Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Website dan Pengalaman di TipsPintar.com

Berawal dari jalan-jalan di situs Bagas31.com saya menemukan link dengan judul "Blogger Competition Review, Berhadiah Jutaan Rupiah" karena penasaran saya pun membuka link tersebut, rupanya situs TipsPintar.com lagi mengadakan kompetisi untuk melakukan review diwebsite mereka. Sebelumnya saya sama sekali belum pernah melakukan Review pada website apapun, saya memutuskan untuk mencobanya.

Walaupun tulisan saya mungkin tidak rapi dimata pembaca, saya memutuskankan untuk mengikuti "Blogger Review Competition".

Awal Berkunjung

Sebelum melakukan review pada sebuah situs, tentunya wajib berkunjung terlebih dahulu untuk merasakan seperti apa sih isi didalamnya.

Karena ini merupakan pertama kali nya saya berkunjung disitus ini, maka saya pun belum terlalu mengenal dan terbiasa dengan apa yang dibahas disana. Ini merupakan pertama kali nya saya mendengar mengenai TipsPintar.com

halaman-utama-tipspintarcom-2017
Halaman Utama TipsPintar.com

Sambil membaca peraturan dan syarat kompetisi saya melihat daftar artikel disebelah kanan, bisa saya simpulkan bahwa TipsPintar.com merupakan situs yang membahas Tutorial, Life Hack, game Mobile Legends serta artikel mengenai Komputer.

Jaman sekarang banyak pembaca yang mendapatkan informasi dari internet, terutama dari pengguna HP karena bisa dibawa kemana-mana, apalagi yang haus akan informasi maka pasti selalu mencari situs untuk membaca. TipsPintar.com hadir sebagai solusi.

Ketika membuka salah satu artikel yaitu 20 Tips dan Trik Youtube Yang Belum Kamu Ketahui banyak pembahasan mengenai Youtube sesuai dengan judulnya dan dibahas dengan sangat singkat namun langsung ke tujuan lengkap dengan cara melakukannya. Sehingga bisa menghemat waktu ketika membaca dan mudah di ingat sebab tutorial yang diberikan berbentuk Bullet List atau Numbered List.

Rupanya bukan hanya artikel itu saja, namun masih banyak artikel yang membahas mengenai daftar / list seperti "10 Aplikasi Android Paling..." atau "7 Cara..." yang merupakan artikel favorit saya, karena saya lebih suka membaca artikel yang membahas banyak hal sekaligus dan dilengkapi dengan pembahasan dibawahnya + gambar berupa ScreenShot.

Walaupun banyak artikel Mobile Legends dan saya tidak bermain game tersebut, namun satu-satunya MOBA yang saya mainkan adalah DOTA2 maka saya pun hanya membaca artikel yang berkaitan dengan 2 game tersebut seperti : 7 Hero Mobile Legends Yang COPAS dari DOTA2 kemudian saya pun membaca beberapa artikel lainnya yang berhubungan dengan Sosial Media hingga Windows.

gambar-judul-jelas-tipspintarcom-review
Kumpulan Artikel Dengan Judul dan Gambar Yang Jelas

Akhirnya setelah membaca kurang lebih 30 artikel di TipsPintar.com saya pun mendapatkan berbagai informasi seperti aplikasi yang tidak pernah saya tahu sebelumnya, tutorial (life hack) yang belum pernah saya coba sama sekali, hingga informasi lainnya. Memang sesuai dengan nama website ini yang membahas mengenai Tips untuk membuat "Pintar".

Dan setelah beberapa jam berkeliling didalam situs TipsPintar.com, maka saya merasa sudah menjadi kandidat yang cocok untuk melakukan review dan membahas mengenai apa saja yang dibahas didalamnya termasuk apa yang bisa ditingkatkan hingga pengalaman saya tentunya.

Review Website TipsPintar.com

Review dibagi kedalam beberapa jenis kategori dan merupakan hasil dari pendapat saya sendiri ketika membaca dan berkeliling didalam situs.

Keunggulan 

TipsPintar.com membahas mengenai tips, tutorial serta informasi yang dibahas dalam bentuk unik, tidak lupa artikel yang dibahas berbentuk singkat namun jelas dan tepat sasaran, adapula screenshot yang membahas langkah-langkah apabila artikel tersebut membahas tutorial.

