Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Potion of Weakness di Minecraft

Potion atau ramuan adalah salah satu item yang bisa dibuat dalam permainan Minecraft, banyak jenis potion yang tersedia dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, ada yang bisa memperkuat pemain, memperlemah musuh, hingga membuat permainan lebih seru.

Salah satu potion yang sering banget digunakan oleh pemain adalah Potion of Weakness. Ramuan ini memberikan efek lemah kepada orang atau mob yang terkena cairannya.

Dengan meminum potion ini, maka attack power atau kekuatan menyerangnya akan berkurang, sehingga sebaiknya jangan digunakan pada diri sendiri. Lebih baik digunakan ketika melawan mobs, dengan melemparkan potion of weakness agar bisa lebih cepat mati.

cara membuat potion of weakness minecraft
Potion of Weakness

Salah satu kegunaan yang sering digunakan pada potion ini adalah menyembuhkan zombie villager agar kembali menjadi normal lagi, caranya hanya dengan melemparkan potion of weakness kemudian beri makan Golden Apple.

Baca Juga: Sejarah Wandering Trader di Minecraft

Selain itu, biayanya hanya digunakan untuk membunuh monster dalam jumlah banyak, misalnya pada spawner atau saat jumlah mob banyak sedang berkumpul, karena efeknya akan dikenakan dalam area yang cukup besar.

PENTING!!! Ada baiknya sebelum memulai, membaca Cara Membuat Potion di Minecraft (Panduan Lengkap) terlebih dahulu karena ada penjelasan lengkap dasar-dasar membuat potion.

Persiapan Sebelum Membuat Potion of Weakness

Untuk membuat potion atau ramuan, kalian membutuhkan Brewing Stand, yang bisa dibuat dengan mudah, silahkan baca di Cara Membuat Brewing Stand di Minecraft apabila tidak bisa membuatnya.

Siapkan beberapa Water Bottle (botol yang berisi air), tergantung seberapa banyak kalian ingin buat potionnya, lalu siapkan juga Gunpowder (drop dari Creeper) dan Redstone.

Kemudian kalian perlu menyiapkan Fermented Spider Eye yang dapat dibuat dengan beberapa bahan yaitu:
  • Spider Eye
  • Mushroom 
  • Sugar

Spider Eye bisa kalian dapatkan dari membunuh Spider, kemudian Mushroom bisa ditemukan dari berbagai tempat, biasanya muncul diatas tanah dekat hutan atau gunung. Sugar bisa kalian dapatkan dari Sugar Cane alias tebu.

Letakkan ketiganya pada crafting table, maka akan muncul Fermented Spider Eye yang menjadi salah satu bahan potion of weakness.

cara membuat fermented spider eye minecraft
Cara Membuat Fermented Spider Eye

Siapkan pula batang Blaze Rod yang bisa kalian dapatkan dari membunuh Blaze di The Nether, kemudian masukkan pada crafting table, maka akan berubah menjadi 2 Blaze Powder.


Pastikan semua bahan sudah kalian miliki sebelum lanjut ke tahap peracikan potion.

Cara Membuat Potion of Weakness

1. Buka Brewing Stand kalian, kemudian masukkan Blaze Powder pada bagian kiri. Masukkan water bottle kedalamnya, dan Fermented Spider Eye diatasnya.

cara membuat potion of weakness minecraft
Cara Membuat Potion of Weakness

2.
Maka akan berubah menjadi Potion of Weakness 

potion of weakness minecraft 1 menit
Potion of Weakness (1:30)
Saat ini sebenarnya potion sudah jadi, namun hanya bisa kalian gunakan sendiri yaitu dengan meminumnya, apabila ingin bisa dilempar, silahkan lanjut di tahap ke 4.

Potion yang ini hanya mempunyai waktu 1 menit 30 detik saja durasinya, sehingga apabila dirasa belum cukup, maka ikuti langkah ke 3.

Cara Memperpanjang Durasi Potion of Weakness

Untuk menambah durasi potion, maka kalian membutuhkan 1 Redstone Dust yang maksimal bisa digunakan untuk 3 buah potion dalam 1 Brewing Stand.

cara memperlama potion of weakness
Cara Memperlama Potion of Weakness
Potion akan menambah durasi potion menjadi 4 menit setelah digabungkan dengan Redstone

potion of weakness 4 menit
Potion of Weakness (4:00)
Durasi pada setiap potion berarti seberapa lama efek tersebut akan bertahan, sehingga apabila kalian berencana untuk membunuh mob, pastikan dalam waktu tersebut sudah terkalahkan, karena bisa habis efeknya. 

Untuk memperlama efek, bisa membuat banyak potion dan lemparkan berulang setiap durasinya habis.

Cara Membuat Splash Potion of Weakness

Untuk membuat Splash Potion of Weakness alias potion yang bisa dilempar (untuk menyembuhkan zombie atau memperlemah mob), maka kalian perlu menambahkan Gunpowder.

cara membuat splash potion of weakness minecraft
Cara Membuat Splash Potion of Weakness
Setelah proses selesai, maka potion splash sudah jadi dan bisa dilemparkan oleh pemain.

splash potion of weakness 3 menit
Splash Potion of Weakness (3:00)
Dengan melempar potion ini ke tanah, maka efeknya akan instan dan saat itu saja, cocok digunakan untuk menyembuhkan zombie villager di Minecraft.

Cara Membuat Lingering Potion of Weakness

Lingering adalah jenis potion yang mirip napas naga saat menyemburkan efek ke tanah dan mempunyai durasi beberapa saat disana, apabila ada pemain atau mob yang lewat area tersebut maka akan terkena efek.

Catatan: untuk mengubah potion menjadi Lingering, maka kalian harus membuatnya menjadi Splash terlebih dahulu.

Kalian membutuhkan napas naga yaitu Dragon's Breath yang didapatkan dengan menyimpannya dari Glass Bottle saat melawan Ender Dragon.

Mencampur Dragon's Breath dengan Potion
Lingering Potion of Weakness

Itulah post kali ini mengenai cara meracik potion of weakness atau ramuan kelemahan yang sangat penting dalam permainan Survival di Minecraft.

Apabila ada pertanyaan atau kesulitan, komentar atau hubungi melalui fanspage Facebook.

Semoga Bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Membuat Potion of Weakness di Minecraft"