Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur-Fitur Game Stardew Valley Yang Melebihi Harvest Moon

1 bulan yang lalu saya mencoba sebuah game yang lumayan unik dari video gameplay yang saya tonton di Youtube, setelah mencoba bermain rupanya game ini sangat mirip game yang dulu saya mainkan ketika masih SD yaitu Harvest Moon.

review stardew valley


Tidak hanya mirip, namun ada banyak perubahan dan penambahan fitur yang membuat Stardew Valley lebih "wah" dibandingkan Harvest Moon yang terkesan gitu-gitu aja setelah bermain cukup lama.

Stardew Valley adalah game gabungan dari berkebun, menambang, sosialisasi, bahkan bisa melawan monster didalam goa. Hal ini tentunya memberikan banyak pilihan bagi para pemain karena bisa bermain sesuai tipe yang mereka inginkan.

Kali ini saya akan membahas review singkat setelah bermain Stardew Valley selama kurang lebih 1 bulan lebih di laptop saya.

Mungkin Stardew Valley lebih cocok disebut kota karena nama tempatnya adalah Pelican Town namun saya lebih nyaman menyebutnya desa.

Penduduk (NPC) Yang Banyak

Ketika awal bermain, saya tidak tahu ada berapa jumlah pasti penduduk yang ada di dalam . Setelah bermain cukup lama, bisa saya bilang penduduknya lumayan banyak karena hampir setiap tempat pasti menemukan NPC kecuali tempat tertentu yang jauh dari desa.

review stardew valley banyak penduduk

Penduduk sangat penting karena selain berkebun, pemain juga harus memelihara status pertemanan dengan penduduk agar mereka senang dengan kita. Bedanya pada game ini dengan Harvest Moon adalah kita tidak ditekan untuk disukai oleh penduduk dalam kurun waktu tertentu (3 tahun di Harvest Moon).

Di Stardew Valley tidak ada tekanan untuk memelihara kebun dan pertemanan dalam waktu tertentu sebelum di usir dari desa (Game Over) sehingga pemain bisa bermain sesuka mereka tanpa harus khawatir harus mengulang dari awal lagi.

Didalam Harvest Moon penduduknya memang cukup unik dan banyak namun setelah bermain cukup lama akan terkesan monoton karena bisa menghapal kebiasaan penduduk pada jam tertentu yang berulang-ulang. 

Sedangkan di Stardew Valley, penduduk nya memiliki kegiatan berbeda, seperti berbeda jadwal ketika musim Semi dan musim Panas, dan berbeda pula pada hari tertentu misalnya hari Senin-Jumat di Supermarket, maka hari Sabtu-Minggu di tempat lain. Bahkan jadwal berbeda ketika cuacanya berubah.

Jadi kalian tidak perlu takut bosan dengan penduduk yang ada didalam desa karena memang sangat banyak dan masing-masing mempunyai kharateristik yang unik.

Text Percakapan Yang Unik

Selain NPC yang banyak tentu saja membutuhkan percakapan yang berbeda pula tentunya karena apabila sama maka terkesan mengulang dan bosan.

Untungnya developer Stardew Valley memberikan text percakapan yang sangat unik, semua percakapan berdasarkan tingkat "suka" seorang penduduk kepada kita, dan setidaknya dalam 1 hari akan ada 2-4 percakapan berbeda. 

Berbeda dengan Harvest Moon yang text percakapannya berubah namun masih sama ketika diulang-ulang. Di Stardew Valley penduduk akan memberikan percakapan berbeda ketika dipagi hari dan dimalam hari.

Tanaman Kebun Yang Banyak dan Giant Crop

Stardew Valley memberikan tanaman setiap musim yang banyak dengan waktu tumbuh yang berbeda juga, selain itu ada pupuk untuk menaikkan kualitas tanaman serta mempercepat tumbuh tanaman tersebut.

review stardew valley giant crop
Giant Crop

Ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh menjadi Giant Crop ketika ditanam dalam bentuk 3x3, kelebihan Giant Crop adalah akan memberikan hasil panen yang lebih banyak dibandingkan crop biasa.

Beberapa tanaman tumbuh dengan cukup lama, ada juga tanaman yang bisa dipanen kembali dan ada yang hanya 1 kali panen saja.