Langkah-Langkah Lengkap Dari Awal Hingga Akhir

Didalam artikel yang membahas Daftar / List juga dilengkapi pembahasan singkat dibawah gambar / screenshot lengkap dari awal hingga akhir. Artikel review juga dilengkapi spesifikasi mengenai barang yang dibahas serta harga.

Review Dilengkapi Harga dan Spesifikasi Produk

Untuk artikel aplikasi, juga mempunyai screenshot, review singkat, hingga link PlayStore untuk mendownload, sehingga mudah untuk didownload dan tidak perlu mencari lagi secara terpisah.

Apabila artikel menjanjikan 10 langkah, maka setelah 10 langkah tersebut selesai diikuti, pengunjung sudah dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Tips yang dibagikan sangat banyak, ada berbagai artikel dengan judul "10 Tips...." dan setiap artikel memiliki tips yang berbeda. Sehingga ketika selesai membaca, pengunjung mendapat berbagai macam pilihan yang dapat dicoba.

puluhan rekomendasi tips dan aplikasi
Puluhan Rekomendasi Aplikasi

Dengan membaca 2 artikel maka sudah mempunyai 20 tips yang dapat dicoba, dan seterusnya.

Didalam artikel mempunyai kata-kata yang di Bold sehingga mudah dibaca dan Link yang berkaitan dengan post / artikel yang dibahas, dan menurut saya sangat membantu apalagi ketika memang lagi ingin mencari informasi terkait sebanyak-banyaknya.

Keunggulan lainnya adalah tips yang diberikan sangat banyak dan artikel mengenai daftar juga banyak, sehingga mudah mencari informasi atau sekedar ingin refreshing dengan membaca artikel.

Ada juga Email Subscription yang bisa berlangganan dengan cukup mudah dan Redaksi dari TipsPintar.com menjamin bahwa mereka tidak akan melakukan SPAM, selain itu dengan melakukan langganan Email pembaca bisa mendapatkan artikel yang baru, seperti berlangganan koran virtual.

TipsPintar.com juga selalu update rutin, karena kebutuhan informasi seperti tips akan terus berkembang dan banyak peminat sehingga harus mencakup banyak bagian agar ketika pengunjung datang bisa menemukan apa yang mereka cari.

Keunikan

Untuk keunikan dari TipsPintar.com yang pertama adalah pembawaan kata-katanya yang menurut saya unik seperti kata "gaes" dan kalimat-kalimat yang membuat pembaca menjadi dekat dengan penulis dan nyaman dalam membaca artikel.

keunikan-kata-kata-tipspintarcom

Judul artikel juga sangat unik dan meyakinkan pembaca dan membuat pembaca menjadi tertarik dengan topik serta ingin membaca lebih / mencari tahu.

Terlebih konten yang disajikan oleh TipsPintar.com adalah seputar teknologi dan gaming, dimana lebih banyak menarik anak-anak hingga remaja, jadi ketika membaca tulisan dalam artikel terasa lebih nyaman.

Banyak pula kategori yang dibahas tidak hanya 1 atau 2 jenis kategori saja melainkan ada banyak jenis dari game hingga kamera juga ada di situs TipsPintar.com beberapa yang menjadi favorit saya adalah kategori Media Sosial, Gadget, dan Android.

Kebetulan saya sendiri adalah pengguna Android, saya menemukan berbagai aplikasi yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya, padahal berguna banget seperti 10 Aplikasi WhatsApp Ganda di Android.

Pilihan Kategori di TipsPintar.com

Tidak lupa artikel Mobile Legends yang sangat banyak dibahas, salah satu game di HP yang lagi booming, bahkan disetiap cafe internet atau tempat nongkrong pasti ada yang bermain Mobile Legends.

bagian mobile legend tipspintar
Kumpulan Artikel Mengenai Mobile Legends

Nah, situs TipsPintar menawarkan berbagai artikel mengenai game tersebut sehingga cocok bagi yang suka bermain game itu untuk mencari informasi dan tentunya tips dalam bermain dan sayang sekali bahwa saya bukanlah pemain Mobile Legends, namun siapa tahu kedepannya saya akan bermain hehe.

