Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Potion of Fire Resistance di Minecraft

Potion of Fire Resistance adalah potion dalam permainan Minecraft yang bisa membuat pemain kebal terhadap api, sehingga memungkinkan pemain berjalan diatas lava, tidak terbakar, dan lain-lain.

Cocok digunakan saat menambang dikedalaman level dibawah layer 10, maupun saat berpetualang di The Nether karena ancaman sangat besar disana. Dengan meminum ramuan ini maka kalian bisa berenang dengan bebas dalam lava disana.

cara membuat potion of fire resistance minecraft
Potion of Fire Resistance

Cara membuat potion ini cukup gampang, yang sulit adalah mengumpulkan bahan untuk membuatnya karena mengharuskan pemain melawan Magma Cube terlebih dahulu, nantinya ada item yang didrop mob tersebut dan dijadikan bahan potion.

PENTING!!! Ada baiknya sebelum memulai, membaca Cara Membuat Potion di Minecraft (Panduan Lengkap) terlebih dahulu karena ada penjelasan lengkap dasar-dasar membuat potion.

Persiapan Membuat Potion of Fire Resistance 

Sebelum membuat potion ini, pastikan kalian sudah bisa mempunyai akses ke The Nether, apabila belum, maka silahkan baca Cara Membuat Portal Nether di Minecraft karena kalian harus membunuh Magma Cube.

Dibutuhkan juga sebuah Brewing Stand, bisa kalian lihat di Cara Membuat Brewing Stand di Minecraft, kemudian Water Bottle untuk membuat potion.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
  • Magma Cream (Bahan utama)
  • Redstone Dust (Untuk memperlama durasi)
  • Gunpowder (Untuk membuat splash potion)
  • Dragon's Breath (Untuk membuat lingering potion)

Magma Cream adalah item hasil drop dari mob Magma Cube yang hidup di The Nether, untuk membunuhnya cukup mudah, dan mirip dengan Slime yang bisa membelah diri. Foto dibawah adalah gambar mob ini.

magma cube di the nether minecraft
Magma Cube
Untuk sisa bahannya sepertinya bisa dengan mudah kalian dapatkan, kecuali Dragon's Breath yang cukup sulit dicari karena harus melawan naga.

Cara Membuat Potion of Fire Resistance

Ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar untuk membuat potion, karena salah mencampur bahan bisa menghasilkan potion yang lain pula hasilnya.

1. Membuat Awkward Potion

Dengan mencampurkan Nether Wart dan Water Bottle untuk menghasilkan Awkward Potion.

cara membuat awkward potion minecraft
Mencampurkan Nether Wart dan Water Bottle

cara membuat awkward potion minecraft
Awkward Potion
Baca Juga: Cara Claim Founder Cape Minecraft Gratis!

2. Mencampur Magma Cream dan Awkward Potion

cara membuat potion of fire resistance
Mencampurkan Magma Cream dan Awkward Potion

potion of fire resistance minecraft
Potion of Fire Resistance

Maka Potion of Fire Resistance kalian sudah jadi, namun hanya level pertama dengan durasi 3 menit, untuk memperlama durasi silahkan ikuti langkah-langkah dibawah. 

Cara Memperpanjang Durasi Potion of Fire Resistance

Siapkan 1 Redstone Dust kalian dan campurkan dengan potion yang sudah kalian buat tadi. Dengan mencampurkan keduanya maka potion kalian akan bertambah lama durasinya, tergantung jenis potion.

cara memperlama durasi potion minecraft
Menambahkan Redstone pada Potion

Durasi Potion Bertambah

Setelah selesai, maka Potion of Fire Resistance kalian akan bertambah durasinya menjadi 8 menit. Dengan memperlama potion, maka efeknya juga akan bertambah lama nantinya, lebih cocok digunakan untuk survival.

Cara Membuat Splash Potion of Fire Resistance

Untuk membuat potion yang bisa dilempar dan mengenai target seperti teman atau hewan peliharaan kalian, maka siapkan 1 Gunpowder yang bisa didapatkan dari membunuh Creeper.

Campurkan dengan potion yang sudah kalian buat.

Mencampurkan Gunpowder dan Potion
Splash Potion of Fire Resistance

Setelah selesai, maka kalian akan mendapatkan potion jenis Splash dengan durasi 6 menit. Efeknya berlangsung secara instan saat dilempar dan botolnya pecah.

Apabila ingin efeknya lebih lama setelah dilempar, maka kalian harus membuat potion Lingering.

Cara Membuat Lingering Potion of Fire Resistance

Siapkan 1 Dragon's Breath kalian, cara mendapatkannya adalah melawan Ender Dragon, saat naga menyemburkan efek berwarna ungu ke tanah, klik kanan menggunakan Glass Bottle, maka kalian akan menyimpan napas naga.

Mencampurkan Dragon's Breath dan Potion

Lingering Potion of Fire Resistance

Setelah selesai, maka potion Lingering kalian sudah jadi dengan durasi 2 menit


Itulah beberapa panduan membuat Potion of Fire Resistance yang membuat pemain kebal terhadap segala jenis damage Api.

Sedikit tips, bisa kalian gunakan juga pada orang lain atau mob, seperti villager saat kalian memindahkannya menggunakan metode Nether, sehingga sang villager tidak mati saat jatuh ke lava.  Hal ini juga berlaku untuk potion lainnya selama sudah menjadi tipe Splash.

Semoga Bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Membuat Potion of Fire Resistance di Minecraft"