Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Potion di Minecraft (Panduan Lengkap)

Potion atau ramuan merupakan salah satu bagian penting dalam permainan Minecraft karena dapat memberikan berbagai efek yang bisa mempermudah permainan, terutama pada mode Survival yang harus bertahan hidup menggunakan segala cara.

Bagi pemula Minecraft, tentu saja akan kesulitan saat pertama kali ingin membuat potion, sebab banyak sekali cara yang dapat digunakan, lalu bahannya juga sangat aneh untuk setiap potionnya, tergantung dari efek apa yang ingin didapatkan.

cara membuat potion di minecraft

Ada banyak sekali jenis ramuan di Minecraft, dari potion yang dapat membuat musuh lemah, hingga membuat pemain kebal terhadap api dan bernapas dalam air. Yang lebih keren lagi, ada potion yang dapat membuat pemain menghilang alias invisible!

Baca Juga: Panduan Lengkap Hari Pertama di Minecraft Survival

Tujuan membuat potion tentunya berbeda-beda untuk setiap pemain, apabila sering menyelam maka harus membuat Potion of Water Breathing, apabila ingin berlari cepat maka Potion of Swiftness adalah jawabannya, dan lain-lain.

Bagi yang masih bingung membuat potion atau ramuan, maka tutorial kali ini akan sangat membantu kalian, karena akan saya bahas secara lengkap!

Persiapan Membuat Potion di Minecraft

Ada berbagai bahan yang harus kalian siapkan sebelum membuat ramuan di Minecraft, bahan-bahannya adalah:
  • Glass Bottle
  • Cauldron (Tidak terlalu penting)
  • Water Bucket (Untuk mengisi air Cauldron)
  • Brewing Stand
  • Blaze Powder

Kemudian bahan lain tergantung potion apa yang ingin kalian buat, nantinya akan saya buat artikelnya untuk masing-masing potion.

Cara Membuat Glass Bottle

cara membuat glass bottle minecraft
Resep Glass Bottle

Glass bottle dapat dibuat menggunakan Glass Block (dari membakar Sand di Furnace), digunakan untuk menyimpan air, nantinya akan berubah menjadi Water Bottle.

Sangat penting karena untuk membuat semua potion harus ada bottle.

Cara Membuat Brewing Stand

Sebelumnya sudah saya buat artikelnya, bagi yang tertarik bisa membaca cara membuat dan menemukan brewing stand di minecraft

cara membuat brewing stand minecraft
Resep Brewing Stand

Untuk mendapatkan Blaze Rod kalian harus pergi ke The Nether terlebih dahulu dan membunuh Blaze, silahkan baca cara membuat portal nether di minecraft.

Cara Membuat Cauldron 

Langkah yang satu ini tidak terlalu penting karena menurut saya hanya sebagai hiasan saja, biasanya dapat kalian temukan dirumah Witch.

cara membuat cauldron minecraft
Resep Cauldron

Fungsinya hanya untuk menyimpan air dan menampung potion didalamnya, jadi kalian bisa membuang isi potion ke dalamnya lalu mengambilnya kembali.

cauldron mengisi glass bottle minecraft
Cauldron mengisi Glass Bottle

Dengan cauldron, maka kalian tidak perlu bolak balik sungai untuk mengisi botol, namun 1 Cauldron hanya bisa mengisi 3 Glass Bottle (tidak terlalu banyak).

Apabila kalian merasa malas atau tidak ingin membuatnya, maka cukup isi Glass Bottle kalian di sumber terdekat seperti sungai.

Cara Mendapatkan Blaze Powder

cara mendapatkan blaze powder minecraft
Resep Blaze Powder

1 buah Blaze Rod dapat menghasilkan 2 Blaze Powder namun seperti yang saya sebutkan sebelumnya kalian harus pergi melawan Blaze terlebih dahulu di The Nether

Ini merupakan salah satu bahan penting karena berfungsi sebagai bahan bakar Brewing Stand.

Potion Dasar (Base Potion) di Minecraft

Saat ini ada 3 jenis base potion, namun hanya 2 saja yang mempunyai efek dan bisa digunakan. Base potion adalah potion yang harus kalian buat, sebelum mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat potion yang diinginkan.

