Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Map di Minecraft PE (Android)

Cara Memasang Map di Minecraft PE (Android) - Apabila kalian pernah mendownload map dan mendapatkan banyak jenis ekstensi seperti .mcworld atau .mcpack maka berarti file yang kalian download merupakan Map atau Addon untuk Minecraft PE. Hanya saja masih banyak yang belum tahu bagaimana cara memasang atau menginstal map yang sudah didownload.

cara-memasang-map-di-minecraft-pe-android
Map Storage Room di Minecraft

Cara memasang map kali ini dikhususkan bagi Minecraft PE di Android, untuk versi lain nya kurang lebih hampir mirip namun berbeda langkah instalasinya. Di Android saya menyarankan 2 File Manager yang bisa kalian gunakan (ASTRO File Manager dan ES File Explorer) agar mempermudah instalasi, karena File Manager bawaan terkadang tidak bekerja dan fitur kurang.

Langkah-langkah dibawah mungkin terlihat rumit atau sulit namun sebenarnya sama sekali tidak, paling lama hanya memakan waktu 1-2 menit saja. Kecuali file yang kalian download Corrupt alias rusak. Jadi baca pelan-pelan dan install dengan santai jangan terburu-buru.

Berikut langkah-langkah memasang / install map di MCPE Android :

Map pada Minecraft PE terdiri dari 2 jenis: .mcworld dan zip / rar, tinggal ikuti saja langkah dibawah untuk masing-masing jenis.

File .MCWorld

Apabila kalian mendownload sebuah file berekstensi .MCWorld, maka bisa dibuka dengan ES File Explorer (Download terlebih dahulu apabila belum punya).

Kemudian pergi ke folder Downloads didalam HP kalian, biasanya ada didalam Memori Internal namun apabila kalian tidak menemukan disana, bisa dicek didalam folder Downloads didalam Memori Eksternal.

Cari .MCWorld tadi kemudian klik untuk membukanya, maka otomatis akan di Instal oleh Minecraft PE kemudian akan terbuka dengan sendirinya dan bisa dilihat didalam daftar world kalian. Selesai.

Catatan : Apabila cara diatas tidak berhasil, maka silahkan gunakan ES File Explorer tadi kemudian rename (ubah nama) file .MCWorld tadi menjadi akhiran .ZIP atau .RAR.

*Contoh : Skyblock.MCWorld diubah menjadi Skyblock.ZIP atau Skyblock.RAR. Kemudian ikut cara dibawah untuk instalasi kedua jenis file tersebut.

File .ZIP atau .RAR

Apabila file map yang kalian download berakhiran ekstensi .ZIP atau .RAR maka ikuti cara dibawah ini (termasuk yang .MCWorld direname) :
  1. Untuk menginstal Map kalian membutuhkan ASTRO File Manager atau ES File Explorer download salah satu file manager dan install di Android kalian.
  2. Gunakan file manager yang sudah di instal dan cari file .ZIP atau .RAR di HP kalian.
  3. Copy folder didalam nya (extract) dan paste ke /storage/emulated/0/games/com.mojang/minecraftWorlds/(disini) dan tunggu hingga selesai dipindahkan.
  4. Biasanya folder games ada di memori internal apabila tidak ada maka bisa dibuat sendiri, dan nantinya didalam folder minecraftWorlds hanya berisi map yang kalian extract.
  5. Tutup File Manager dan buka Minecraft Pocket Edition di Android
  6. Maka map / world akan terinstal didalam daftar World kalian, biasanya pada urutan terbawah.

Itulah 2 cara memasang / menginstal map di minecraft pe android, cukup gampang bukan? pastikan mengikuti setiap langkah dengan benar dan jangan terburu-buru. Karena dengan cara diatas maka banyak map-map keren yang bisa kalian gunakan untuk bermain baik sendiri maupun bersama teman.
Baca Juga :

Sekian dulu post kali ini mengenai cara memasang / instal map di minecraft pe android, Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

2 comments for "Cara Memasang Map di Minecraft PE (Android)"