Harga setiap tanaman juga berbeda-beda dan ada tanaman yang susah didapat karena langka dan lama tumbuhnya.

Banyak Event Desa Yang Unik dan Seru

Event juga menjadi point penting dalam game ini karena tentunya pemain akan bosan ketika bermain tanpa adanya mini game. Event akan di adakan pada musim tertentu dan tentunya sangat unik karena didalamnya ada percakapan penduduk desa yang hanya muncul ketika event itu saja.

review stardew valley event desa

Selain itu, ada event mini game pada musim tertentu yang bisa memberikan item spesial yang hanya bisa didapat ketika memenangkan event tersebut.

Bagi yang sudah pernah bermain Harvest Moon pasti tidak asing dengan yang namanya event desa lagi, bedanya adalah menurut saya di Stardew Valley lebih unik dari segi tantangan yang diberikan serta ada percakapan penduduk yang unik pada setiap event.

Peran pemain juga berpengaruh pada beberapa event yang bisa mengakibatkan penduduk menyukai atau tidak menyukai kita.

Event Hati Setiap Penduduk

Selain event desa, event individual seperti penduduk juga dihadirkan dalam Stardew Valley. Dari semua penduduk yang ada, mereka mempunyai event hati yang akan terjadi ketika pemain dan penduduk tersebut mencapai status pertemanan tertentu.

review stardew valley penduduk

Pada game ini, pertemanan dinilai dari hati 0 hingga 10 pada penduduk. Setiap hati misalnya event hati level 2 akan berbeda dengan event hati level 4.

Hal ini membuat game ini menjadi tidak bosan dan lebih unik sebab semua penduduk memiliki event berbeda-beda. Dan bisa berpengaruh dengan status pertemanan pemain dan penduduk tersebut.

Item Favorit Yang Berbeda

Setiap penduduk juga mempunyai item favorit seperti makanan, hasil kebun, hasil ternak, atau hasil hutan yang berbeda-beda. Ada penduduk yang menyukai makanan tertentu, ada pula yang tidak menyukai hasil kebun.

Hal ini menjadikan setiap penduduk unik serta lebih susah didekati ketika ingin menaikkan status pertemanan mereka dengan pemain. 

Selain itu, pemain juga tidak bisa memberikan item terus menerus untuk menaikkan hati mereka, ada batas nya yaitu 2 kali dalam 1 minggu. Berbeda dengan Harvest Moon yang bisa memberikan item sebanyak mungkin dalam 1 hari untuk menaikkan hati.

Ini menjadi tantangan tersendiri karena membuat pemain lebih berhati-hati ketika memberikan item atau hadiah serta membuat pemain bermain lebih lama karena harus melewati 1 minggu sebelum bisa memberikan item lainnya.

Map Yang Luas

Tidak hanya kebun yang luas, namun map didalam desa juga sangat banyak tempat seperti tempat memancing, pantai, goa menambang, stasiun bus, stasiun kereta, hutan rahasia, hingga toko kecil dan tempat didalam sumur tersembunyi.

review stardew valley map

Jadi pemain akan memiliki tempat yang banyak untuk dijelajahi, dan bagi yang suka memancing seperti saya maka tidak perlu takut kehabisan spot memancing sebab dimana ada air maka disitu kita bisa memancing.

Ada juga map padang gurun yang akan bisa diakses ketika bis sudah diperbaiki, disana akan ada tempat yang hanya bisa diakses dan item yang hanya bisa didapatkan ketika berada disana saja.

Penduduk desa juga akan pergi ke tempat tertentu sesuai jadwal mereka, sesuai musim hingga sesuai cuaca. 

Ikan Legendary dan Item Rare

Stardew Valley memiliki fitur yang mirip Harvest Moon seperti ikan legendary dan item rare seperti Power Berry yang ada di Harvest Moon.

review stardew valley legendary fish
Source: Youtube.com

Ikan legendary antara 2 game tersebut tentunya berbeda, di Stardew Valley pemain memiliki tantangan ketika bertemu ikan legendary karena memancingnya bukan hanya lempar tangkap seperti Harvest Moon. Pemain harus memainkan mini-game singkat yang menentukan apakah ikan berhasil ditangkap atau akan kabur.

