Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semua Berita MINECON Earth 2018 - Panda, Villager Baru, Crossbow

MINECON Earth 2018 baru saja berakhir kemarin, dimulai dari jam 22:00 WIB sampai dengan kurang lebih 02:00 WIB, acaranya berlangsung dengan lancar dan tentunya ada beberapa pengumuman dari developer yang ditunggu-tunggu pemain.

semua update yang dihadirkan minecraft
Source: Minecraft.net

Saya sendiri menonton dari awal, yaitu dari awal voting bioma, dimana voting dilakukan lewat Twitter dalam 2 ronde, dan langsung menemukan pemenang. Beruntungnya, bioma yang saya inginkan menang dalam voting.

Bagi yang ketinggalan, maka bisa dimaklumi karena memang jamnya agak malam dan biasanya udah pada tidur, jadi silahkan baca rangkuman semua pengumuman MINECON Earth 2018 oleh Anvinus:

Update Bangunan Desa dan Variasi Villager 

Seperti yang kita tahu, desa Minecraft sudah dari lama tidak mengalami perubahan baik dari bangunan maupun villagernya sendiri.

Kali ini developer mulai melakukan perubahan terhadap desa dari segi bangunan serta penduduknya, apa saja yang diupdate atau ditambahkan oleh mereka ?

skin baru profesi villager minecraft
Variasi Villager baru sesuai bioma | Source: Minecraft.net

Gambar diatas adalah rencana perubahan update villager yang akan datang, semuanya diubah habis-habisan sampai kita akan merasa asing ketika bertemu mereka.

Villager akan menggunakan pakaian sesuai dengan bioma atau pekerjaan (profesi) mereka didesa, jadi kalau petani maka menggunakan baju petani, apabila pandai besi, maka bajunya berbeda lagi.


Hal ini sangat keren karena villager yang lama semuanya mirip, hanya berbeda warna pakaian saja, kemudian tidak mengenakan alat khusus sesuai profesi.

Kemudian bangunan dalam desa juga akan ikut diupdate, pada contoh video, bisa terlihat bahwa ada perubahan bentuk bangunan desa menjadi lebih banyak jenis.

update bangunan desa sesuai bioma
Bangunan baru dalam desa | Source: Minecraft.net

Tidak hanya desert saja, namun semua desa dari berbagai bioma akan mendapatkan update bangunan baru. 


Update ini diberinama Village and Pillage, untuk kapan rilisnya, menurut Jeb dan Agnes, akan hadir tahun depan (awal) untuk update ketika liburan. 

Mob Baru: Pillager dan Beast

Monster baru ini lumayan kuat dan berbahaya, terutama penduduk desa karena pillager dan beast akan membunuh mereka, bahkan pemain juga harus berhati-hati.

Pillagers akan menggunakan Crossbow sebagai senjata utama, ini adalah senjata baru di Minecraft dan pemain juga bisa mengcraft dengan bahan yang dibutuhkan.

Crossbow ini bukan bermaksud menggantikan Bow yang lama, melainkan menambah variasi senjata yang sudah ada. Bedanya, Crossbow ini membutuhkan waktu lebih lama untuk reload.

crossbow senjata baru minecraft
Pillager yang menggunakan Crossbow | Source: Minecraft.net

Untuk Beast, bentuknya mirip kerbau namun bisa mengejar penduduk / pemain, apabila mereka berlari diatas tanaman, maka tanaman tersebut akan hancur terinjak oleh mereka.

Mob baru ini akan muncul dalam bentuk kelompok terdiri dari 5-6 Pillager dan 1 Beast dalam sekali penyerangan terhadap desa.

Mereka akan menembak penduduk dan menghancurkan tanaman serta desa apabila sudah sampai.


Update ini akan datang bersamaan dengan update desa diatas, jadi masih harus menunggu tahun depan bagi yang sudah tidak sabar maka bisa mencoba beberapa mod yang mungkin sudah bermunculan.

