Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Map Minecraft PC ke Minecraft PE

Seperti yang kita tahu Minecraft mempunyai beberapa versi, yang paling pertama keluar adalah Minecraft Java Edition yang biasa kita sebut MCPC. Setelah beberapa tahun, tepatnya tahun 2011 Mojang mengeluarkan versi terbaru yaitu Minecraft Pocket Edition atau MCPE dan akhirnya pada tahun 2017 kemarin, Mojang mengeluarkan versi Minecraft Bedrock Edition yang menggabungkan semua versi dari Android, IOS, Xbox, dll menjadi satu.

ubah map minecraft pc ke minecraft pe

Namun dari semua versi diatas, yang paling banyak dimainkan adalah Minecraft Java Edition, dimana hampir semua Youtuber bermain versi tersebut, sehingga apabila kalian merupakan fans salah satu Youtuber tersebut, kemudian mereka membagikan map untuk dimainkan oleh fansnya, maka kalian pasti mau mencoba.

Yang menjadi masalah adalah Map di Minecraft PC berbeda dengan Map di Minecraft PE, begitu pula sebaliknya, kita ambil contoh map Zenmatho yang membagikan map episode 120 kemarin, dia menggunakan MCPC namun banyak fans Zenmatho yang bermain MCPE. Erpan1140 juga membagikan map dia pada episode ke 60 yang dia mainkan pada versi MCPC.

Cara Mengubah (Convert) Map MCPC ke MCPE

Setelah browsing ke forum-forum Minecraft akhirnya saya menemukan tool untuk melakukan convert map MCPC ke MCPE dengan sangat mudah, Youtuber AntVenom juga mencoba tool ini dan bisa di konfirmasi bahwa memang work dan cukup akurat. Tool ini dibuat oleh Empire92

Silahkan download alat convertnya di sini : 

Anvil to LevelDB Converter (MCPC to MCPE)

*tekan Download : Direct Download

Kemudian apabila sudah mendownload, ikuti langkah-langkah dibawah, ini merupakan screenshot dari video AntVenom yang menjelaskan cara penggunaan tool ini :

1.  Buka file tool diatas maka akan terbuka menu.

cara convert map mcpc ke mcpe

2. Pada Select World tekan browse untuk memilih folder map MCPC

cara bermain map erpan1140 di mcpe

3. Pada Output tekan browse untuk memilih lokasi penyimpanan hasil convert

cara bermain map world mcpc ke mcpe

4. Tekan >> Convert World << dan tunggu hingga selesai

cara mengubah world minecraft pc ke minecraft pe

5. Apabila sudah selesai maka akan muncul :

mengubah map world mcpe ke mcpe

6. Selesai.

Untuk mendapatkan map hasil konversi tadi, maka silahkan masuk ke folder yang kalian pilih pada langkah nomor 3 yaitu tempat output.  Map yang sudah kalian convert akan mirip persis dengan map versi aslinya

Perhatian!!! :
  • Bagi yang melakukan convert pada world MCPC yang cukup rumit seperti banyak Redstone maka kemungkinan akan tidak bekerja pada MCPE karena berbeda versi Redstone.
  • Tool ini belum 100% sempurna sehingga kemungkinan error akan terjadi namun jarang
  • Tidak semua world bisa diubah dengan sempurna, ada beberapa world rumit yang akan mengalami kekurangan sedikit.

Map hasil convert dari MCPC sekarang sudah bisa dimainkan pada MCPE atau yang sekarang disebut Minecraft Bedrock Edition. Cara memasang mapnya seperti map biasa, yaitu taruh kedalam (biasanya /sdcard/games/com.mojang/) folder minecraftWorlds untuk cara lengkap pemasangan / instal map di MCPE silahkan baca :

Cara Memasang Map di Minecraft PE


Untuk yang bermain di PC (dulunya Minecraft Windows 10 Edition) silahkan taruh map hasil convert kedalam : C:\Users\(nama pc) \AppData\Local\Packages\Microsoft.MinecraftUWP_8wekyb3d8bbwe\LocalState\games\com.mojang\

Kalian bisa mencoba beberapa map MCPC yang kalian suka seperti :

Download Map Zenmatho Minecraft Indonesia

atau

Download Map Erpan1140 Minecraft Indonesia


Kemudian cobalah tool diatas, dan lakukan convert hingga menjadi versi map MCPE. Artikel ini saya usahakan dibuat secepatnya karena ada beberapa pertanyaan yang menanyakan bagaimana cara bermain map zenmatho tapi di minecraft pe, ada juga teman-teman yang menanyakan cara bermain map erpan1140 di androidnya atau cara bermain map zenmatho di mcpe, pokoknya banyak banget pengguna MCPE yang ngefans 2 Youtuber itu.

Semoga dengan adanya post ini, tidak ada lagi yang kesulitan bermain map MCPC walaupun tidak mempunyai PC dan bisa bermain map favorit kalian dimana aja lewat minecraft pocket edition.

Sekian post kali ini, Terima Kasih.

Credit : AntVenom

Post a Comment for "Cara Mengubah Map Minecraft PC ke Minecraft PE"