Intinya adalah base potion adalah potion dasar yang dicampur dengan bahan lain, barulah menghasilkan potion utama.

Jenis-jenis base potion adalah:
  • Awkward Potion
  • Mundane Potion (Belum ada fungsi)
  • Thick Potion (Belum ada fungsi)

Awkward Potion adalah base potion yang paling penting karena semua potion (kecuali Potion of Weakness) saat ini menggunakannya untuk dicampur dengan bahan lain, agar menghasilkan potion utama.

Kalian bisa membuatnya dengan mencampur Nether Wart + Water Bottle di Brewing Stand.

Mundane Potion adalah base potion yang belum mempunyai efek apapun saat ini, jadi tidak terlalu penting untuk dibuat.

Kalian bisa membuatnya dengan mencampur Redstone Dust + Water Bottle di Brewing Stand.

Thick Potion adalah base potion ke 3 yang juga belum mempunyai efek. Dapat dibuat dengan mencampurkan Glowstone Dust + Water Bottle di Brewing Stand.


Langkah-Langkah Membuat Potion di Minecraft

Setelah kalian mempersiapkan semua bahan seperti botol dan lain-lain, maka kalian sudah siap meracik potion yang kalian inginkan.

Perlu diingat cara membuat potion dibawah ini merupakan cara dasar untuk setiap potion, namun untuk mendapatkan potion final maka kalian harus menambah bahan lain lagi (ada panduannya dibawah untuk setiap potion).

Sehingga misalnya untuk membuat Potion of Night Vision (melihat dalam kegelapan), maka kalian harus ada Golden Carrot. Untuk membuat Potion of Waterbreathing maka kalian perlu mencari Pufferfish, dan sebagainya.

1. Masukkan Blaze Powder kedalam Brewing Stand

memasukkan blaze powder ke brewing stand minecraft
Bahan Bakar Brewing Stand

Maka otomatis akan terlihat bar berwarna orange didalamnya, itu adalah bahan bakar yang digunakan saat kalian membuat potion, nantinya akan habis apabila sudah digunakan terlalu sering. 

Apabila bar orange habis, dapat kalian isi kembali dengan bahan yang sama.

2. Membuat Base Potion 

Karena saat ini hanya Awkward Potion yang memiliki efek dan bisa digunakan, maka panduan ini saya contohkan cara membuatnya.

Masukkan Water Bottle kalian, kemudian tambahkan Nether Wart diatasnya 

cara membuat awkward potion minecraft
Mencampur Nether Wart + Water Bottle

Setelah beberapa saat, proses racikan akan selesai dan menghasilkan sebuah base potion baru.

cara membuat awkward potion minecraft
Hasil Campuran Menghasilkan Awkward Potion

4. Membuat Potion Utama 

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak jenis potion utama dalam Minecraft, berikut adalah list lengkapnya (klik langsung pada link untuk membaca cara membuatnya):

Bisa dilihat berapa banyak jenisnya, apabila dituliskan 1-1 dalam artikel ini, maka nantinya akan terlalu panjang. Jadi nantinya akan saya buat satu per satu artikel untuk masing-masing potion dan dapat kalian buka langsung dari atas.

(Saat ini yang sudah selesai adalah Potion of Weakness, untuk yang lain masih dalam proses penulisan, harap bersabar).


Cara Memperpanjang Durasi dan Memperkuat Efek Potion di Minecraft

Setelah potion berhasil kalian buat, masih ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menambah efek potion kalian, seperti meningkatkan durasi, memperlama durasi poison, hingga memperkuat efeknya dari level 1 ke level 2.

