Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rahasia dan Kelebihan Wordpress Menjadi CMS Terbaik

Bagi yang suka menulis rata-rata menyalurkan hobi nya dengan membuat blog, baik itu blog tentang membahas suatu niche ataupun membahas pengalaman sendiri (Personal Blog). Tapi dari berbagai blog atau website yang ada di dunia, hampir 29% menggunakan wordpress. Itu berarti 1 dari 4 website yang kita kunjungi, adalah menggunakan wordpress sebagai content management systemnya (CMS).

kelebihan wordpress dibandingkan blogger

Untuk yang ngeblog, khususnya di Indonesia umumnya menggunakan Blogger dan Wordpress. Kemudian dibagi lagi dengan versi gratisan dan yang berbayar. Yang suka gratisan biasanya menggunakan Blogger, kalaupun keluar modal palingan hanya membeli custom domain saja, selebihnya hosting masih menggunakan blogger.

Kalau wordpress memang memberikan versi gratisan yaitu (Wordpress.com) dan yang berbayar di Wordpress.org(Selfhosted) dimana yang gratisan mirip dengan Blogger namun tidak bisa memasang iklan, sebaliknya di Wordpress.org kita menggunakan Custom domain sendiri dan menggunakan hosting sendiri, jadi kita punya hak penuh website tersebut.

6 kelebihan wordpress vs blogger cms terbaik
Marketshare CMS 2018

Bisa dilihat dari gambar market-share mengenai CMS paling populer diatas, Wordpress naik menjadi 60% pada tahun 2018, sedangkan Blogger turun menjadi 1.9% di tahun 2018. Perbedaan yang sangat jauh untuk sebuah produk perusahaan besar seperti Google.

Karena saya menggunakan Blogger maka saya akan membandingkan apa saja keunggulan Wordpress dibandingkan Blogger, dan kenapa saya masih menggunakan Blogger sebagai CMS blog saya. Perlu di ingat bahwa opini dibawah merupakan pendapat saya pribadi dan memang kenyataannya seperti itu.

Kelebihan Wordpress diBanding Blogger

Rata-rata website besar dari perusahaan maupun blog pribadi menggunakan selfhosted (Wordpress.org), bukan Wordpress.com. Menurut saya itulah yang membuat kenapa Wordpress lebih unggul dibandingkan Blogger. Pembahasan lebih lengkap nya simak dibawah ini:

Kepemilikan Website (Hak Akses)

Wordpress: Dengan menggunakan Wordpress.org (Selfhosted) maka kita mempunyai hak akses penuh atas konten dan isi website penuh, tidak ada yang melarang tentang apa yang boleh dan tidak boleh di post didalam sana. Tidak ada yang menghapus seluruh isi blog apabila melanggar ketentuan tertentu. Walapun pada versi wordpress.com, mirip dengan blogger yaitu tidak memiliki hak akses penuh. Namun pada umumnya seorang blogger yang serius atau perusahaan besar pasti menggunakan Wordpress.org sebagai pondasi website mereka.

Blogger: Blogger merupakan CMS milik Google. Berbeda dengan Wordpress, Blogger mempunyai ketentuan dan peraturan tertentu mengenai isi blog kita, apabila ketahuan melanggar, maka Google tidak segan-segan menghapus seluruh isi blog tanpa sisa. Hal ini terjadi karena semua file kita menumpang dengan hosting Blogger, walaupun menggunakan Custom Domain, hosting tetap menggunakan Blogger. Sehingga kita tidak mempunyai hak akses penuh terhadap blog yang kita bangun.

Fitur-Fitur (Kontrol)

Wordpress: Plugin merupakan fitur yang sangat membantu dalam mengolah blog, dan sangat mudah mencari plugin sesuai apa yang kita inginkan, contohnya adalah untuk SEO, di wordpress ada plugin YoastSEO yang membantu post kita agar bisa SEO Friendly dan memberikan bantuan apa saja yang harus diubah atau ditambahkan agar SEO nya pas.

Ada ribuan plugin yang bisa kalian gunakan atau custom sesuai kebutuhan website. Sangat membantu website untuk bisnis dan blog personal.

Didalam Wordpress juga terdapat pengeditan HTML yang sangat mudah, pengguna bisa dengan mudah mencari kategori atau ingin mengubah bagian tertentu tanpa merusak HTML yang ada (Fatal). 

Blogger: Didalam blogger tidak ada plugin seperti di wordpress, juga tidak ada fitur khusus yang memberikan efek "wah" dibandingkan dengan wordpress. Pengeditan HTML juga sangat basic, sehingga sangat mudah terjadi kesalahan apabila menghapus bagian secara tidak sengaja.

Pada CMS blogger lebih sederhana dan umumnya digunakan blogger yang hanya blogging sebagai hobi saja. 

Tampilan (Theme)

Wordpress: Mempunyai ribuan theme dari yang berbayar hingga gratis. Untuk yang berbayar membuat website menjadi terlihat professional dan menarik perhatian. Theme pada Wordpress umumnya terlihat Flexible dan "Bebas" artinya tidak terlihat monoton dibandingkan Blogger, sulit menemukan situs Wordpress yang menggunakan theme sama satu sama lainnya.

