Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat End Portal di Minecraft Survival dan Creative

End Portal adalah portal menuju ke dunia bernama The End yang juga menjadi tahap terakhir atau ending didalam game Minecraft, karena setelah pemain berhasil mengalahkan Ender Dragon, maka akan muncul Credit yang berbentuk percakapan dan cerita.

end portal minecraft survival

Namun setelah Credit berakhir, pemain masih bisa memainkan world tersebut, jadi sebenarnya "Ending" disini bukanlah arti sebenarnya, sebab nantinya bisa pergi kesana lagi dan membunuh Ender Dragon berulang-ulang untuk mendapatkan Exp.

Karena saya sudah membuat artikel mengenai cara membuat nether portal di minecraft, rasanya tidak lengkap kalau portal yang satu lagi tidak saya buat, jadi kali ini saya akan coba membahas secara lengkap mengenai End Portal serta semua bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Cara ini bisa dilakukan pada Minecraft PC Java maupun Pocket Edition (PE) / Bedrock Edition, karena semuanya kurang lebih sama bahan dan langkah membuatnya.

2 Jenis End Portal

Sebelum kalian membaca lebih lanjut, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu bahwa sebenarnya Portal ini ada 2 jenis tergantung dari mode permainan kalian, yaitu:
  • Survival Mode
  • Creative Mode

Pada mode Survival, kalian tidak bisa membuat end portal karena tidak ada bahan crafting untuk mendapatkan tempat menaruh Eye of Ender untuk membuka portal.

Pada mode Creative, kalian bisa membuat end portal dengan cara menaruh End Portal yang tersedia dan menaruh Eye of Ender untuk membuka portal.

Kedua cara tersebut akan saya bahas dengan detail lengkap dengan beberapa info dan tips dalam proses pembuatan portal.

Cara Membuat End Portal di Minecraft Creative

Ini adalah cara paling umum yang biasa dilakukan pemain Minecraft adalah membuat portalnya di mode creative, selain lebih mudah, pemain juga tidak perlu susah-susah mencari bahannya lagi secara manual.

1. Cari End Portal Frame

end portal frame di minecraft
End Portal Frame

Cara ini bisa dilakukan dengan cara menekan tombol "E" kemudian ketik End Portal, maka akan muncul item yang berwarna putih dan ditengahnya ada kotak berwarna hitam. Ambil sebanyak 12 buah End Portal.

2. Cari Eye of Ender

membuat end portal minecraft
Eye of Ender

Tekan "E" kembali dan ketikkan Eye, maka akan muncul beberapa item, pastikan jangan salah memilih, karena ada 2 jenis, yaitu Ender Pearl dan Eye of Ender keduanya beda fungsi, dan hanya Eye of Ender yang digunakan untuk mengaktifkan portal.

Karena ini mode Creative, maka tidak perlu repot-repot memburu Blaze untuk mengambil rod serta membunuh Enderman untuk Ender Pearl nya.

3. Taruh End Portal Ukuran 3x3

Desain end portal sekilas mirip dengan nether portal, hanya saja biasanya nether portal berukuran 4x4, untuk end portal sendiri cukup taruh 3 portal disetiap sisi untuk membentuk kotak.

Baca Juga: Seed Kapal Bajak Laut, Peta Harta Karun, dan Batu Karang di Minecraft PE

Pastikan sesuai dengan gambar dibawah ini, karena apabila berbeda bentuk, maka kemungkinan portal gagal dibuat bisa saja terjadi.

cara membangun portal minecraft
Membuat End Portal


4. Pasang Eye of Ender

Setelah terbentuk end portal sudah dibuat ukuran 3x3, maka langkah selanjutnya adalah menaruh Eye of Ender, namun yang harus diperhatikan adalah semua End Portal dan Eye harus menghadap keluar. 

susunan portal end di minecraft
Pasang Eye of Ender dari dalam
Tips dari saya adalah kalian berdiri didalam portal, kemudian pasang eye dari dalam, jadi otomatis semua nya akan menghadap keluar. Apabila semua sudah terpasang, maka otomatis portal akan terbuka dengan warna hitam.

cara membuat end portal minecraft
End Portal yang sudah aktif


Cara Membuat End Portal di Minecraft Survival

Pada mode survival, akan sedikit berbeda karena item End Portal tempat menaruh Eye of Ender tidak bisa didapatkan lewat jalur crafting ataupun dari loot tempat lain, cara satu-satunya adalah menemukan End Portal yang muncul secara natural.

