Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Google Chrome Browser Paling Populer di Dunia ?

Pengguna internet baik dari Smartphone maupun Komputer / Laptop sudah pasti tidak asing dengan yang namanya Browser, dan saat ini ada berbagai browser tersedia untuk pengguna internet dari manapun, dan browser baru semakin bermunculan. Namun ada "pemain" lama dari pasar Browser internet yang sudah ada sejak tahun 2008 yaitu Chrome, browser buatan Google.

chrome logo

Rilis pada tahun 2008 merupakan tahun yang kala itu pengguna internet sudah mulai berkembang dan hp serta komputer canggih bermunculan walaupun belum banyak, sehingga tuntutan untuk menggunakan internet berkembang pesat dan tentunya harus ada sebuah alat browser yang bisa membantu mempermudah kegiatan akses internet manusia.

Selain itu banyak bermunculan ancaman dari internet seperti pencurian data, tentunya bisa merugikan banyak orang apalagi semakin lama semakin banyak pengguna internet, Chrome muncul sebagai jawaban ketakutan tersebut karena Google memasukkan konsep Simpel Aman Cepat kedalam browser buatan mereka ini.
Baca Juga :
Rilis pada tahun 2008 tidak membuat Chrome menjadi browser paling populer didunia, pada saat itu browser yang digunakan oleh orang-orang adalah Internet Explorer, browser bawaan dan ciptaan dari Microsoft. Karena majoritas pengguna Sistem Operasi adalah Windows sehingga tidak heran Internet Explorer menjadi nomor satu.

Namun Chrome perlahan mulai mengejar ketinggalannya dengan memberikan inovasi serta fitur yang menjanjikan dibanding Internet Explorer pada saat itu, tidak hanya Internet Explorer, saingan berat juga termasuk Firefox, browser dari Mozilla yang saat itu mendominasi pengguna internet.

Hingga akhirnya Chrome berhasil menduduki posisi Nomor 1 browser paling banyak dipakai didunia menggeser Internet Explorer ke posisi 2 kemudian Firefox diposisi 3.

Inilah beberapa fitur yang menurut saya kenapa Chrome menjadi browser paling populer :
  • Tampilan Simpel

Chrome menawarkan tampilan yang sangat simpel dan mudah digunakan sehingga tidak ribet / kesulitan ketika menggunakan browser Chrome ini, saat dibuka pengguna bisa langsung mengakses internet dari kolom pencarian (Omnibox) dengan mudah.

Kemudian dibagian Setting / Pengaturan juga sangat mudah digunakan sebab semua pengaturan sudah dibagi berdasarkan kategori.

  • Keamanan Pengguna
Chrome menawarkan keamanan bagi penggunanya dengan berbagai cara, salah satunya yang sangat berguna adalah Malware Protection dimana Chrome bisa mendeteksi situs berbahaya dan mencegah pengguna memasuki / mengakses situs tersebut.

Sehingga keamanan pengguna ketika berada di Internet sangat terlindungi, privasi juga menjadi salah satu ancaman ketika mengakses internet, namun Chrome memberikan pilihan untuk mengatur privasi apa saja yang ingin dikirim kepada situs yang diakses.

  • Didukung dan Mendukung Banyak Situs
Ada beberapa situs internet yang hanya bisa diakses oleh browser-browser tertentu agar bisa tampil dengan maksimal, sehingga syarat tersebut kadang hanya bisa diakses oleh browser yang lengkap. Chrome adalah salah satunya, karena hampir semua situs, mayoritas bisa dibuka oleh Chrome tanpa masalah.

Chrome menggunakan engine / mesin Chromium yang merupakan engine dari beberapa browser lainnya, Chromium mempunyai fitur yang sangat lengkap. Banyak pula situs yang menyarankan menggunakan Chrome ketika mengakses situs mereka agar nyaman diakses.

  • Sinkronisasi Antar Platform
Dengan login akun Google ketika menggunakan Chrome, pengguna bisa menyimpan data selama browsing kemudian ketika berpindah ke alat lain seperti Smartphone, maka pengguna bisa melanjutkan aktivitas internet tanpa mengulang dari awal.

Dan begitu pula sebaliknya, apabila pengguna mengakses Chrome dari Android mereka maka bisa melakukan sync / sinkron pada Chrome di komputer sehingga bisa dilanjutkan.

  • Tersedia Dimana-mana
Chrome sudah diport kedalam berbagai sistem operasi, termasuk Mac OS X, Linux dan Android. Sehingga pengguna yang menggunakan salah satu sistem operasi tersebut cenderung menggunakan 1 browser dibanding beberapa browser dengan alasan kemudahan. Chrome pada Android membawa fitur yang sangat berguna yaitu Data Saver dimana pengguna bisa menghemat data ketika mengakses internet.

Port yang banyak membuat pengguna memiliki berbagai pilihan untuk menggunakan Chrome sebagai browser sehari-hari mereka.

Dibawah ini ada beberapa data statistik pengguna browser di dunia tahun 2017 :

browser market share 2017
Browser Marketshare 2017 (Desktop dan Mobile)
Bisa dilihat pada statistik diatas bahwa Chrome memiliki 55% dari jumlah pengguna internet didunia berdasarkan browser sangat jauh dibanding saingan lainnya yaitu Safari, UC Browser, Firefox, Opera dan IE. Gambar diatas merupakan statistik dari pengguna Desktop dan Mobile digabungkan.

browser market share mobile
Browser Marketshare 2017 (Mobile)
Sedangkan dalam pasar pengguna Mobile alias HP alias Smartphone didunia, Chrome juga menduduki posisi nomor 1 dengan 51% melewati browser Smartphone lainnya. Chrome pada Android juga menawarkan fitur yang hampir sama dengan Chrome pada komputer.

browser marketshare indonesia
Browser Marketshare 2017 Indonesia (Desktop dan Mobile)
Pada negara Indonesia sendiri Chrome juga menduduki nomor 1 dari pengguna Desktop dan Mobile disusul oleh UC Browser dan Opera. Banyak nya pengguna Android di Indonesia membuat Chrome menjadi browser paling populer sebab banyak terinstal secara bawaan dari Smartphone Android.

Saya sendiri jarang menggunakan Chrome sebab browser ini dikenal sebagai pemakan memori (RAM) paling besar diantara browser lainnya, namun semenjak beberapa update terakhir terlihat bahwa Google ingin menyingkirkan isu tersebut.

Baca Juga : Browser paling ringan dan hemat di komputer

Chrome sangat cocok digunakan bagi pengguna internet yang sekedar ingin mengakses internet dan melindungi keamanan tanpa perlu repot-repot mengatur lagi, tinggal buka dan jalankan. Sehingga tidak heran bahwa Chrome berhasil menjadi nomor 1 berdasarkan pilihan pengguna dan fitur yang ditawarkan.

Sekian dulu post kali ini mengenai Google Chrome, browser paling populer di dunia.

Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Kenapa Google Chrome Browser Paling Populer di Dunia ?"