Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Senjata Trident di Minecraft

Trident adalah senjata terbaru di Minecraft yang dikeluarkan pada Update Aquatic tahun lalu. Tidak jarang banyak pemain yang mencari senjata ini karena mempunyai damage yang cukup kuat serta mempunyai enchantment yang sangat unik.

senjata trident di minecratf
Drowned Menggunakan Trident

Sesuai namana, senjata ini biasa dikenal dari sejarahnya yang merupakan senjata Poseideon atau Neptune, sang dewa lautan. Bentuknya juga sangat mirip, namun memiliki fungsi yang lebih unik.

Bedanya dengan senjata lainnya adalah, Trident tidak bisa didapatkan melalui cara Crafting, melainkan harus mendapatkannya dari drop monster Drowned.

Bagi yang belum tahu, Drowned adalah mob air yang tinggal didasar lautan, ketika siang hari mereka akan berada dalam air namun saat malam tiba maka mereka akan keluar untuk mengejar pemain. Zombie bisa berubah menjadi Drowned apabila mereka mati tenggelam dalam air.

Mob yang bisa Menggunakan / Menjatuhkan Trident ?

Satu-satunya monster yang bisa menggunakan dan menjatuhkan Trident adalah mob Drowned

Namun tidak semua Drowned akan muncul menggunakan Trident (hanya 15% chance), kebanyakan tidak ada senjata, ada pula yang memegang Nautilus Shell, ada juga yang menggunakan Fishing Rod.

Dan tidak semua Drowned yang menggunakan Trident akan menjatuhkan senjata mereka, hanya ada sekitar 8.5% chance mereka bisa drop Trident, kemungkinan yang cukup kecil.

Cara Mendapatkan Senjata Trident di Minecraft

Cara dibawah ini dilakukan pada mode Survival, apabila kalian bermain mode Creative maka hanya perlu membuka inventory untuk mendapatkan Trident.

Langkah 1: Carilah Kumpulan Drowned 

Biasanya banyak dibawah lautan atau ketika malam mereka akan berjalan disekitar sungai. Apabila kalian sering bermain dekat air, maka pasti sudah tahu habitat mereka ada dimana.


drowned drop trident minecraft
Sekumpulan Drowned di Air

Karena tidak semuanya menggunakan Trident, maka kalian harus mencari lebih teliti, biasanya dari 10 Drowned hanya ada 1 saja yang mempunyai senjata. 

Kalian akan dilempari Trident apabila sudah terlalu dekat dengan mereka, sehingga usahakan menggunakan armor yang cukup karena damage Trident lebih besar dari Diamond Sword sekalipun.

Langkah 2: Bunuh Drowned

Kalian bisa menggunakan senjata seperti Sword biasa atau menggunakan Bow untuk membunuh mereka.

Namun chance Trident akan didrop sangatlah kecil. Untuk itu kalian bisa menggunakan Sword yang sudah dienchant menggunakan Looting Enchantment.

cara mendapatkan trident di minecraft
Melawan Kawanan Drowned

Fungsinya adalah agar chance drop meningkat, setiap level Looting akan meningkatkan chance sebanyak 1%, jadi kalau awalnya 8.5% maka menggunakan Sword Looting III akan menjadi 11.5%.


Berdasarkan pengalaman saya, menggunakan Diamond Sword saja sudah cukup karena saya mendapatkan cukup banyak Trident tanpa menggunakan enchantment, jadi enchant diatas tidak wajib.


Langkah 3: Selesai

Apabila kalian beruntung, maka kalian akan mendapatkan Trident hasil drop mob Drowned tadi, apabila belum, maka lanjutkan pencarian kalian karena memang terkadang sedikit sulit.

mencari trident di minecraft
Trident Hasil Drop Drowned

Setiap malam usahakan mencari sungai dan menyelam didasarnya untuk mencari para Drowned.


Trident yang dijatuhkan Drowned tidak semuanya dalam kondisi sempurna, ada yang hampir rusak, ada juga yang masih bagus kondisinya. Apabila kalian menemukan lebih dari satu, sebaiknya digabungkan saja untuk diperbaiki.

Tips Enchant Senjata Trident

Enchantment akan membuat senjata kalian lebih kuat dari sebelumnya, pada Update Aquatic sebelumnya, developer memberikan berbagai enchant baru khusus untuk Trident.

Enchantment Loyalty: Membuat Trident kembali ke tangan setelah dilempar.

Channeling: Lokasi Trident dilempar akan membuat petir menyambar titik tersebut.

Riptide: Melakukan Teleport pada pemain ketika hujan atau berada di air.

Impaling: Mengakibatkan Extra Damage pada mob yang termasuk aquatic (tidak termasuk Drowned).

Semua enchantment memiliki level yang berbeda, ada yang hanya level I adapula yang bisa mencapai level III

Dan semuanya mempunyai efek yang sangat unik, jadi silahkan kalian uji coba sendiri dan mencari mana yang lebih baik. Ada beberapa enchant yang tidak bisa digabung sehingga sebaiknya mencari lebih banyak Trident untuk masing-masing enchantment.

Sebaiknya tunggu level 30 sebelum melakukan enchant agar mendapatkan enchant yang paling kuat.

Sekian post kali ini mengenai cara mencari dan mendapatkan senjata Trident di Minecraft.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Senjata Trident di Minecraft "