Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Lag Pada Minecraft PE

Bagi teman-teman yang sering mengalami FPS drop atau sangat rendah sehingga Minecraft kalian menjadi nge-lag maka bisa coba tips dari saya hari ini mengenai cara menghilangkan sekaligus mengatasi lag di Minecraft kalian. Cara ini bisa digunakan pada Minecraft PE maupun Minecraft Windows 10 Edition.

setting minecraft pe tidak lag

Sebelumnya, pastikan spesifikasi HP kalian sudah mencukupi atau spesifikasi laptop sudah mencukupi sebelum bermain Minecraft karena game ini terkadang membutuhkan spesifikasi seperti cpu dan ram yang sedang-tinggi. Bagi yang mempunyai RAM 512MB di Androidnya, mungkin tidak akan maksimal ketika bermain. Tips dibawah merupakan cara saya atau versi saya dalam mengatasi lag walaupun di Minecraft Win10 saya tidak pernah lag sama sekali namun pada MCPE terkadang lag.

Setting Untuk Mengatasi dan Menghilangkan LAG Minecraft 

1. Buka Minecraft Pocket Edition atau Windows 10 Edition kalian

2. Masuk ke Settings

menambah fps mcpe android lag

3. Pilih bagian Video

menghilangkan lag minecraft pe android

4. Matikan pilihan seperti yang digambar dibawah (baca penjelasan) :

cara menghilangkan lag di minecraft pe

Merah artinya sangat berpengaruh dengan FPS jadi ketika kalian matikan, maka akan menambah FPS yang cukup banyak sekaligus menghilangkan lag di mcpe.

Biru artinya tidak terlalu berpengaruh dengan FPS atau membuat lag, namun apabila kalian sudah mematikan opsi warna merah dan masih terjadi lag, maka silahkan matikan opsi berwarna biru.

Penjelasan :

  • Fancy Graphics : seperti di MCPC dimana ada versi Fancy, Fast, dan Default. Namun di MCPE hanya ada pilihan Fancy atau Default. Fancy Graphic mengubah texture dan block menjadi lebih detail dan sekeliling lebih hidup.
  • Fancy Leaves : opsi ini membuat daun-daun pepohonan menjadi lebih 3D dan detail, sehingga bisa terlihat langsung batang pohon, apabila dimatikan maka daun menjadi solid dan padat tidak tembus pandang.
  • Render Clouds : opsi ini untuk membuat atau menghilangkan awan di Minecraft, apabila dimatikan maka tidak ada awan.
  • Beautiful Skies : opsi ini membuat warna langit menjadi lebih hidup, apabila dimatikan maka warna langit menjadi warna solid 1 warna saja.
  • Render Distance : opsi ini membuat seberapa jauh block akan di render disekeliling pemain, apabila di set tinggi maka kalian bisa melihat tempat yang jauh tanpa harus bergerak. Sebaliknya apabila di set rendah maka pemain hanya bisa melihat block disekeliling dengan jarak yang sangat dekat. Saran saya biarkan saja setting tersebut, namun apabila masih lag, silahkan turunkan hingga tidak lag lagi.


5. Pilih Show Advanced Video Settings

mengatasi lag dan macet minecraft pe

6. Bisa mencoba merendahkan Particle Render Distance dan Anti-Aliasing (baca penjelasan)

menghilangkan lag minecraft pocket edition android

Kembali lagi dengan 2 opsi biru dan merah seperti setting video sebelumnya. Namun kali ini merupakan setting Advanced dimana berarti tidak harus mengubah setting ini kecuali kalian tahu apa fungsi dan pengaruhnya. Mengubah setting ini bisa merusak atau memperbaiki gameplay permainan minecraft kalian tergantung penggunaan.

Penjelasan :
  • Particle Render Distance : opsi ini membuat sejauh mana kalian bisa melihat particle yang muncul seperti asap, air yang menetes, lava yang menetes, kebahagiaan villager setelah trade, dll
  • Anti-Aliasing : opsi ini membuat block menjadi tidak bergerigi sehingga menjadi smooth, juga mengatur kejernihan block dari kejauhan, semakin tinggi anti aliasing semakin jernih block dan smooth block di minecraft. Namun terkadang opsi ini membuat FPS turun. Sayangnya kita tidak bisa mematikan (OFF) opsi ini namun hanya set ke 1.
  • Texel Anti-Aliasing : jangan dicentang.

Salah Ubah Setting Minecraft (Reset ke Default)

Apabila kalian ada salah mengubah setting video sehingga merusak permainan minecraft kalian, maka tinggal pergi ke Menu - Video dan bagian paling bawah ada Default Settings, klik tombolnya maka setting kalian akan kembali menjadi semula.

Rekomendasi Setting Minecraft Versi Anvinus

Apabila Laptop atau HP kalian sangat rendah spesifikasinya, maka bisa mematikan SEMUA setting diatas, namun apabila spesifikasi kalian tidak terlalu rendah namun butuh sedikit tambahan FPS maka matikan setting warna Merah saja.

Minecraft PE dan Windows 10 Edition tidak mempunyai Optifine seperti di MCPC yang bisa mengatasi lag, sehingga kita perlu melakukan optimasi setting baik didalam game maupun diluar game (Setting Laptop, Setting Android). 

Pastikan mematikan semua aplikasi dibelakang sebelum bermain Minecraft, kemudian coba setting yang saya berikan diatas. 

Baca Juga :

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lag di MCPE atau bahkan menghilangkan lag tersebut, namun perlu optimasi dan setting yang lebih lanjut, tidak hanya di Minecraft saja ada beberapa game Android lainnya yang bisa dihilangkan lag nya ataupun sekedar ingin menambah FPS saja. Semoga setting dari saya diatas bisa membantu mengurangi lag di minecraft teman-teman

Sekian post kali ini mengenai cara mengatasi dan menghilangkan lag pada minecraft PE. Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi dan Menghilangkan Lag Pada Minecraft PE"