berkebun, tiba-tiba terdengar suara khas villager disekitar kita, ternyata memang seorang villager, namun memiliki penampilan berbeda serta lebih unik dibanding villager pada umumnya.

Apa itu Wandering Trader di Minecraft ?

Sesuai dengan namanya yang kalau ditranslate ke bahasa inggris, artinya adalah Pedagang Pengembara, atau mungkin lebih enak disebut Pedagang Keliling.

Pekerjaan mereka adalah berkeliling, apabila bertemu dengan pemain, maka bisa melakukan trading seperti villager pada umumnya

Barang yang mereka tawarkan tetap menggunakan mata uang Minecraft yaitu Emerald, namun barang yang ditawarkan lebih unik dan langka dibanding villager biasa.

Bedanya adalah, mereka bisa keluar dari area village alias desa, sedangkan villager normal hanya bisa berjalan disekililing area desa saja.

Sejarah Penambahan Wandering Trader Ke Dalam Game

Ide penambahan berawal dari Steve Enos sang game desainer untuk Minecraft dan beberapa developer lainnya yang terinspirasi dari permainan RPG.  

Berikut adalah sejarah singkatnya:

"Ketika seorang pemain berkeliling ke tempat berbahaya, biasanya mereka akan menemukan NPC yang bertugas sebagai merchant atau pedagang. Pedagang berada disana untuk menjual barang seperti potion atau item healing kepada pemain sebelum melawan boss."

"Sehingga kami mulai memikirkan cerita pedagang tersebut, mengapa mereka disana ? kemana mereka pergi ? sehingga akan sangat keren apabila Wandering Trader bisa berkeliling dari desa ke desa lainnya, terkadang bertemu pemain di alam liar."

sejarah wandering trader minecraft
Wandering Trader Bisa Melindungi Diri Sendiri | Source: minecraft.net

"Bagian favorit saya adalah mereka bisa minum Potion of Invisibility ketika dalam bahaya dan masih terlihat memegang tali Llama dalam kondisi tak terlihat!" kata Steve.

Ternyata dalam proses pengembangan, para developer kesulitan menemukan cara yang tepat untuk memunculkan Wandering Trader ke dalam desa.


"Solusi awal adalah melakukan spawn seperti Enderman yang bisa teleport kemana saja," kata Steve. "Namun kami akhirnya memutuskan tidak ingin membuat mereka menjadi supernatural sehingga kami membuat mekanisme spawn langsung dimana saja."

Kesulitan lainnya adalah mengenai desain dari sang Wandering Trader yang masih belum selesai saat itu:

Developer yang bertugas membuat desain visual mereka adalah ketua Pixel Artist Jasper Boestra dan Chris Nordgren yang berasal dari Minecraft: Dungeon

"Kami ingin membuat ia tampil misterius dan eksotis, sehingga desain pertama sedikit diluar ekspektasi." ingat Jasper. "Saya membolehkan Chris mencoba dan ternyata kami menyukai desain yang dia buat. Terlihat seperti bajak laut dan tidak seperti pedagang, jadi saya mencoba menambah topi. Namun pada akhirnya art director, Johan Aronson menginginkan kami menambah jubah saja yang membuatnya lebih misterius dan tidak terlihat seperti villager."


Itulah sejarah singkat mengenai Wandering Trader dari team developer Minecraft yang sudah lama mengembangkan update terbaru ini yang sepertinya akan dirilis pada bulan April 2019.

Masih belum banyak informasi mengenai versi final pedagang ini, namun kalian bisa mencoba bertemu dengan mereka sekarang dengan mencoba versi snapshot pada versi Minecraft kalian.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Sejarah Wandering Trader di Minecraft"