Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Melon Seed di Minecraft

Melon (Semangka) merupakan salah satu tanaman di dunia Minecraft, buah ini mirip seperti di dunia nyata yaitu warna hijau tua dan isinya berwarna merah, hanya saja didalam Minecraft buah ini menjadi kotak-kotak.

Berbeda dengan dunia nyata, dimana kita bisa menemukan semangka dengan mudah. Didalam Minecraft merupakan tantangan tersendiri untuk menemukan melon. Karena mereka muncul hanya pada tempat tertentu saja.

Terkadang membutuhkan beberapa lama untuk bisa mendapatkan seed atau benih melon agar bisa ditanam dan diperbanyak buahnya. Kali ini Anvinus akan membagikan beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk mencari melon seed.

Tips Mencari dan Mendapatkan Melon Seed:


1. Cari Melon Block di Bioma Jungle (Hutan)


cara menemukan melon seed minecraft
Bioma Jungle

Melon hanya tumbuh secara alami di bioma Jungle (Hutan). Dimana didalam hutan yang dipenuhi pepohonan tinggi dan dedaunan, kita bisa menemukan Melon. Tapi jangan salah, tidak semua hutan mempunyai Melon.

Bentuknya mudah dikenali, yaitu berbentuk kotak dengan warna hijau muda bergaris hijau tua. Itu adalah melon block atau buah melon.

Terkadang perlu mencari dengan teliti di dekat daun dan batang pohon karena Melon tumbuh diatas tanah, sehingga biasanya susah terlihat. Apabila tidak terlihat dari atas pohon, maka coba turunlah dan cari dengan perlahan ditanah.
melon seed di minecraft hutan
Melon (Semangka) Tumbuh di Hutan 

Setelah menemukan Melon alias semangka, maka teman-teman bisa langsung menghancurkannya untuk mendapatkan potongan semangka. Isi semangka bisa juga dimakan untuk mengisi Hunger Bar.

Untuk mendapatkan seednya, tinggal taruh potongan tersebut di bagian crafting maka akan mendapatkan 1 melon seed (bibit melon).
cara mendapatkan benih tanaman minecraft
1 Potong Semangka = 1 Benih Semangka

2. Cari Chest di Dungeon / Woodland Mansion / Abandoned Mineshaft


Tips nomor 2 ini mungkin sedikit susah atau gampang tergantung kalian sudah bermain sampai mana, apabila masih awal game maka mungkin sedikit susah karena perlu berhadapan dengan monster sekaligus beresiko mati di perjalanan.

Dungeon Chest
cara mendapatkan biji benih minecraft
Dungeon dengan Spider Spawner dan Chest

Melon seed bisa muncul didalam chest (peti) seperti chest yang ada di dungeon. Buat yang belum tahu dungeon, ini adalah ruangan dari batu berlumut dan didalamnya (tengah) ada mob spawner.

Biasanya spawner Zombie, Skeleton dan Spider. Nah didalam dungeon terkadang ada 1-2 chest. Didalam chest itulah kita bisa menemukan melon seed. Tapi ingat bahwa tidak semua chest bisa berisi bibit semangka ini.

Ada kemungkinan 18.8% kita bisa menemukan melon seed didalamnya (cukup langka). Perlu sedikit keberuntungan ketika membuka peti tersebut.

Minecart with Chest
mencari melon seed di minecraft
Minecart with Chest di Abandoned Mineshaft

Kita bisa menemukan Minecart dengan Chest didalam Abandoned Mineshaft. Ini adalah tempat untuk menambang yang sudah lama tidak digunakan.

Didalam Mineshaft kita bisa menemukan rel-rel yang menghubungkan beberapa tempat, terkadang ada rel yang memiliki Minecart Chest diatasnya. Nah didalam chest tersebut kita bisa menemukan melon seed.

Dengan kemungkinan 32.0% (cukup tinggi) chest tersebut memiliki melon seed didalamnya, ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan bibit / benih semangka.

Menurut pengalaman saya, setiap saya pergi ke Mineshaft pasti saya mendapatkan melon seed. Karena chancenya cukup tinggi sehingga mudah didapatkan.

Woodland Mansion Chest

Tempat terakhir munculnya melon seed adalah didalam Woodland Mansion, apabila kalian menemukan bangunan ini, masuklah kedalam dan carilah chest yang ada.

Setiap chest mempunyai kemungkinan sebesar 18.8% untuk berisi bibit melon didalamnya. Namun berhati-hatilah karena banyak monster yang cukup kuat tinggal didalamnya.

Sangat tidak disarankan bagi yang tidak mempunyai armor dan weapon cukup tinggi. Lagipula tidak mudah mencari mansion karena cukup langka.

Baca Juga:

Itulah dia teman-teman beberapa tips dari Anvinus untuk mencari dan menemukan melon seed (bibit melon). Bagi yang baru bermain didunia baru, cobalah menggunakan tips nomor 1 yaitu mencari melon block dibioma hutan karena lebih aman.

Setelah menemukan melon seed, teman-teman bisa tanam melon tersebut, tunggu hingga siap panen, dan ulangi kembali hingga mendapatkan kebun melon yang besar.

Melon memang bisa dimakan, namun sangat tidak disarankan karena tidak membuat cukup kenyang, walaupun memakan 1-2 stack, Hunger Bar tetap saja berkurang cepat ketika beraktivitas.

Sekian post kali ini mengenai cara mendapatkan melon seed di minecraft, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Melon Seed di Minecraft"