Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menemukan Jungle Temple di Minecraft

Jungle Temple adalah salah satu bangunan yang cukup langka dalam permainan Minecraft, banyak orang mencarinya karena terkadang terdapat peti yang berisi item berharga didalamnya.

Banyak juga orang yang menyebutnya Kuil Hutan, apapun sebutan kalian tidak masalah karena hanya ada bangunan ini yang muncul dihutan minecraft.

Selain Jungle Temple, ada pula Desert Temple, Ocean Monument, Igloo, Swamp Hut, namun hanya beberapa saja yang mempunyai peti berharga didalamnya.

Jungle Temple di Minecraft

Bangunan misterius ini tidak diketahui dibangun oleh siapa dan kenapa, namun didalamnya terdapat banyak jebakan yang cukup berbahaya untuk orang yang memasukinya, ada pula tempat tersembunyi berisi peti dibelakang dindingnya.

Terkadang sangat susah menemukan Temple ini dialam liar karena tempat munculnya yang sulit terlihat serta banyaknya tertutup pepohonan.

Baca Juga: 5 Tips Bermain Survival Minecraft

Kali ini Anvinus akan membahas cara menemukan Jungle Temple baik di mode Survival maupun Creative menggunakan Command.

Cara ini bisa digunakan pada Minecraft Java Edition maupun Minecraft Bedrock Edition (MCPE) karena semuanya mempunyai konsep yang sama saja.

Tempat Munculnya Jungle Temple

Jungle Temple hanya akan muncul pada bioma Jungle atau Hutan, ciri-cirinya adalah banyak pohon tinggi dengan banyak semak-semak disekitar dasarnya.

Warna daun pohon hijau muda dan terdapat akar yang merambat pada sekitar pohon. 

Terdapat buah Melon dan apabila beruntung maka kalian bisa menemukan Ocelot atau kucing hutan liar yang bisa kalian pelihara menjadi kucing normal. 


Cara Menemukan Jungle Temple di Mode Survival

Sebelum pergi mencari temple ini, sebaiknya persiapkan makanan yang cukup serta alat dan armor yang sudah lengkap agar tidak mati dalam perjalanan.

Pastikan meninggalkan jejak agar tidak tersesat ketika ingin kembali ke base asal kalian, apabila tertarik mengenai hal itu, coba baca 4 Tips Agar Tidak Tersesat di Minecraft Survival.

Langkah 1: Pergi ke Bioma Hutan

Mungkin akan sedikit memakan waktu karena biasanya bioma ini susah dicari, namun apabila sudah ketemu belum tentu ada templenya, jadi kalian harus extra sabar dan teliti dalam mencari.

mencari kuil hutan di bioma hutan minecraft
Mencari Bioma Hutan

Biasanya yang saya lakukan adalah berjalan satu arah sampai menemukan bioma ini, cukup efektif walau memakan waktu yang lama.

Tidak ada cara cepat menemukannya karena memang bioma dalam game Minecraft muncul secara acak dan natural, sehingga cara satu-satunya adalah pergi menjelajahi secara manual.

Tips dari saya adalah carilah dekat dengan padang rumput atau dekat dengan pantai karena biasanya bioma hutan terdapat disekitar sana.

Langkah 2: Cari Jungle Temple Dalam Hutan

Setelah menemukan bioma hutan, maka langkah selanjutnya adalah mencari jungle temple, kita tidak tahu apakah hutan tersebut terdapat temple.

mencari kuil hutan di hutan minecraft
Mencari Jungle Temple

Untuk itu, kalian harus teliti dalam melihat sekitar hutan, biasanya temple tertutup daun atau terhalang oleh pohon.

Apabila beruntung, maka temple akan spawn dilokasi yang cukup tinggi dan terlihat jelas tanpa harus susah-susah mencari lagi, namun hal ini jarang terjadi.

