Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memancing Ikan dan Mendapatkan Harta Karun di Minecraft

Teman-teman mungkin sudah tahu bagaimana cara memancing ikan di Minecraft, biasanya yang sudah bisa memancing akan mencari cara mendapatkan ikan yang banyak atau mendapatkan ikan dengan cepat. Ada juga yang ingin berburu harta karun dari hasil memancing.

memancing ikan harta karun minecraft

Apabila beruntung, bisa mendapatkan Treasure (Harta Karun) juga dari hasil pancingan. Namun dibutuhkan beberapa syarat agar bisa mempermudah kemunculan harta karun tersebut.

Pancingan biasa tanpa enchant sangat susah mendapatkan harta karun, lebih banyak mendapatkan sampah yang tidak berguna. Kecuali dengan beberapa cara yang bisa menaikkan chance harta karun atau ikan ketika memancing.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat memancing sekaligus beberapa tips untuk mendapatkan harta karun yang cukup langka hanya bermodalkan Fishing Rod (Pancingan) biasa.

Posisi Peletakan Bobber

Bobber adalah benda di ujung pancing yang mirip pelampung dan bisa mengambang diatas air. Bobber berfungsi untuk memberitahu apakah ada ikan yang menggigit bait pancingan kalian.

tips memancing ikan di minecraft
Bobber Pancingan

Waktu normal untuk menunggu ikan menggigit pancingan adalah 5-45 detik sehingga apabila hanya menggunakan pancingan biasa membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun apabila bobber pancingan tidak terpancar sinar matahari atau bulan secara langsung, maka waktu menunggu tadi bisa menjadi Double. 

Jadi pastikan ketika memancing di tempat terbuka dan ada sinar matahari atau bulan.

Memancing Ketika Hujan

Hujan merupakan waktu yang paling tepat untuk memancing, karena ketika bobber pancingan terkena air hujan, waktu menunggu bisa berkurang hingga 20%.

cara memancing ikan di minecraft
Memancing ketika Hujan

Inilah kenapa ketika sedang hujan, segera ambil Boat (Perahu) kalian dan pergi ke lautan luas untuk memancing, kemungkinan mendapatkan ikan dengan cepat sekaligus mendapatkan harta karun sangat besar.

Apabila digabungkan menggunakan pancingan dengan enchant lure dan luck of the sea maka bsia mendapatkan ikan setiap 3-5 detik sekali ketika hujan, bayangkan berapa ikan dan harta karun yang bisa didapatkan.

Pasang Enchantment Pada Fishing Rod

Fishing Rod (Pancingan) bisa di enchant menggunakan Enchantment Table dengan beberapa pilihan enchant yang sangat membantu ketika memancing.

Sebuah pancingan yang Tidak Ada Enchant hanya memiliki kemungkinan chance 85% mendapatkan ikan, 10% mendapatkan sampah, 5% mendapatkan harta karun. Sangat kecil dan masih sering mendapatkan sampah biasanya.

Ada beberapa enchant yang bisa dipasang pada alat pancing seperti:

  • Luck of the Sea (I-III)
  • Lure (I-III)
  • Mending
  • Unbreaking (I-III)
  • Curse of Vanishing  
  
Dari semua enchant diatas, tidak semua perlu dipasang ke alat pancingan, hanya beberapa saja yang sangat berguna. Dibawah ini adalah enchant yang saya gunakan dan menurut saya paling berguna ketika digunakan memancing:

Luck of the Sea: Membuat lebih beruntung ketika memancing, menurunkan chance mendapatkan junk (sampah), menaikkan chance mendapatkan harta karun (treasure) 2% dan menurunkan chance ikan sebanyak 0.15%

Lure: Membuat ikan menggigit bait lebih cepat ketika memancing, dan menurunkan waktu menunggu sebanyak 5 Detik per level enchant (III berarti berkurang 15 detik).

Mending: Membuat pancingan menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, dengan cara menggunakan exp setiap kali mendapatkan ikan untuk memperbaiki pancingan. Dengan enchant ini bisa membuat pancingan tahan seumur hidup karena jumlah exp melebihi penggunaaan pancingan.

Unbreaking: Membuat alat pancing menjadi lebih tahan lama dengan mengurangi pemakaian setiap memancing, biasanya hanya 60 kali pancing, maka dengan unbreaking bisa menjadi 100 lebih.

Saran saya adalah gunakan semua level maksimum dari enchantment diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada yang maksimal III ada juga yang hanya I saja.

memancing harta karun di minecraft
Chance Treasure ketika Memancing

Gambar diatas adalah harta karun (treasure) yang bisa didapatkan dengan memancing. Apabila menggunakan Luck of the Sea (LotS), maka kemungkinan mendapatkan Enchanted Book yang langka sangat mudah, kemungkinan mendapatkan Enchanted Bow dan Enchanted Fishing Rod juga menjadi lebih tinggi.

memancing ikan di minecraft
Chance Ikan ketika Memancing

Bisa dilihat dari gambar diatas, bahwa ada ikan yang cukup langka dan susah didapat yaitu Clownfish yang hanya mempunyai 1,7% chance. Luck of the Sea mengurangi chance mendapatkan ikan namun tidak dalam jumlah yang besar.

cara memancing enchant minecraft
Chance Junk (Sampah) ketika Memancing

Ketika menggunakan pancingan dengan enchant LotS (Luck of the Sea) bisa menurunkan persentasi mendapatkan sampah dan menaikkan chance harta karun atau ikan.

Baca Juga:

Tips Bagi Pemula atau World Baru

Ketika baru mulai world baru biasanya tidak langsung mendapatkan pancingan enchant tinggi, tips dari saya adalah tunggu hari hujan kemudian cobalah memancing selama mungkin sampai hujan berhenti.

Karena hujan mengurangi waktu nunggu, dan menaikkan chance mendapatkan ikan / harta karun. Ketika mendapatkan harta karun biasanya ada yang berupa Fishing Rod juga, namun dengan Enchantment yang sudah terpasang.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menggabungkan beberapa pancingan dengan enchant berbeda menjadi 1 pancingan saja.

Contoh teman-teman mendapatkan pancingan dengan enchant Lure kemudian ada pancingan lain dengan enchant Mending maka keduanya bisa digabungkan menjadi 1 pancingan lewat Anvil.

Dengan begitu, lebih hemat Exp dan tenaga karena tidak perlu enchant secara manual lagi yang memakan waktu serta lebih boros exp.

Sekian post kali ini mengenai tips memancing ikan di minecraft, semoga teman-teman mendapatkan ikan dan harta karun yang banyak.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Tips Memancing Ikan dan Mendapatkan Harta Karun di Minecraft "