Dengan meningkatkan efek potion, maka otomatis kalian mendapatkan efek yang lebih kuat atau lebih lama dari potion biasa.

bahan meningkatkan potion minecraft

Ada 4 jenis bahan yang dapat mengubah / meningkatkan efek potion, yaitu:
  • Glowstone Dust
  • Redstone Dust
  • Gunpowder
  • Dragonbreath

Glowstone Dust didapatkan dari menghancurkan Glowstone di Nether, kegunaannya bisa untuk cahaya, pada potion, dapat memberikan efek lebih kuat atau meningkatkan level nya (misalnya dari level I ke level II), namun tidak semua potion bisa naik levelnya, yang bisa menggunakan efek ini hanya:
  • Potion of Leaping (I -> II)
  • Potion of Swiftness (I -> II)
  • Potion of Healing (I -> II)
  • Potion of Harming (I -> II)
  • Potion of Poison (I -> II)
  • Potion of Regeneration (I -> II)
  • Potion of Strength (I -> II)


Redstone Dust didapatkan dari menghancurkan block Redstone yang ditemukan dalam goa, kegunaannya pada potion adalah memberikan efek lebih lama. Misalnya sebuah potion hanya 1 menit 30 detik, bisa naik menjadi 3 menit. Potion yang bisa menggunakan efek ini adalah:
  • Potion of Night Vision (3 menit -> 8 menit)
  • Potion of Invisibility (3 menit -> 8 menit)
  • Potion of Leaping (3 menit -> 8 menit)
  • Potion of Slowness (1 menit 30 detik -> 4 menit)
  • Potion of Swiftness (3 menit -> 8 menit)
  • Potion of Weakness (1 menit 30 detik -> 4 menit)
  • Potion of Water Breathing (3 menit -> 8 menit)
  • Potion of Poison (45 detik -> 2 menit)
  • Potion of Regeneration (45 detik -> 2 menit)
  • Potion of Strength (3 menit -> 8 menit)

CATATAN: Apabila potion sudah kalian tingkatkan efeknya menggunakan Glowstone Dust maka tidak bisa diperpanjang lagi efeknya menggunakan Redstone, begitu pula sebaliknya, jadi tidak bisa memperpanjang durasi kemudian menaikkan level.

Cara Membuat Splash Potion (Potion yang bisa dilempar)

Gunpowder didapatkan dari membunuh creeper, merupakan salah satu bahan TNT. Efeknya adalah membuat potion berubah menjadi Splash alias bisa dilempar ke tanah dan memberikan efek bagi yang terkena area lemparan.

Semua potion bisa berubah menjadi Splash, cukup campurkan Gunpowder pada potion yang kalian ingin ubah.

Cara Membuat Lingering Potion (Potion yang dilempar dan memiliki durasi)

Dragonbreath didapatkan saat melawan Ender Dragon, sang naga akan menyemburkan efek ke tanah saat kalian lawan, siapkan botol dan ambil nafas naga tersebut maka akan tersimpan sebuah efek didalamnya.

Dengan menggunakan bahan ini, maka potion akan berubah menjadi Lingering yang berarti bertahan beberapa saat setelah dilempar ke tanah, efeknya akan terus ada pada area tersebut sampai durasi habis, apabila ada pemain atau mob yang melewati daerah tersebut akan langsung terkena efek potion.

Cara mendapatkan Dragon's Breath gampang-gampang susah, jalan utama adalah mengambil langsung dari sang naga Ender Dragon sendiri.

cara mendapatkan dragons breath minecraft
Mengambil Menggunakan Glass Bottle

cara mendapatkan dragons breath minecraft
Dragon's Breath Tersimpan di Botol

Bisa juga diubah menjadi panah dengan efek potion, dengan mencampurkan Lingering dengan panah apapun yang diinginkan, nantinya panah bisa ditembak dan target akan mendapatkan efek dari potion.

Penutup

Apabila kalian sudah membaca sampai disini, maka saya harap sudah berhasil dalam membuat potion yang kalian inginkan, namun apabila masih bingung, bisa langsung tulis di kolom komentar dibawah.

Perlu diingat membuat ramuan potion memerlukan latian yang berulang-ulang agar bisa ingat diluar kepala dan membuatnya dengan mudah, karena banyaknya bahan dasar hingga bahan lainnya yang terkadang membingungkan pemain.

Semoga saja kedepannya akan ada update yang mengubah 2 base potion menjadi memiliki efek.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Membuat Potion di Minecraft (Panduan Lengkap)"