Ada lumayan banyak ikan legendary didalam Stardew Valley, beberapa diantaranya ada yang bisa ditangkap berulang kali dan dijual dengan harga yang sangat mahal.

Masing-masing legendary fish juga mempunyai waktu yang berbeda, contohnya ada yang hanya bisa ditangkap ketika Spring dan cuaca Hujan sebelum jam 10 malam, ada juga yang hanya bisa ditangkap ketika musim Salju pada jam 10 pagi hingga 5 sore saja.

Power Berry juga dihadirkan menjadi Stardrop Fruit yang ketika dimakan akan menambah tenaga (energy) pemain sehingga tidak mudah capek dan bisa melakukan banyak aktivitas

Item end-game yang lumayan susah didapat karena mahal juga ada di Stardew Valley, item ini membutuhkan gold yang banyak serta beberapa bahan untuk mendapatkannya.

Quest Dari Penduduk

Penduduk desa akan memberikan quest seperti mengantar item, membunuh monster, menangkap ikan, dll yang mereka tulis pada papan komunitas ditengah desa.

review stardew valley quest

Pemain bisa melakukan dan menyelesaikan quest tersebut untuk menaikkan hati mereka dan juga mendapatkan gold dari quest tersebut.

Setiap quest sangat unik dan berbeda-beda dari setiap penduduk dan terkadang diberikan waktu 2-3 hari untuk diselesaikan. 

Quest juga bisa diberikan lewat kotak surat didepan rumah didalam kebun pemain, pemain bisa memilih untuk menerima quest atau menolaknya.

Ini memberikan tantangan tersendiri karena terkadang penduduk meminta barang yang sudah lewat masa tumbuhnya atau lewat musim, sehingga mengharuskan pemain setidaknya menyimpan 1-5 setiap item yang dia punya untuk berjaga-jaga.

Goa + Monster dan Weapon 

Didalam Goa Stardew Valley juga terdapat monster yang bisa membunuh pemain apabila darah habis didalamnya. Monster ini memiliki kekuatan dan kesulitan yang berbeda tergantung kedalaman lantai tempat menambang.

review stardew valley monster

Pada Goa lokal yang ada diutara desa, terdapat 120 lantai yang bisa dijelajahi dan setiap 5 lantai akan diberikan lift untuk akses yang lebih mudah, selain itu setiap 10 lantai akan terdapat Reward Room dimana pemain akan menemukan peti harta karun yang berisi item spesial.

Ada juga quest yang mengharuskan pemain membunuh monster tertentu dengan jumlah tertentu yang menjadikan pengalaman menambang berbeda dan tidak bosan karena ada banyak tantangan didalamnya.

Weapon yang ditemukan didalam game Stardew Valley juga ada banyak jenis nya, ada yang cepat namun damage kecil, ada pula yang damage besar namun speed nya lambat. Semua tergantung tipe pemain.

Artifact Untuk Koleksi Museum

Stardew Valley mempunyai museum yang terdapat dipojok kanan desa, museum tersebut kekurangan benda untuk dipajang sehingga pemain bisa membantu mengisi koleksi mereka dengan imbalan tertentu sesuai item yang diberikan.

review stardew valley menu artifact

Artifact adalah sebutan koleksi yang bisa dimasukkan kedalam museum, bisa didapatkan lewat memancing atau menggali cacing ditanah.

Ada banyak pilihan artifact dan sangat susah didapatkan. Pengalaman saya sendiri setelah bermain 2 tahun (waktu game) saya masih belum bisa menyelesaikan koleksi museum (masih kurang 5) karena artifact yang sudah pernah kita temukan masih bisa ditemukan kembali sehingga membuat artifact baru menjadi lebih sulit ditemukan.

Profesi Pada Setiap Skill

Profesi memberikan pemain beberapa kelebihan tertentu pada setiap skill, didalam Stardew Valley ada beberapa skill yang bisa dinaikkan seperti Mining, Fishing, Foraging, Farming, dll.

review stardew valley menu profesi

Setiap level 5 dan level 10 akan diberikan pilihan profesi yang akan menentukan profesi apa yang akan didapat serta efek apa yang diberikan profesi tersebut.

