Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menemukan Peta Harta Karun di Minecraft

Update Aquatic kemarin membawakan berbagai macam fitur baru di Minecraft, salah satunya adalah penambahan monument bawah laut serta kapal karam yang keduanya memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah kita bisa mendapatkan peta harta karun atau treasure map.

cara menemukan harta karun minecraft

Sebenarnya peta harta karun sudah dikenalkan sejak update lama yaitu Exploration Update 1.11 namun saat itu, hanya 1 cara saja untuk mendapatkannya. Saat ini, sudah ada berbagai cara yang bisa digunakan berkat update-update yang dirilis.

Harta karun sendiri berisi berbagai macam item yang bisa kita gunakan, misalnya ada yang berisi Diamond, Emerald, hingga berbagai item menarik lainnya.

Untuk menemukan harta karun cukup sulit karena harus melakukan sedikit penjelajahan dan sedikit menggali untuk menemukan peti yang dikubur.

Fungsi dan Jenis Explorer Map di Minecraft

Sebelum membahas mengenai cara mendapatkannya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja jenis dan fungsi peta explorer atau peta penjelajah ini.


Saat ini, ada 3 hal yang bisa ditemukan oleh Explorer Map, yaitu:
  • Buried Treasure (Harta Karun)
  • Ocean Monument (Bangunan)
  • Woodland Mansion (Bangunan)

Jadi kalian bisa menemukan peta yang berbeda isinya, ada yang mencari bangunan langka, ada juga yang mencari harta karun yang terkubur.

Nantinya akan ada tanda X pada peta yang kalian dapatkan, apabila berada disuatu tempat yang ada ditengah pulau, maka bisa jadi itu adalah bangunan, namun apabila tandanya ada di tepi lautan atau pulau, maka itu adalah peta harta karun.

Cara Menemukan Peta Harta Karun / Treasure Map di Minecraft

Ada 3 cara yang saat ini bisa pemain gunakan untuk mendapatkan peta harta karun, yaitu:
  • Trading dengan Cartographer
  • Mencari di Ocean Ruin
  • Mencari di Shipwreck

Trading dengan Cartographer

Langkah pertama adalah menemukan desa terlebih dahulu, kemudian carilah bangunan yang ada rak bukunya karena itu adalah perpustakaan. 

Kemudian kalian harus mencari penduduk desa berjubah putih yang mirip pustakawan, namun profesinya adalah cartographer alias ahli peta. 

cara mendapatkan peta harta karun minecraft
Cartographer Villager

Ada 2 jenis jubah putih, yaitu Librarian dan Cartographer, jangan salah cari villager. Kemudian lakukan trade, seperti kertas, buku, berulang-ulang.  


Setelah beberapa kali melakukan trade, dia akan menawarkan trading untuk sebuah treasure map, biasanya membutuhkan 10-30 Emerald dan Kompas

Ini merupakan cara yang termudah menurut saya karena kita hanya perlu bermodalkan Emerald saja, bisa didapatkan dari trading dengan villager lain.

Mencari di Ocean Ruin / Shipwreck

Karena biasanya gelap, sebaiknya menggunakan Potion of Night Vision terlebih dahulu dan gunakan Potion of Water Breathing agar bisa bertahan lama dibawah laut.

Jangan salah membedakan Ocean Ruin dengan Ocean Monument, kalau yang monument itu ada mob mata bernama Guardian, bukan yang itu, tapi yang ini:

mencari peta harta karun di ocean ruin
Ocean Ruin

Setelah menemukan lautan, segera menyelam, kalian harus menemukan ocean monument yang terletak didasar lautan, bentuknya mirip bangunan kotak yang terkadang memancarkan cahaya. 

Didalamnya kalian bisa menemukan Chest atau Peti yang biasanya berisi peta apabila beruntung. Perlu diingat tidak semua peti ada peta nya.

minecraft peta harta karun
Treasure Map dari Ocean Ruin

Apabila masih belum beruntung, cari monument lainnya karena biasanya ada banyak dibawah lautan, biasanya ada juga Shipwreck disekitar ruin ini, jadi pastikan mencari dengan teliti.

Mencari di Shipwreck

Shipwreck atau kapal karam adalah cara ketiga yang bisa digunakan untuk mendapatkan peta harta karun. 

Kapal karam terletak dibawah lautan dan bisa mudah dikenali karena ada blok kayu serta bentuknya yang mirip kapal, meskipun terkadang hanya bangkainya yang tersisa.

peta harta karun di kapal karam
Kapal Karam di Minecraft

Seperti ocean monument, didalam kapal karam kalian bisa menemukan chest yang apabila beruntung akan berisi peta harta karun, dan tentu saja tidak semua peti ada petanya.

peta harta karun di minecraft
Treasure Map dari Shipwreck


Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari peta harta karun di Minecraft, untuk langkah selanjutnya yaitu cara mencari peta harta karunnya, akan saya bahas pada artikel selanjutnya karena terlalu panjang apabila digabung.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menemukan Peta Harta Karun di Minecraft"