Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Nether Portal di Minecraft

Artikel ini diupdate pada November 2019

The Nether adalah dunia dimensi lain pada permainan Minecraft, sedangkan dunia yang pemain mainkan saat spawn disebut dengan Overworld. Ada dimensi lain juga yang bernama The End.

Tidak jarang juga dimensi ini disebut dengan neraka, karena biasanya ada pemain yang menamai portal ini sebagai portal neraka di Minecraft. Sebab isinya hanyalah lava dan segala block yang bisa membakar pemain.

Banyak pemain yang suka pergi ke dunia Nether karena dianggap memiliki banyak tantangan sebab ada monster baru yang hanya hidup disana, kemudian block yang ada juga sangat unik. Pemain dapat menemukan Nether Fortress yang bentuknya mirip kastil dan dihuni oleh berbagai mob berbahaya.



Apabila kalian masih belum tahu cara membuat portal Nether di Minecraft, maka dalam artikel ini akan saya bahas secara lengkap dari mencari bahan hingga membangun portal, menghidupkan portal, hingga akhirnya pergi ke dunia Nether.

Baca Juga: Cara Membuat End Portal di Minecraft

The Nether sendiri memiliki beberapa keunikan, seperti tidak bisa menaruh air karena akan langsung menguap begitu saja, kemudian pemain tidak bisa tidur disana. Apabila menggunakan bed dan tidur disana, maka kasur akan meledak dan membunuh pemain secara langsung.

Persiapan Membuat Portal Nether

Untuk membangun portal, kalian membutuhkan block paling keras di Minecraft, yaitu Obsidian. Merupakan block hanya muncul dibawah tanah dekat lava, atau mencampurkan Air dan Lava secara langsung.

Bahan-bahan portal Nether:
  • 16 Obsidian
  • Flint and Steel

Saking kerasnya, pemain membutuhkan Diamond Pickaxe untuk menghancurkan dan mengambilnya. Apabila menggunakan pickaxe lain, memang bisa dihancurkan (sangat lama) namun blocknya akan ikut hilang.

Jadi pastikan kalian sudah mempunyai diamond sebelum mencari obsidian.


Cara Menemukan dan Menambang Obsidian 

Biasanya Obsidian dengan mudah ditemukan dikedalaman goa antara level 6-10 (tempat lava muncul).

Apabila kalian menemukan goa, cukup telusuri sampai kebawah sampai menemukan lava, cek sekelilingnya karena biasa akan ada block ini.

Tempat Menemukan Obsidian

Kumpulkan sebanyak 16 Obsidian untuk membangun portal yang berukuran normal.

cara menemukan obsidian minecraft
16 Obsidian Block

Cara Membuat Flint and Steel

Kemudian kalian juga memerlukan Flint and Steel yaitu korek api, dapat dibuat dengan sangat mudah.

cara membuat flint and steel minecraft
Resep Flint and Steel

Bahannya adalah Flint yang bisa didapatkan dari menghancurkan Gravel dan sebuah Iron Ingot yang bisa kalian dapatkan dari memanaskan Iron Ore di Furnace.

Apabila bahan-bahan sudah kalian temukan, maka tahap selanjutnya adalah langsung menyusun pola portal Nether dengan membangunnya menggunakan block Obsidian.

Langkah-Langkah Membangun Nether Portal 

Carilah tempat yang ingin kalian letakkan portalnya, saran saya adalah jauh dari tempat tinggal atau setidaknya diruangan khusus pada base rumah kalian karena portal ini bisa mengeluarkan suara yang cukup mengganggu.

1. Buatlah 4 baris block

cara menyusun portal nether minecraft
Membangun Dasar Portal

2. Bangun dari sisi kanan dan kiri 3 block ke atas
cara membangun portal nether minecraft
Membangun Sisi Portal

3. Selesaikan bagian atas portal

cara membangun portal nether minecraft
Menyelesaikan Atas Portal

4. Siapkan Flint and Steel kalian ditangan

cara mengaktifkan portal nether minecraft
Mempersiapkan Flint and Steel

5. Klik kanan pada portal, maka portal akan menyala dan aktif

cara membuat portal nether minecraft
Portal Nether yang Sudah Aktif

Nether portal kalian selesai dibuat! sebelum masuk kedalamnya dan berkeliling, ada baiknya kalian mempersiapkan makanan hingga armor dan weapon terlebih dahulu.

Karena apabila kalian mati di The Nether, maka biasanya sebagian barang akan terbakar atau hilang apabila kalian jatuh dari tempat tinggi. 

Kemudian mob seperti Wither Skeleton dan Ghast cukup sulit dilawan apabila armor dan weapon masih level rendah. 


Kalian juga bisa membangun basecamp disana seperti rumah dari bahan yang kuat agar tidak dihancurkan oleh Ghast, kemudian pastikan tidak menyerang Zombie Pigman didalamnya karena akan membuat mereka marah.

Apabila tidak sengaja memukul Zombie Pigman dan dikejar mereka, maka kalian kabur melalui portal dan tunggu beberapa lama sampai mereka tenang.

Penutup

Membuat nether portal sangatlah mudah apabila bahan yang dibutuhkan sudah ada, biasanya kesulitan utama adalah saat mencari diamond untuk membuat diamond pickaxe agar bisa mengumpulkan Obsidiannya.

Update yang akan datang akan mengubah dunia Nether menjadi lebih hidup dengan menambah bioma baru, menambah mob baru hingga block baru yang tentunya sangat keren. Apabila belum tahu infonya, silahkan baca Berita Minecon Live 2019: Nether Update

Semoga tutorial ini membantu kalian yang ingin membuat portal nether!

Post a Comment for "Cara Membuat Nether Portal di Minecraft"