Pengunjung juga dapat berkontribusi dengan mengirim artikel, dengan keuntungan seperti:

  • Dipublikasikan dengan nama kita
  • Mempromosikan link sosial media 
  • Masuk daftar penulis tetap TipsPintar.com


Dengan adanya kontribusi dari "orang luar" membuat kita bebas membagikan pengalaman yang kita punyai, misalnya setelah membaca artikel mengenai 10 Tips Cara Root HP Android, maka mungkin ada yang ingin membagikan 10 Keuntungan Root di HP Android, yang nantinya kedua artikel akan saling melengkapi dan tentunya pengunjung akan mendapatkan ilmu lebih mengenai rooting android.

Pengunjung Bisa Mengirim Artikel Untuk Dipublikasikan

Ada juga menu TECH-FUN yang awalnya saya bingung apa fungsinya, setelah mengklik ternyata sesuai namanya, muncul berbagai artikel berbau teknologi, jadi semua artikel mengenai teknologi dari Berita, Informasi, Fakta, Rekomendasi masuk dalam menu ini.

Menu TECH-FUN

Menu TECH-FUN cocok bagi penyuka teknologi karena tidak perlu susah-susah menemukan artikel untuk mendapatkan berbagai macam ilmu dan berita teknologi.

Efektabilitas

Ada beberapa hal yang saya suka dan menurut saya sangat membantu seperti:

  • Gambar yang jelas
  • Tulisan yang mudah dimengerti
  • Tutorial dibawakan singkat, padat, dan jelas


Tipspintar.com mempunyai berbagai penulis yang menurut saya sangat baik karena setiap penulis tentunya mempunyai jenis tulisan dan gaya pembahasan yang berbeda satu sama lainnya, selain itu dengan banyaknya penulis bisa membuat topik yang dibahas kedalam bentuk artikel lebih banyak.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dengan adanya Link untuk artikel yang berkaitan sangat membantu pembaca ketika ingin mengetahui lebih lanjut informasi atau sekedar ingin membaca saja. Karena dengan adanya Link tersebut membuat pembaca mendapatkan informasi yang lebih dan tentunya sangat Efektif.

Artikel Terkait Yang Sangat Membantu
Dengan adanya tombol pencarian juga memudahkan pengunjung mencari artikel / tips yang diinginkan dengan cepat. Sosial Media yang disediakan oleh TipsPintar.com juga membantu pengunjung "berinteraksi" dengan penulis / redaksi baik untuk mencari lebih tahu ataupun sekedar memberikan pertanyaan.

Ada juga bagian mengenai informasi cara menghubungi redaksi TipsPintar.com:

email whatsapp line redaksi tipspintar
Cara Menghubungi Redaksi TipsPintar.com

Mungkin ada pengunjung yang merasa ada yang salah dalam tulisan atau artikel dengan isi yang kurang tepat, wajar saja karena yang nulis juga manusia sehingga mungkin ketika menulis lagi ngantuk. Nah pengunjung bisa langsung menghubungi baik lewat email, whatsapp, atau line secara langsung untuk memberitahu bagian mana yang harus diperbaiki.

Pengalaman Saya di TipsPintar.com

Ketika berkunjung disitus TipsPintar.com membuat saya betah selama beberapa jam didalamnya karena banyaknya artikel yang dibahas dan tidak habis untuk saya baca dalam beberapa jam tersebut. Walaupun ini pertama kalinya saya berkunjung, saya langsung merasa nyaman dengan konten yang diberikan dan terus bertambah artikel yang saya baca karena banyak artikel terkait.

Dan saya lihat bahwa ada iklan didalam situs TipsPintar.com dan penempatan iklan tersebut tidak menggangu ketika membaca artikel namun terkadang ada iklan yang muncul bertingkat dalam bentuk gambar, walau tidak menggangu ketika diakses via Desktop namun pada Mobile bisa sedikit menggangu, perlu diketahui tidak semua halaman seperti itu, dari puluhan artikel yang saya baca hanya 1-2 artikel saja dan mungkin memang masalah dari template situs.