Panda, Bambu dan Lebih banyak kucing

Kali ini mob passive ikut ditambahkan kedalam daftar hewan yang sudah ada, menurut developer mereka ingin memberikan hadiah kepada pemain dari "China" dan menanyakan apa hewan yang ingin mereka masukkan kedalam game, mereka menjawab Panda.

panda dan bambu di minecraft
Panda, Bambu, dan anak Panda | Source: Minecraft.net

Panda akan tinggal didalam hutan, dan dekat dengan pohon bambu yang juga block baru didalam game. Seperti dunia nyata, karena panda memakan bambu juga.

Ada 2 jenis panda yang akan ditambahkan, yaitu panda biasa dan panda aggresive. Panda aggresive bermata merah yang sebaiknya jangan diganggu karena bisa menyakiti pemain.

Panda juga bisa dikawinkan dan melahirkan anak panda, selain itu, mereka sangat suka bermalas-malasan didalam hutan dan menghabiskan waktunya memakan bambu.

Ada pula 9 tambahan skin kucing yang membuat jenis kucing menjadi lebih banyak. Sejauh ini baru 8 saja yang dibocorkan, 1 nya lagi akan diberikan kepada pemain beruntung yang mengirimkan foto kucingnya kepada developer untuk ditambahakan.


Update ini sudah bisa diujicoba lewat minecraft pe beta versi 1.8.0.8 yang rilis pada tanggal 11 oktober 2018 untuk versi beta 1.7 dan versi java edition 1.14

Hasil Voting Bioma: Taiga

Dari ketiga bioma yang ditawarkan untuk mendapatkan update yaitu: Savannah, Taiga, dan Desert. Rupanya banyak pemain (termasuk saya) yang menginginkan Taiga sebagai pemenang.

Pada ronde pertama, pemenangnya adalah: Taiga dan Savannah, dengan Desert disingkirkan dari voting.

Pada ronde kedua, pemenangnya adalah Taiga dengan jumlah voting yang lumayan berbanding jauh, kalau tidak salah 63% dan 37%.

Dengan begitu, kita bisa mengharapkan beberapa update seperti:

  • Buah-buahan berry
  • Fox (Rubah)
  • Campfire (Api Unggun)
  • dan item lainnya yang dirahasiakan developer

Tapi jangan khawatir, yang kalah bukan berarti tidak akan diupdate loh! kata developer, yang menang akan didahulukan updatenya, kemudian sisanya akan menyusul. 

Jadi jangan bersedih apabila bioma yang kalian pilih tidak menang, tidak seperti voting tahun lalu dimana Mob A B C D hanya 1 saja yang dimasukkan, sisanya tidak.

Game Baru Mojang - Minecraft: Dungeons

Minecraft: Dungeons mempunyai beberapa elemen RPG yang dihadirkan dalam bentuk berbeda, kali ini pemain bisa memilih class, role, hingga bermain bersama secara online menjelajahi dungeon yang disediakan.

Pemain bisa melawan monster, menggunakan potion, serta menemukan loot atau melawan boss mirip game RPG.

Sejauh ini tidak banyak yang dibocorkan developer, jadi kita hanya bisa menunggu berita selanjutnya mengenai apa bentuk asli game ini.

Penutup

MINECON Earth 2018 kali ini berjalan mirip tahun lalu, namun menurut saya lebih seru tahun ini karena ada banyak co-host serta cara penyampaian update yang lebih seru. 

Bagi yang ketinggalan menonton, maka bisa menonton rerun videonya di Youtube, dan jangan lupa ikuti terus channel Minecraft atau akun twitter Minecraft agar tidak ketinggalan berita terbaru langsung dari developer.

Sekian post kali ini mengenai berita-berita MINECON Earth 2018, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Semua Berita MINECON Earth 2018 - Panda, Villager Baru, Crossbow"