Tips dari saya adalah memanjat pohon yang tinggi, kemudian cobalah melihat sekitar dari sana, cara ini bisa mempermudah kalian mengetahui keberadaan temple.

Langkah 3: Menemukan Jungle Temple dan Memasukinya

Apabila kalian sudah menemukan templenya, maka langkah selanjutnya adalah mencari jalan masuk, jika tidak ada jalan masuk maka kalian bisa membuat lubang pada dinding temple.

Setelah memasuki temple, maka kalian harus menghancurkan trap yang terpasang seperti Trip Wire (kawat) yang memicu Dispenser berisi anak panah.

peti jungle temple minecraft
Peti didalam Jungle Temple

Diujung temple lantai bawah akan terdapat peti yang berisi barang didalamnya, isinya adalah random artinya apabila beruntung maka itemnya bagus, namun jika sebaliknya maka hanya isi sampah saja.

kuil hutan jungle temple minecraft
Isi Peti Jungle Temple

Contoh diatas adalah peti yang beruntung karena berisi banyak sekali item langka dan berharga termasuk buku Enchanted yang memiliki banyak enchantment.

Cara Menemukan Jungle Temple di Mode Creative

Karena ini mode Creative, maka kalian bisa menggunakan cara tersendiri untuk menemukan Jungle Temple. 

Misalnya kalian mungkin lebih suka terbang terus menerus sampai menemukan temple, atau ada yang mungkin ingin menggunakan command agar lebih cepat. 


Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan Command dalam pencarian temple di mode creative ini. Silahkan ikut langkah-langkah dibawah untuk caranya.

Langkah 1: Ketik "/locate Temple"

Command /locate adalah perintah untuk mencari lokasi bangunan tertentu, bukan hanya temple saja. Misalnya kalian ingin menemukan desa maka ketik /locate Village dan lain-lain.

Ingat!: Command diketik tanpa tanda petik "

Setelah mengetik, tekanlah Enter maka akan muncul koordinat lokasi temple terdekat dengan kalian. 

Koordinat dibawah HANYA CONTOH (setiap world berbeda koordinatnya):

Located Temple at 1360 (y?) -360

Itu adalah koordinat X Y Z pada Minecraft, dengan angka tengahnya ? karena Y merupakan koordinat mengenai tinggi atau rendahnya posisi kalian, jadi bisa diisi terserah. 

Saran saya di beri Y angka 80 saja karena apabila terlalu rendah, maka kalian muncul dibawah tanah, apabila terlalu tinggi maka kalian muncul diatas langit.

Langkah 2: Ketik "/tp angka koordinat"

Command /tp atau teleport digunakan untuk memindahkan lokasi kalian ke koordinat tertentu.

Ingat!: Command diketik tanpa tanda petik "

Kita ambil contoh diatas adalah 1360 (y?) -360 koordinatnya, maka yang harus kalian ketik adalah:

/tp 1360 80 -360

Angka (y?) diganti 80 karena sesuai penjelasan saya diatas, merupakan angka yang menentukan tinggi rendahnya posisi kalian. 

Setelah selesai ketik, maka tekan Enter dan kalian akan langsung diteleport ke koordinat tersebut.

Langkah 3: Menemukan Jungle Temple

Setelah mengetik command diatas, maka kalian sudah berhasil menemukan jungle temple yang kalian cari, setelah itu terserah kalian apakah ingin mengintip isi didalamnya atau dibiarkan saja.

Kalian tidak perlu khawatir dengan perangkap atau trap didalamnya karena berada di mode Creative.


Itu lah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari dan menemukan Jungle Temple atau Kuil Hutan di Minecraft versi saya. Apabila kalian mempunyai cara lain, bisa komen di kolom komentar dibawah.

Tidak hanya untuk temple saja, namun bisa digunakan untuk mencari bangunan lainnya juga, silahkan berexperiment sendiri.

Sekian post kali ini, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menemukan Jungle Temple di Minecraft"