Setelah mengakses via Desktop saya pun membuka TipsPintar.com dari hp saya, dan saya terkejut karena tampilannya sangat nyaman digunakan karena sudah tampilan Mobile. Semua gambar dan judul artikel sangat jelas dan tidak sulit untuk dibaca, artikel dibawakan dengan rapi sehingga nyaman ketika dibaca.

Tampilan Mobile Sangat Responsif di TipsPintar.com

Saya juga bisa menemukan logo sosial media TipsPintar.com dan tombol pencarian yang bisa digunakan untuk mencari artikel / topik. Serta informasi mengenai apa itu TipsPintar.com dan pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) dari menu disebelah kiri situs.

Loading situs TipsPintar.com juga tidak berat, awalnya saya kira karena banyak gambar dan ukuran yang besar serta iklan yang ada bisa memperlambat loading namun ternyata tidak. Website TipsPintar.com bisa saya akses dengan waktu yang hampir sama dengan website umumnya. Hanya saja ukuran gambar memakan banyak kuota untuk diload #penggunakuota bagi yang menggunakan WiFi saya rasa tidak akan menjadi masalah.

Saran dan Masukan

Menurut saya gambar yang ada pada awal setiap post terlalu besar dan memakan tempat sehingga mungkin bisa dikecilkan sehingga menghemat tempat serta ukuran untuk meng-load gambar. Namun pada tampilan Mobile tidak menggangu, hanya Desktop saja.

Gambar yang besar akan membuat loading menjadi lebih lama dan memakan kuota lebih, tapi ketika berkunjung dari HP, gambar tidak bermasalah karena ukuran sudah mengecil.

Gambar yang saya maksud adalah :

Gambar Bawah Judul Terlalu Besar

Kemudian setelah melakukan penulusuran lebih jauh saya temukan bahwa pengunjung situs TipsPintar.com berasal dari situs lainnya yang memberikan link (Direct) dan pengunjung organik (Google Search contohnya) masih sedikit sehingga diperlukan Optimasi atau pengenalan lebih jauh kepada masyarakat, dan tidak lupa pula peningkatan SEO yang harus dilakukan.

Saya ambil contoh keyword Mobile Legends, karena banyak artikel mengenai game ini di situs TipsPintar. Saya mencari di google dengan keyword : "Tips Bermain Mobile Legends" dan hasil yang muncul dihalaman pertama adalah (TipsPintar.com tidak ada):

Hasil Pencarian Tips Bermain Mobile Legends (April 2018)

Sebab situs di Indonesia sekarang semakin banyak dan banyaknya "saingan" membuat situs yang "belum terkenal" semakin tenggelam, salah satunya adalah situs yang membahas tentang teknologi dan games, untuk itu harus ada upaya yang dilakukan oleh penulis-penulis / moderator situs TipsPintar.com agar tidak mengikuti arus yang tenggelam.

Tapi kalau memang pengunjung berasal dari Fanspage, atau Email Subscription saya rasa tidak masalah mau SEO tinggi atau tidak karena tetap akan mendapatkan pengunjung.

Hanya saja apabila bisa mendapatkan pengunjung Organik Google maka saya rasa TipsPintar.com akan mendapatkan pengunjung lebih banyak. Karena semakin banyak pengunjung maka bisa menjadi lebih "terkenal".

Penutup

Itulah review singkat saya untuk situs TipsPintar.com, semuanya merupakan pendapat saya sendiri dan pengalaman saya ketika berkunjung serta menjelajahi situs TipsPintar.com selama 5 hari sambil menulis artikel ini.

Walaupun merupakan artikel review pertama saya, saya cukup menikmati proses yang dilewati dan semoga bisa membantu bagi kalian yang ingin mencari tahu atau baru mengenal situs TipsPintar.com

Terima Kasih bagi TipsPintar.com yang sudah mengadakan event Blog Review Competition ini sehingga blogger-blogger di Indonesia (seperti saya) bisa mendapatkan pengalaman melakukan review pada sebuah situs.

Artikel Berhasil di Submit @anvinusblog

Dan semoga apa yang saya tulis bisa membantu penulis, redaksi, dan semua orang yang membangun situs TipsPintar.com agar kedepannya menjadi lebih baik dan semakin sukses.

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Review Website dan Pengalaman di TipsPintar.com "