Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis dan Pekerjaan Villager di Minecraft

Villager merupakan NPC didalam game Minecraft yang menempati Village (Desa). Umumnya didalam desa ada banyak rumah penduduk, termasuk penduduk yang tinggal didalamnya. Tapi bagi yang sudah sering bermain Minecraft pasti tahu bahwa ada beberapa jenis villager di desa.

Villager Didalam Desa Sedang Berkumpul

Dengan warna baju yang berbeda, warna tersebut bukan hanya dekorasi tanpa arti. Warna baju mereka melambangkan pekerjaan serta tugas (profesi) mereka masing-masing didalam Desa.

Sejauh ini, ada 6 jenis villager di Minecraft PC dan ada 5 jenis villager di Minecraft PE (Bedrock Edition). Semuanya memiliki pekerjaan dan tugas yang berbeda ketika berada didalam village. Kali ini Anvinus akan membahas apa saja tugas masing-masing villager dan kenapa mereka berbeda jenis.

Bagi teman-teman yang kesulitan mencari desa, coba baca artikel saya mengenai tips cara menemukan desa di Minecraft, disana saya membahas beberapa tips yang saya gunakan untuk mencari desa di survival mode.

Nama, Jenis-Jenis dan Pekerjaan Villager di Minecraft:

Farmer


Villager berbaju coklat ini adalah Farmer atau Petani. Mereka mudah ditemukan didesa, dan bertanggungjawab dengan semua urusan makanan di desa.
Namun tidak hanya bertani seperti menanam saja, mereka terbagi lagi menjadi 4 jenis pekerjaan:

  • Farmer: Sesuai namanya, jenis villager ini merupakan farmer yang melakukan semua tugas bercocok tanam di desa. Mereka menanam bibit, memanen tanaman seperti Wheat, Carrot, Potato, Beetroot, dan lain-lain. Mereka memiliki tugas sangat penting didesa, karena apabila tidak ada farmer maka tidak ada makanan atau tanaman. Kita bisa melakukan trade atau barter hasil panen kita dengan villager ini.
  • Fisherman: Jenis villager yang bernama fisherman adalah seorang nelayan. Mereka mengurus semua tentang memancing, menangkap ikan, walaupun tidak pernah terlihat melakukannya, mereka hanya berdiam di desa saja. Fisherman menerima ikan sebagai barter dengan Emerald kepada kita, mereka juga menjual pancingan ikan.
  • Shepherd: Jenis ini adalah seorang gembala. Mereka menggembala domba di desa, walaupun juga tidak pernah terlihat melakukannya. Kita bisa menukar bulu domba dan pencukur bulu domba untuk Emerald dengan villager ini.
  • Fletcher: Villager ini adalah pemburu. Mereka menjual anak panah serta panah kepada kita. Kita bisa menukar jaring menjadi Emerald. Walaupun pemburu, mereka tidak pernah menembak hewan disekitar desa.

Farmer merupakan jenis paling umum yang bisa kita temukan disebuah desa. Terkadang ada lebih dari 3 petani didalam sebuah desa, namun sesuai jenisnya akan dibagi lagi menjadi beberapa.

Saya sendiri suka "menangkap" seorang farmer ke rumah survival karena saya bisa mendapatkan suplai Emerald secara unlimited. Dengan cara menukar hasil kebun yang saya panen (Wheat, Potato, Carrot) kepada villager ini. Emerald pun menjadi sangat banyak.

Jadi berbahagialah kalian ketika menemukan seorang farmer karena bisa mendapatkan banyak Emerald dengan menukar hasil panen.

Librarian


Villager berbaju atau jubah putih ini bekerja sebagai Pustakawan, seseorang yang bekerja di perpustakaan. Villager ini tinggal didalam rumah yang berisi buku-buku. Apabila kalian menemukan desa dan ada rumah berisi buku, maka bisa dipastikan ada Librarian didalam desa tersebut.
Librarian terbagi menjadi 2 jenis pekerjaan:

  • Librarian: Villager yang bekerja sebagai librarian melakukan tugas untuk mengatur isi perpustakaan serta buku-buku didalamnya. Mereka juga menerima buku, kertas, sebagai barter Emerald dengan kita. Dan yang paling penting adalah mereka menjual buku Enchant yang terkadang merupakan buku langka seperti Fortune III dan Mending I.
  • Cartographer: Villager ini mirip dengan librarian, namun tugas nya adalah semua urusan peta. Mereka menjual peta harta karun seperti Mansion dan Ocean Monument. Sangat penting ketika ingin berburu harta karun.


Ketika menemukan villager librarian, usahakan membawa banyak Paper (Kertas) untuk di trade (barter) dengan mereka karena selain mendapatkan Emerald, kita juga membuka kotak trade mereka hingga mereka menjual buku Enchant. Siapa tahu mendapatkan buku yang langka.

Pengalaman saya, ketika menemukan librarian yang menjual buku langka, segera kurung mereka ditempat yang aman dari serangan zombie.