Tempat munculnya adalah di Stronghold, sebuah bangunan dari batu yang dilengkapi berbagai macam tempat dan jebakan, End Portal akan muncul secara otomatis didalam bangunan ini. Sehingga kita harus menemukan tempat ini terlebih dahulu sebelum bisa membuka portal.

Sebelumnya, kalian harus membuat Eye of Ender terlebih dahulu, caranya cukup mudah yaitu hanya membutuhkan Blaze Rod (didapat dari drop Blaze) dan Ender Pearl (didapat dari drop Enderman), kemudian crafting sesuai gambar dibawah ini:

eye of ender untuk end portal
Cara Membuat Eye of Ender

Ada 2 cara menemukan Stronghold atau End Portal nya:

1. Lempar Eye of Ender

Ketika kalian melempar Eye of Ender ke udara, perhatikan kemana arah jatuhnya, karena mereka akan menunjukkan arah dimana End Portal berada, yang sekaligus menemukan Stronghold tentunya. 

Namun terkadang mereka akan pecah ketika dilempar dan terjatuh, jadi persiapkan beberapa Eye of Ender dalam proses pencarian. Sehingga harus mempersiapkan beberapa buah sebelum mencari.

Nantinya, apabila sudah mendekati Stronghold, Eye of Ender akan jatuh diatas tanah ketika dilempar, hal ini menandakan bahwa sudah ditemukan, sehingga hanya perlu menggali kebawah sampai ketemu Stronghold.

Tips: apabila sudah melempar beberapa Eye of Ender dan masih belum menunjukkan jarak semakin dekat, maka coba jalan terus kearah lemparan tadi, kemudian sesekali mengecek apakah sudah dekat, untuk menghemat Eye of Ender karena sulitr untuk didapatkan (kecuali ada farm enderman dan blaze).

2. Pencarian Manual 

Ketika sedang menambang dikedalaman dibawah 40, maka kalian akan berkesempatan menemukan Stronghold yang muncul secara natural, perhatikan batu yang ada karena Stronghold menggunakan Stone Brick sebagai dindingnya.

Cara ini memang sedikit lebih lama dan memakan waktu karena menemukan bangunan ini bukan hal yang mudah, saya sendiri dalam world utama baru 1 kali menemukan ketika sedang mining dan tidak sengaja menemukan perpustakaan yang berujung Stronghold.

Biasanya apabila bertemu Ravine / Jurang, cobalah melihat kebawah dengan jeli, terkadang akan terlihat bangunan stronghold yang terlihat.

Baca Juga: Fakta Wither Skeleton: Penjaga Nether

========================================================================

Apabila sudah ketemu Stronghold, maka langkah selanjutnya adalah mencari ruangan yang mempunyai End Portal, biasanya ada lava dan lebih terang dari ruangan lainnya, ditengah juga ada mob spawner. Bentuknya seperti ini:

stronghold tempat end portal
Ruangan End Portal didalam Stronghold

3. Pasang Eye of Ender disekitar End Portal

Jumlah nya adalah 12 buah Eye of Ender untuk mengaktifkan portal, bedanya dengan Creative, kalian tidak perlu memasang dari arah dalam, cukup pasang dari arah mana saja dan portal akan tetap aktif.

cara aktivasi end portal
End Portal hampir aktif

4. Portal Aktif dan End City terbuka

Apabila semua Eye of Ender sudah terpasang, maka otomatis End Portal akan terbuka dan kalian sudah berhasil membuat portal tersebut. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi End City kemudian melawan Ender Dragon.

cara membuat portal end minecraft
Melawan Ender Dragon

Melawan Ender Dragon memang bukanlah hal yang mudah, jadi apabila belum memiliki persiapan seperti makanan, armor, dan weapon, otomatis kalian akan terjebak disana. Karena jalan satu-satunya untuk pulang adalah membunuh Ender Dragon untuk membuka portal lagi.

Jadi, sebelum membuat end portal dan melompat kedalamnya, persiapkan baik-baik terlebih dahulu apabila tidak ingin kehilangan barang-barang kalian.

Kalau hanya sekedar ingin mengaktifkan portal saja maka tidak masalah, dan Eye of Ender yang kalian pasang bisa diambil lagi untuk keperluan lainnya, jadi apabila sudah mengalahkan naga dan tidak ingin kembali, maka bisa mematikan end portal tersebut.

Sekian post kali ini mengenai cara membuat end portal di minecraft, semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang masih bingung dan bagi yang bermain survival jangan menyerah dalam mencari.

Terima Kasih.

1 comment for "Cara Membuat End Portal di Minecraft Survival dan Creative"