Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buah Berry Hadir di Minecraft Java Edition 1.14 Snapshot

Snapshot terbaru Minecraft Java Edition versi 1.14 kembali dirilis, dalam 2 minggu terakhir sudah 2 snapshot yang dirilis oleh developer, artinya setiap minggu kita bisa mengharapkan setidaknya 1 snapshot untuk diujicoba di versi Java, hal ini bagus karena artinya update terbaru yaitu Villager and Pillage bisa lebih cepat selesai.

cara mendapatkan buah berry minecraft
Buah Berry

Namun, banyak pemain Minecraft yang tidak tahu apa saja perubahan yang dibawa oleh setiap snapshot, sehingga kadang fitur yang mereka tunggu terlewatkan begitu saja, sehingga kali ini Anvinus akan mencoba memberikan detail mengenai apa saja perubahan yang dibawa pada versi terakhir.


Pada minggu terakhir November, snapshot 18W48B dirilis untuk memperbaiki versi A sebelumnya, kemudian minggu pertama Desember kembali dirilis snapshot 18W49A yang membawa semakin banyak fitur dan update menarik.

18W48B membawa perubahan pada desain desa bioma Plain, kemudian perubahan lain seperti crash dan bug, kemudian 18W49A membawa beberapa perubahan baru dan perbaikan bug yang lebih banyak lagi.

Perubahan dan Fitur Minecraft Snapshot 18W49A

Untuk yang pertama, kita bahas mengenai snapshot terakhir yang tersedia untuk digunakan terlebih dahulu, versi ini membawa sesuatu yang menarik yaitu tumbuhan baru kedalam dunia Minecraft, tumbuhan ini disebut Berry, seperti buah-buahan kecil.

  • Update desain desa savannah
  • Desa salju ditambahkan
  • Semak Berry ditambahkan
  • Berry ditambahkan
  • Perubahan pada raids (serangan desa)
  • Fungsi loot table baru: copy_nbt

Buah Berry

Penambahan ini membuat daftar makanan Minecraft menjadi lebih banyak lagi, yang sebelumnya sepertinya hanya Apple yang bisa ditemukan pada alam liar kemudian bisa dimakan. Berry bisa ditemukan di bioma tertentu.

cara mendapatkan tanaman berry minecraft
Berry yang sudah tumbuh sempurna

Walaupun rasanya enak (menurut developer), sayangnya berry tidak mengisi perut dengan banyak, sehingga masih akan cepat lapar walaupun sudah mengkonsumsi banyak berry. Hal ini wajar saja karena selain kecil, jumlahnya juga tidak terlalu banyak.


Berry bisa ditanam kemudian akan tumbuh menjadi tanaman berbentuk semak yang akan menghasilkan berry untuk dipanen. Bisa ditanam pada kebun kalian atau dimana saja selama ada tanah dan air maka berry akan tumbuh dengan sehat.

Semak-Semak Berry

Bisa ditemukan pada bioma seperti Taiga, Taiga Hills (Lembah Taiga) , dan Taiga Mountains (Pegunungan Taiga). Karena ketiga bioma tersebut cukup langka, sepertinya akan cukup sulit mencari buah berry yang tumbuh liar.

makan buah berry minecraft
Sweet Berries sebagai makanan baru

Semak-semak buah berry juga jarang ditemukan pada bioma Snowy Taiga dan Snowy Taiga Hills dan Snowy Taiga Mountains, pokoknya bioma Taiga namun ada Salju, maka tanaman ini akan lebih langka lagi. Mungkin karena sulit tumbuh diarea bersalju.

Pemain juga bisa berdiri didalam semak, namun harus berhati-hati karena akan melukai pemain atau sulit bergerak didalamnya.

bijih berry minecraft java
Berry pada tahap hampir akhir

Berry mempunyai 4 tahap pertumbuhan, dari Pohon Muda, Tanpa Berry, Beberapa Berry, hingga Penuh Berry. Artinya ketika dipanen pada tahap tertentu akan menghasilkan buah berry tertentu juga, seperti hanya menjatuhkan 1-2 berry pada tahap muda, kemudian 2-3 berry pada tahap akhir.

Kabar baiknya lagi, tanaman ini bisa diboost pertumbuhannya menggunakan Bone Meals, sehingga bisa lebih cepat mengumpulkan berry kemudian ditanam lagi, karena sulit ditemukan dialam liar.

buah berry siap panen minecraft
Berry yang sudah siap panen

Perubahan lainnya lebih ke hal teknis seperti perubahan command, coding, hingga perbaikan bug yang sepertinya tidak semua orang tertarik untuk mengetahuinya, jadi saya skip saja untuk hal itu. 

Cara Mendapatkan Versi Snapshot di Minecraft Java

Langkah-langkahnya cukup mudah, dengan syarat bahwa kalian punya akun premium, bukan yang bajakan. Apabila sudah, maka cukup buka Minecraft Launcher, kemudian pada bagian Launch Options centang pada Enable Snapshot maka akan ada konfirmasi, pilih YES


Kembali ke menu utama, maka akan terlihat versi snapshot siap didownload, pastikan membackup world utama kalian apabila ingin dibuka pada versi ini, karena masih belum stabil dan mungkin bisa membuat world corrupt. Sebaiknya buat world baru saja untuk mencoba fitur,

Sekian post kali ini mengenai snapshot minecraft 1,14 yang membawa buah berry, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

2 comments for "Buah Berry Hadir di Minecraft Java Edition 1.14 Snapshot"