Priest

Villager berbaju atau jubah ungu ini adalah seorang Imam atau Pendeta. Mereka tinggal didalam gereja desa. Priest tidak mempunyai pekerjaan yang berbeda-beda, namun hanya 1 pekerjaan yaitu:

  • Cleric: Villager ini bertugas sebagai ulama. Mereka menjual berbagai item. Mereka juga menerima Rotten Flesh (Daging Zombie) sebagai barter  Emerald. Hingga Bottle o' Enchanting yang memberikan EXP kepada kita ketika dipecahkan. 

Apabila tidak menemukan gereja didesa, maka kemungkinan tidak akan ada villager Priest didesa tersebut kecuali hasil dari mengawinkan villager dan lahir anak dengan profesi Priest.

Villager ini cukup berguna sebagai bahan mendapatkan Emerald karena kita hanya butuh membunuh Zombie sebanyak mungkin kemudian tukar daging mereka dengan villager ini.

Blacksmith


Villager berbaju coklat dan menggunakan celemek (apron) hitam ini adalah seorang Pandai Besi. Mereka membuat armor, senjata dan alat di desa. Terbagi menjadi 3 jenis pekerjaan:

  • Armorer: Bertugas membuat armor yang bisa digunakan pemain seperti Helmet, Chestplates, Leggings, Boots. Kita bisa menukar Coal (Arang) sebagai barter Emerald dengan villager ini. Terkadang mereka menjual armor Diamond yang mempunyai Enchantment level tinggi.
  • Weapon Smith: Bertugas membuat senjata seperti Sword, Axe. Semua urusan senjata di urus oleh villager ini, terkadang mereka juga menjual senjata dengan Enchant langka. Juga menerima barter Coal dengan Emerald.
  • Tool Smith: Villager ini membuat alat-alat seperti Pickaxe, Shovel, Hoe. Sama dengan armorer dan weapon smith, mereka menerima barter Emerald dengan Coal. Juga terkadang menjual tool yang cukup bagus seperti Diamond Pickaxe yang sudah di enchant.

Sangat berguna ketika ingin menemukan Tool, Armor, atau Weapon langka seperti dari Diamond, tanpa harus menggunakan Diamond. Terkadang ada Enchantment sangat bagus yang memerlukan EXP banyak agar bisa didapatkan.

Villager ini biasanya muncul apabila ada rumah blacksmith di desa (rumah dengan oven dan lava didepan). Bisa juga dari hasil mengawinkan villager di desa.

Butcher





Villager berbaju coklat dengan celemek (apron) putih ini adalah Tukang Daging. Mereka melakukan pemotongan daging, juga semua hal berkaitan dengan daging hewan. Butcher terbagi menjadi 2 jenis pekerjaan yaitu:

  • Butcher: Villager ini menjual daging seperti Chicken (Ayam), Pork (Babi), dan lain-lain. Apabila mempunyai banyak stock makanan daging, maka bisa ditukarkan dengan villager ini menjadi Emerald.

  • Leatherworker: Villager ini mengurus kulit dari hewan seperti kulit sapi. Mereka menjual armor yang terbuat dari kulit (leather). Terkadang juga menjual kulit dari Kuda dan Llama.


Biasanya villager ini ada didesa dengan rumah yang mempunyai halaman belakang dengan pagar sekaligus tempat memotong daging yang terbuat dari slab didalam rumahnya.

Namun saya sendiri kurang menyukai jenis villager ini karena menurut saya kurang berguna dan tidak membuat banyak Emerald.

Nitwit

Villager berbaju atau jubah hijau ini adalah yang membuat jenis villager di MCPC menjadi 6 dan di MCPE menjadi 5 saja. Karena Nitwit hanya ada di versi Minecraft PC. Merupakan hasil update yang masih tergolong baru.

Walaupun terlihat berbeda dan unik, villager ini sangat tidak berguna karena kita tidak bisa melakukan trade atau barter dengan Nitwit. Mereka juga tidak mempunyai pekerjaan di desa.
Sesuai namanya yaitu Nitwit yang berarti seseorang yang bodoh.

Mungkin pihak developer memasukkan villager ini sebagai lelucon atau easter egg karena sangat tidak berguna, atau mungkin ada update yang akan membuat Nitwit menjadi berguna. Kita tunggu saja pada update yang akan datang.
Baca Juga:

Itulah dia teman-teman beberapa pembahasan mengenai jenis-jenis dan apa saja pekerjaan villager di dalam desa Minecraft. Villager memang sangat unik dan membuat dunia Minecraft terkesan tidak sepi.

Dengan update yang akan muncul ditahun ini, diharapkan lebih banyak villager bisa ditambahkan kedalam Minecraft. Tentunya dengan pekerjaan yang berbeda serta jenis yang lebih baru.

Apakah kalian mempunyai pertanyaan? silahkan tanya dikolom komentar, atau ada sesuatu yang saya salah tulis maka bisa memberitahu saya.

Sekian post kali ini mengenai jenis-jenis dan pekerjaan villager di Minecraft, semoga bermanfaat buat teman-teman.

Terima Kasih.

2 comments for "Jenis-Jenis dan Pekerjaan Villager di Minecraft"