Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta-Fakta Menarik Redstone di Minecraft

Bagi yang sering bermain Minecraft dan suka menambang pasti tidak asing lagi dengan yang block warna merah bernama Redstone, bentuknya yang unik serta lumayan mudah ditemukan membuat block ini banyak yang cari.

tutorial redstone minecraft
Source: Minecraft.net

Namun tidak banyak pemain Minecraft yang bisa menggunakan Redstone sesuai dengan fungsi sebenarnya, terkadang hanya disimpan sebagai koleksi atau dijadikan block bangunan saja. Padahal Redstone merupakan item yang sangat kuat dan susah digunakan apabila ingin membuat bangunan yang sulit.

Oleh karena itu, biasanya Redstone hanya digunakan untuk fungsi yang sederhana seperti membuka pintu, membuat perangkap sederhana hingga membangun farm otomatis. Semua itu masih tergolong mudah karena ada beberapa orang yang berhasil membuat bangunan full dengan Redstone yang bisa berfungsi seperti rumah dunia nyata atau mesin didunia nyata.

Itu saja sedikit pendahuluan mengenai Redstone, langsung saja kita bahas apa saja fakta-fakta mengenai Redstone di Minecraft:

Nama Awal Adalah "Red Ore Dust"

Ketika Redstone di masukkan kedalam game Minecraft pada versi 1.0.1 Alpha, nama awalnya adalah Red Ore Dust yang berarti Bubuk Mineral Merah, yang ketika berjalan diatasnya akan segera hancur.

Namun banyak orang yang terganggu dengan fitur "hancur" ketika terinjak tersebut, sehingga pada versi 1.0.4 developer akhirnya menghilangkan fitur tersebut dan nama nya pun resmi berubah menjadi Redstone.

Dapat Ditemukan Dibawah Layer 16

Redstone pada umumnya ditemukan dibawah layer 16 yang biasanya muncul dalam bentuk yang lumayan banyak dalam 1 area. Normalnya, Redstone ditemukan dalam jumlah 4-5 block Redstone Ore. Yang ketika ditambang menggunakan Pickaxe akan menjadi Redstone.

Banyak ore yang bisa ditemukan dibawah layer 16 seperti Diamond yang sangat langka. Untuk itu sangat disarankan membuka tambang ketika dibawah layer 16 namun lebih tepatnya lagi dilayer 12, karena dilayer 10 akan ada kolam lava yang tentunya sangat berbahaya ketika bermain Survival.

Drop 4-5 Atau Lebih Redstone Dust

1 Buah Redstone Ore biasanya menjatuhkan kurang lebih 4-5 Redstone. Namun untuk membuatnya drop lebih dari 5, maka bisa menggunakan enchantment Fortune I, II, III di Pickaxe kalian. Untuk caranya kurang lebih mirip diamond, silahkan baca di Cara Menemukan dan Memperbanyak Diamond di Minecraft

Bercahaya Ketika Dipukul atau Diclick

Redstone Ore akan berwarna atau bercahaya terang ketika di click atau pukul, yang artinya bisa digunakan untuk membuat Observer Block yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan block.

Kita juga bisa meng"charge" sebuah Redstone Ore dengan memberikan cahaya disekitar ore, maka Redstone akan menyerap cahaya tersebut kemudian ketika dipukul akan menjadi lebih terang.

Cahaya yang diserap bisa hilang atau menjadi redup ketika block dihancurkan. Cara ini belum pernah saya coba karena saya tidak pernah menyimpan block Redstone didalam rumah survival saya, biasanya semua redstone sudah berubah menjadi bubuk sehingga siap dipakai dan disimpan dalam chest.

Bisa Membuat Berbagai Macam Alat Dunia Nyata

Ada beberapa ahli Redstone di Minecraft yang bisa membuat bangunan keren dan alat seperti dunia nyata yang 100% bekerja normal. Contohnya pernah ada yang membuat Computer yang bisa mengetik dari Redstone didalam Game Minecraft!

Ada juga Iphone yang berhasil dibuat dan bisa digunakan untuk menonton video bahkan dia mencoba menelepon tempat Pizza untuk memesan dan semuanya bekerja dengan normal. Banyak kok video nya diYoutube search aja kata kunci Computer in Minecraft atau Phone in Minecraft.

Tentu saja tidak semua orang mampu membuat itu dan terkadang dibutuhkan beberapa orang seperti tim yang memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan project redstone.

sejarah redstone di minecraft
Source: Minecraft.net
Bisa kita lihat bahwa Redstone di Minecraft memang bekerja seperti magic yang bisa menyala ketika berdekatan dengan Switch kemudian bisa memberikan power untuk menghidupkan Rail bahkan Torch juga bisa memberikan tenaga.

Bagi yang sudah mengerti Redstone pasti tidaklah susah untuk membuat berbagai macam bangunan atau alat namun dibutuhkan kesabaran serta latihan sebelum bisa membuat, karena banyak kelebihan bagi yang bisa Redstone.

Baca Juga:

Seperti banyak pemilik server atau realm ingin mencari para ahli Redstone untuk membantu mereka membangun server atau realm mereka. Kemudian apabila kalian bisa membangun benda keren, maka bisa disubmit ke Forum-forum Minecraft yang bisa dibagikan kepada Minecrafter seluruh dunia.

Sekian post kali ini mengenai fakta-fakta minecraft, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

2 comments for "Fakta-Fakta Menarik Redstone di Minecraft"