Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Shader Paling Ringan di Minecraft Java Edition

Bagi kalian pengguna laptop kentang atau low spek pastinya sering mencari shader yang setidaknya bisa dijalankan untuk Minecraft kalian, walaupun mengorbankan beberapa FPS namun tampilan berubah menjadi tidak bosan seperti tampilan vanilla.


Namun sayangnya yang namanya shader itu tidak identik dengan low spek, karena logikanya untuk mempercantik tampilan grafik maka otomatis membutuhkan spesifikasi komputer yang kuat pula. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak shader-shader yang dirilis secara gratis oleh para developer shader dari berbagai forum.

Saat ini sudah banyak shader yang diclaim bisa berjalan dispek rendah alias potato, salah satunya yang sudah saya coba adalah Sildurs Shaders, sebuah nama yang sudah tidak asing apabila sering mencari shader dan bermain forum Minecraft.

Baca Juga: 3 Shader Ringan Terbaik Untuk Minecraft PC Low Spek

Shader ini sangat-sangat ringan ketika dijalankan pada laptop saya yang masih dual core dan ram 4gb, setidaknya masih bisa mendapatkan 30-40 FPS menggunakan versi paling ringan.

Jenis-Jenis Sildurs Shaders

Shader ini terbagi menjadi 2 versi, yaitu Vibrant Shaders dan Enchanted Default. Keduanya mempunyai beberapa perbedaan yang cukup signifikan satu sama lain.

Vibrant Shaders: Terbagi menjadi 6 jenis versi dari yang paling tinggi hingga paling rendah. Mengubah tampilan menjadi lebih hidup seperti cuaca, efek rumput, shadow, air, dan lain-lain. (versi berat).

Vibrant Shaders
Versi Lite merupakan versi paling ringan untuk Vibrant Shader.



Enchanted Default: Sesuai dengan namanya, shader yang ini mengubah tampilan bawaan menjadi sedikit lebih hidup dengan aura shader, jadi kalian bisa mendapatkan rumput bergoyang, air yang hidup, hingga shadow ringan. Namun tidak terlalu berat dijalankan dibanding versi yang nomor 1. (versi ringan).

Pokoknya yang versi ini cocok bagi yang bosan dengan tampilan normal dan ingin coba shader namun tidak terlalu berat, pakai versi ini.

Enchanted Default

Shader enchanted hanya memiliki 1 versi saja, karena sudah sangat ringan.


Cara Memilih Sildurs Shader 

Apabila kalian bingung mau download shader yang mana, maka coba pikirkan dulu spek laptop atau komputer kalian, kemudian apabila dirasa sangat rendah alias kentang, maka download versi Lite kemudian versi Enchanted Default.

Coba jalankan versi Lite, apabila ngelag, maka artinya tidak cocok dan gunakan versi Enchanted Default saja, karena apabila versi paling ringan sudah lag, jangan coba lagi versi medium apalagi high.


Apabila spek kalian dirasa sedang, dan ketika menggunakan versi Lite bisa mendapatkan FPS yang playable (bisa dimainkan) yaitu sekitar 40FPS keatas dan ingin mencoba versi lain, maka coba pakai versi Medium dan liat apakah FPS ada turun jauh. Jika dirasa tidak puas, maka pakai versi Enchanted Default karena pastinya lebih lancar dari yang Lite.

Download Sildurs Shader

Silahkan langsung kunjungi link official developernya kemudian klik tombol download pada sebelah versi shader yang kalian inginkan.


Cara Memasang Shader di Minecraft Java Edition

Pastikan versi Minecraft kalian antara 1.7.10 sampai 1.14.4

1. Install Optifine terlebih dahulu, caranya bisa baca di Cara Download Optifine

2. Buka Launcher Minecraft kemudian pilih profile Optifine dan jalankan Minecraft

3. Options -> Video Settings -> Shaders -> "Shaders Folders"

4. Akan terbuka jendela dengan folder kosong, copy dan paste file shader yang kalian download tadi (formatnya .zip, contoh sildur-shader-enchanted-default-1.0.1.zip)

5. Pilih file shader yang kalian copy, maka Minecraft akan membuka kembali.

NB: Apabila kalian kebingungan atau mempunyai masalah pemasangan, komen dibawah saja.


Sekian post kali ini mengenai shader ringan di Minecraft Java.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Shader Paling Ringan di Minecraft Java Edition"