Contohnya pada skill memancing, pada level 5 akan diberikan pilihan Harga Ikan +25% atau Bahan Membuat Perangkap Kepiting Berkurang yang kemudian berpengaruh lagi pada profesi level 10 yang sesuai dengan apa yang dipilih pada level 5. 

Skill juga memberikan efesiensi ketika menggunakan tool tertentu yang menjadikan pemian lebih menghemat tenaga.

Binatang Ternak Yang Banyak

Stardew Valley mempunyai beberapa pilihan ternak yang bisa dibeli dan dipelihara pemain, dibagi menjadi 2 jenis yaitu Barn dan Coop. Coop berisi hewan seperti Ayam, Bebek, Kelinci bahkan Dinosaurus. Sedangkan Barn berisi Sapi, Kambing, Domba, Babi.

review stardew valley hewan ternak

Bisa juga mengupgrade bangunan hewan ternak supaya lebih besar dan bisa menampung lebih banyak hewan didalamnya. Apabila pemain lebih suka memelihara binatang maka bisa membangun rumah ternak sesuka mereka dan di isi hewan favorit pemain.

Ada beberapa binatang yang lumayan langka seperti Void Chicken (Ayam Hitam), Blue Chicken (Ayam Biru) bahkan Dinosaurus.

Hewan ternak bisa diberi makan rumput kering atau dibiarkan keluar untuk memakan rumput liar. Hewan juga memiliki tingkat hati yang mempengaruhi hasil ternak yang diberikan contohnya ayam dengan hati full akan memberikan kualitas telur diatas ayam yang masih hati 1.

Crafting dan Pilihan Tipe Bermain

Stardew Valley mempunyai menu crafting yang memberikan pemain kesempatan membuat item dari bahan tertentu dan mengubah secara keseluruhan cara mereka bermain. Yang saya maksud berubah adalah banyaknya pilihan yang diberikan oleh fitur Crafting ini.

review stardew valley crafting menu

Contohnya seorang perternak ayam biasanya hanya akan menjual hasil telur mereka saja, namun dengan crafting pemain bisa membuat alat pembuat Mayonnaise yang mengubah telur menjadi mayo yang sekaligus menaikkan harga jualnya diatas telur biasa.

Susu sapi dan kambing juga bisa dijadikan Cheese (Keju) dan banyak benda crafting lainnya. Seperti Mengubah buah menjadi Selai, mengubah buah menjadi Wine, mengubah buah menjadi Acar.

Ada juga rumah lebah yang menghasilkan madu, alat pengekstrak syrup dari pohon, ada juga alat menggandakan mineral, furnace untuk mengolah ore, hingga alat pembuat seed dari tumbuhan tertentu.

Pilihannya menjadi sangat banyak ketika pemain sudah membuka menu crafting tertentu. Menjadikan banyak tipe bermain yang bisa digunakan pemain untuk bermain sesuai tipe permainan yang mereka inginkan.

========================================================================

Tahukah kalian bahwa pembuat game ini yaitu si ConcernedApe mendapatkan inspirasi dari game favorit dia seperti Minecraft, Terraria, dll. Sehingga tidak aneh karena banyak fitur dalam Stardew Valley yang mirip dengan game tersebut.

Bagi kalian yang masih belum tahu cara bermain Stardew Valley atau masih bingung maka bisa membuka wiki Stardew Valley Wiki dimana disana kalian bisa membaca secara lengkap item dan semua informasi yang kalian butuhkan.

Dibutuhkan waktu 4 tahun bagi dia untuk menyelesaikan game ini secara sendiri tanpa bantuan tim atau orang lain.

Menurut saya game Stardew Valley adalah game yang sangat langka dan unik sebab selain developer yang sangat passion dengan game dia serta support yang diberikan kepada pemain (bantuan, tanya jawab, dll) menjadikan game ini sangat layak dimainkan bagi yang suka game tipe berkebun dan bisa sosialiasi dengan npc dan tentunya yang suka bermain Harvest Moon dulunya namun tidak lagi karena sudah bosan, maka game ini adalah jawaban kalian.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari review game ini.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Fitur-Fitur Game Stardew Valley Yang Melebihi Harvest Moon"