Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Snow Golem dan Fakta-Faktanya di Minecraft

Snow Golem adalah mob atau monster mirip dengan golem lainnya, mereka berbentuk lebih kecil dan lebih lincah dibanding Iron Golem, namun lebih lemah dalam bertahan hidup. Namun bukan berarti mereka tidak berguna ketika dibuat, selain bisa untuk dijadikan teman dalam bermain survival mode (single player) kita juga bisa membuat farm salju unlimited dari Snow Golem ini.

cara-membuat-snowgolem-fakta-snowgolem-minecraft
Snow Golem di Minecraft

Baca Juga :

Berikut beberapa fakta dan informasi mengenai Snow Golem di Minecraft :

Cara Membuat Snow Golem

Cara membuat snow golem sangatlah mudah apabila kalian mempunyai bahan yang dibutuhkan, lebih murah dibandingkan membuat Iron Golem, hanya membutuhkan 2 Block Salju dan 1 Pumpkin. Mirip dengan Iron Golem, namun tidak perlu membuat lambang T melainkan mirip dengan I.

Cara membuat Snow Block cukup gampang, perhatikan gambar dibawah ini :

cara-membuat-snowgolem-fakta-snowgolem-minecraft
Cara Membuat Snow Block

Kemudian cari lah Pumpkin (Labu), biasanya ada pada lapangan rumput atau dibawah pegunungan

cara-membuat-snowgolem-fakta-snowgolem-minecraft
Pumpkin alias Labu

Kemudian susun Snow Block bertingkat, barulah letakkan Pumpkin diatasnya (harus berurutan). Jika bingung bisa mengikuti contoh digambar ini :

cara-membuat-snowgolem-fakta-snowgolem-minecraft
Snow Golem menjadi Hidup

Urutan Membuat dari Nomor 3 -2 - 1 :

(1) Pumpkin
(2) Snow Block
(3) Snow Block

*Bisa juga dengan menyamping atau terbalik, asalkan Pumpkin diletakkan terakhir. Umumnya pemain membuatnya dengan urutan berdiri.

Apabila mengikuti langkah diatas dengan benar maka kalian akan melihat Snow Golem menjadi hidup dan berjalan-jalan disekitar kalian. Dan apabila gagal, maka Snow Golem tidak menjadi hidup melainkan hanya berbentuk block mati saja. Maka kalian harus mengulangi sesuai urutan. Ingat! Peletakan Pumpkin harus urutan terakhir.

Ketika Snow Golem Mati


Snow Golem akan menjatuhkan hingga 15 Bola Salju (Snow Ball) ketika mati, namun ini bukan cara yang saya maksud dengan farm salju, karena menurut saya kurang efektif harus mengorbankan Snow Golem demi 15 snow ball saja, baca lebih lanjut dibawah mengenai cara efektif membuat farm salju.


Sifat dan Karakteristik Snow Golem


Snow Golem tidak mengikuti pemain. Golem mempunyai skill mencari jalan yang cukup baik, seperti mob lainnya, Snow Golem tidak akan jatuh dari bukit, tertusuk kaktus dan terbakar api atau jatuh ke lava atau air. Mereka juga tidak menerima damage apabila jatuh dari tempat tinggi (Iron Golem juga sama). Snow Golem bisa di ikat pada pagar menggunakan Leads.

Snow Golems bisa meleleh apabila menerima damage dari api termasuk dalam bioma yang temperatur nya cukup panas atau kering seperti Desert, dan didalam neraka yaitu the Nether. Snow Golem juga akan meleleh apabila menyentuh hujan atau air. Tapi kalian bisa melindungi si golem ini dari damage api di bioma panas menggunakan potion anti api (splash potion of resistance) agar dia bisa selamat.

Kegunaan Snow Golem


Snow Golem akan berjalan menuju monster yang bisa menyerang (seperti Zombie, Skeleton) dan melempar bola salju tepat kearah mereka dalam jarak 10 block, sehingga membuat monster menyerang mereka.

Namun snow ball (bola salju) mereka tidak akan memberikan damage pada monster yang dilempari kecuali Blaze, tapi snow ball itu akan mendorong monster sedikit ketika tepat mengenai mereka.

Snow Golem juga akan menyerang semua mob yang netral walaupun mob tersebut tidak menyerang pemain terkecuali Wolves (serigala), Polar Bear, Ilamas.

Farm Salju Dengan Snow Golem


Nah ini yang saya maksud dengan farm atau unlimited stok salju, karena ketika berjalan Snow Golem akan meninggalkan jejak salju diblock tempat mereka berjalan. Namun mereka hanya akan menghasilkan salju apabila berada pada bioma yang temperature kurang dari 0.8, termasuk dingin, salju, dan bioma medium.

Cara agar Snow Golem bisa mengeluarkan salju adalah kelilingi mereka dengan block dingin, seperti Ice Block atau Snow Block, sehingga sekeliling mereka akan menjadi dingin dan Snow Golem akan menghasilkan salju terus menerus.


Kurung Snow Golem dan pastikan ada es dan dingin disekitar, kemudian siapkan cangkul (Shovel apa saja) dan secara hati-hari cangkul bagian salju tepat dibawah kaki si snow golem, maka kalian akan mendapatkan unlimited stok bola salju selama snow golem nya hidup.

Pastikan berhati-hati jangan sampai memukul karena snow golem cukup lemah dan mempunyai nyawa yang sedikit.

Saya biasanya meletakkan Snow Golems pada ruangan bawah tanah dibawah rumah saya khusus dibangun dari Ice Block dan Snow Block pada lantainya, sehingga temperatur tetap dingin.

Mencukur Pumpkin dari Snow Golem

Tahukah kalian bahwa Snow Golem menggunakan Pumpkin (Labu) sebagai armor helmet mereka? dan helmet ini bisa kita lepas namun tidak bisa kita pasang kembali apabila sudah dilepas. Biasa dikenal sebagai mencukur snow golem. Tenang saja proses ini tidak akan menyakiti Snow Golem kalian namun membuatnya menjadi terlihat tidak terlalu menyeramkan.

Bisa dilakukan pada berbagai versi Minecraft termasuk MCPE atau MCPC.

Yang dibutuhkan adalah Shear atau Alat Pencukur yang biasa kalian gunakan untuk mencukur bulu domba atau memotong daun dipohon. Dibutuhkan 2 Iron ingot saja seperti gambar dibawah :

cara-membuat-snowgolem-fakta-snowgolem-minecraft
Shears alias Alat Pencukur
Kemudian dekati Snow Golem kalian dan tekan shear pada arah mereka seperti ketika hendak mencukur bulu domba atau memotong daun. Maka pumpkin dikepala si Golem akan menghilang dan kalian bisa melihat wajah asli si snow golem ini :

cara-mencukur-snow-golem-pumpkin-snowman-olaf
Wajah Asli Snow Golem

Itulah beberapa fakta dan informasi mengenai snow golem di minecraft lengkap dengan cara membuat snow golem. Snow Golem cocok digunakan apabila ingin mendapatkan perlindungan ekstra disekitar rumah atau tempat tertentu karena biasanya pemain baru atau world baru akan sangat sulit membuat Iron Golem karena butuh Iron Ingot yang sangat banyak.

Jangan lupa untuk membaca cara membuat iron golem di minecraft

Snow Golem bisa menjadi alternatif untuk itu, walaupun mudah mati tapi membuatnya tidak perlu biaya yang banyak, plus mereka bisa dijadikan teman dalam survival.

Sekian dulu post kali ini mengenai snow golem, semoga bermanfaat buat teman-teman dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Snow Golem dan Fakta-Faktanya di Minecraft"