Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Minecraft PE Android Sering Force Close

Pemain Minecraft PE di hp Android sering mengalami masalah game tertutup sendiri saat sedang main atau baru membukanya dari awal dan banyak pemain yang tidak mengerti penyebab crash tersebut karena apa.

cara mengatasi lagi minecraft pe android


Kali ini Anvinus akan coba membagikan beberapa tips atau cara mengatasi minecraft pe yang sering tertutup sendiri, ada pula tips mengatasi lag didalam artikel ini, jadi silahkan baca terus sampai habis.

Sebelumnya, sepertinya penting membahas hal-hal dasar sebelum bermain game disemua platform baik itu pc, laptop, hingga hp, yaitu spesifikasi. Semua game mempunyai spesifikasi minimal untuk bisa menjalankan game dengan lancar.

Termasuk Minecraft PE yang memberikan syarat minimal menggunakan hp android versi 4.2, walaupun spesifikasi lainnya tidak tertulis, bukan berarti hanya itu saja syaratnya. Beberapa syarat minimal yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Processor minimal Dual Core 1Ghz
  • RAM hp minimal 2GB
  • Memori penyimpanan minimal tersisa 1GB

Spesifikasi diatas biasanya ditemukan pada hp jadul yang sudah lama banget, jadi kalau kalian menggunakan hp dari tahun 2014 kebawah, kemungkinan besar akan mendapatkan spesifikasi diatas. 

Masalahnya adalah, spesifikasi diatas masih sangat kurang untuk bermain game apapun zaman sekarang ini, termasuk Minecraft PE. Untuk itu kalian perlu mematikan beberapa opsi pengaturan hingga menggunakan aplikasi lainnya untuk bisa bermain dengan lancar.

Apabila hp kalian sudah diatas tahun 2017, maka kemungkinan besar spesifikasinya sudah lebih baik dan akan lebih lancar dalam bermain, namun hal ini tergantung dengan merek dan jenis hp yang kalian miliki.

Tips Mengatasi Force Close Minecraft PE Android

Cara dibawah ini mungkin akan membantu masalah kalian, namun tidak menjamin 100% akan bisa langsung lancar dalam bermain, hanya saja tidak ada salah dalam mencoba.

Install Ulang Minecraft PE

Apabila kalian menggunakan versi original atau resmi dari playstore, maka kalian hanya perlu menghapus kemudian mendownload ulang dari playstore untuk mendapatkan versi yang baru.

Biasanya, masalah force close akan teratasi dengan cara ini, karena file lama akan dihapus. Jangan lupa membackup world kalian sebelum uninstall untuk mencegah world kalian hilang.

Apabila kalian menggunakan versi bajakan, maka ada berbagai kemungkinan, salah satunya adalah memang apk yang kalian download terdapat virus atau masalah yang memang disebabkan dari hasil pembajakan orang lain.

Solusinya adalah kalian harus mencari lagi apk yang tidak force close, atau jika memang tidak ketemu, maka harus membeli versi original yang kebetulan sekarang sedang diskon juga.

Hapus Cache HP

Cara yang kedua juga cukup efektif dan tanpa harus menguninstall game mcpe kalian, hanya saja file cache akan terhapus sehingga setting akan ikut direset ke semula.

Cache adalah file sisa aplikasi yang disimpan agar nantinya bisa diload dengan cepat namun semakin lama akan semakin menumpuk yang akhirnya memakan penyimpanan dan mungkin akan membuat berat aplikasi.

Kalian bisa menghapus cache Minecraft atau aplikasi lainnya dengan cara:

  • Buka bagian Settings
  • Buka Apps & Notifications
  • Cari Minecraft PE dan klik
  • Kemudian klik bagian Storage
  • Tekan tombol "Clear cache"

Setelah selesai, kalian tinggal membuka kembali minecraft pe dan melakukan test ulang apakah masih force close atau tidak.

Ubah Setting Minecraft PE

Apabila force close terjadi saat kalian bermain, kemungkinan terjadinya adalah karena world tersebut terlalu berat dan kalian menggunakan settingan yang cukup tinggi. Sehingga memberatkan kerja hp dan akhirnya crash.

Cara ini sudah pernah saya bahas lengkap pada artikel ini: Cara Mengatasi Lag Pada Minecraft PE Android silahkan baca dan coba matikan beberapa setting yang memberatkan proses kerja hp.

Seperti settingan kualitas grafik, efek-efek animasi, hingga seberapa jauhnya jarak render.

Jangan Menggunakan Texture Pack atau Shader

Apabila menggunakan versi original dengan texture bawaan dan tanpa shader saja sudah lag, maka jangan memasang lagi tambahan texture yang akan membuat game ini semakin berat.

Banyak sekali shader yang mengclaim bisa untuk hp ringan atau super low, namun kenyataannya adalah tidak menggunakan shader sama sekali akan lebih baik dibanding menggunakan shader super low sekalipun.

Begitu pula dengan texture yang membuat hp kalian harus mengload gambar tambahan dan mengubahnya sesuai texture pack yang kalian gunakan. Gunakan texture bawaan game saja.

Main Minecraft PE Versi Jadul

Apabila sudah mencoba cara diatas namun masih saja tidak berhasil, maka besar kemungkinan hp kalian memang kurang kuat dalam bermain Minecraft PE, khususnya versi terbaru yang memang sangat berat ditambah update aquatic kemarin.

Untuk itu, solusi yang bisa kalian pakai adalah bermain versi jadul. Kenapa versi jadul? karena versi ini belum ditambah update-update yang membuat berat dan fiturnya juga masih tidak banyak.

cara mengatasi force close minecraft pe android


Contohnya adalah Versi Pertama Minecraft PE Android yang tentunya akan lancar apabila dimainkan pada hp kalian karena sudah lama dirilis.

Kekurangannya adalah kalian akan kehilangan beberapa item atau fitur yang kalian sukai diversi terbaru, namun kelebihannya adalah tidak akan terjadi lag lagi dalam bermain.

Mungkin kalian harus mencari versi yang tidak terlalu jadul namun juga tidak terlalu baru agar bisa tetap memainkan game ini dengan lancar. Silahkan dicoba satu per satu atau bisa dicari melalui blog ini.

Baca Juga: Cara Bermain Minecraft Classic Pada Browser

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk mengatasi atau mengurangi force close pada Minecraft PE ataupun game lainnya pada hp Android kalian.


Post a Comment for "Cara Mengatasi Minecraft PE Android Sering Force Close"