Blogger: Tersedia Template untuk mengubah theme situs, namun 1 template dengan yang lain hampir mirip, karena memang tidak bisa di custom lebih jauh seperti di Wordpress. Umumnya tema pada Blogger terlihat lebih kotak dan tersusun, sehingga situs-situs menggunakan blogger pasti bisa terlihat ketika dibandingkan satu sama lainnya, hal ini membuat kebebasan dalam mengubah tampilan menjadi terbatas.

Memindahkan Isi Website

Wordpress: Ketika memindahkan website baik itu hosting, domain, maka tidak perlu khawatir kehilangan SEO, pengunjung, dan lain-lain. Sebab banyak hosting yang mendukung Wordpress dan bisa melakukan proses pemindahan sangat cepat dan mudah (1 kali Click untuk Setup). 

Blogger: Blogger memang memberikan fitur memindahkan isi website dengan Export dan Import, namun semua data kita dari postingan dan SEO dan yang lainnya masih tersimpan didalam hostingan server Google. Sehingga kemungkinan terjadi penurunan trafik sangat mungkin terjadi.

Hosting pada umumnya juga tidak menawarkan blogger setup yang mudah dan cepat, berbeda dengan Wordpress. Apalagi ingin memindahkan Blogger ke Wordpress, susahnya bukan main belum lagi perlu menunggu cukup lama agar bisa terhubung, dan pastinya penurunan trafik hingga SEO pasti terjadi.

Support

Wordpress: Mempunyai forum dan komunitas yang siap membantu apabila website kita terkena masalah, ada juga perusahaan yang menawarkan service premium untuk mengatasi masalah pada website Wordpress. Biasanya perusahaan besar akan menggunakan jasa ini karena mudah dan cepat.

Blogger: Blogger juga mempunyai forum di Google yang bisa membahas mengenai masalah yang terjadi, namun terkadang komunitas ada yang tidak bisa membantu masalah tertentu. Semuanya sangat terbatas ketika ingin mencari bantuan mengenai blogger.

Masa Depan 

Wordpress: Tentu saja masa depan wordpress lebih cerah dan lebih terjamin, selain banyak website yang dibangun menggunakan wordpress, banyak update dan fitur tambahan yang terus diluncurkan untuk membantu pengguna. Dari update plugin, update wordpress, hingga perubahan fitur didalamnya sangat rutin dilakukan.

Blogger: Sudah sangat jarang menemukan update yang diluncurkan oleh Google untuk  Blogger mereka, dari tahun ke tahun tidak ada perubahan signifikan dari segi dalam maupun luar. Terlihat juga dari aplikasi mobile (portable) yang tidak pernah diupdate lagi, sedangkan wordpress terus mengupdate aplikasi mereka.

Hal ini bisa terlihat bahwa Google walaupun perusahaan besar, masih tidak "niat" dalam mengolah CMS yang mereka beli ini.

Alasan Anvinus Menggunakan Blogger

Saya menggunakan blogger memang karena dari awalnya ingin coba-coba saja, kemudian alasan lainnya adalah saya menyukai hal yang berbau gratisan. Kemudian saya juga menggunakan AdSense sebagai media pemasangan iklan yang saya dapatkan pada bulan Oktober 2017. 

Sejauh ini saya memang mempunyai rencana untuk pindah ke Wordpress (Blog baru), namun masih tertunda karena belum menemukan hosting yang tepat serta biaya masih menjadi pertimbangan, namun untuk Blogger sendiri saya cukup puas karena walaupun gratisan, blog saya bisa bersaing dengan situs Wordpress serta yang sudah mempunyai Custom Domain TLD.

Saran Untuk Yang Ingin Membuat Website

Bagi yang ingin membuat website baru atau masih mencari CMS terbaik untuk mengolah websitenya, dan yang paling penting ada modal untuk membangun website maka saya sangat menyarankan menggunakan Wordpress. Walaupun mengeluarkan uang untuk sewa hosting dan domain, namun semuanya sangat Worth dibandingkan menggunakan versi gratisan yang bisa hilang kapan saja.

Apalagi yang serius membangun website, maka semua pengeluaran bisa kembali pada akhirnya dari pemasukan iklan yang didapat dari website yang kalian bangun.
Namun apabila memang ingin mencoba terlebih dahulu atau tidak ada modal, maka Blogger merupakan platform CMS yang tepat untuk menjadi awal membangun website.

Kesimpulan Wordpress vs Blogger

Semuanya kembali lagi pada kebutuhan masing-masing, ada yang serius ada yang sekedar hobi saja. Namun dari berbagai fakta dan masa depan, bisa terlihat bahwa menggunakan Wordpress lebih baik walaupun hanya versi gratis (wordpress.com) saja. 

Ada juga yang bilang bahwa menggunakan blogger akan lebih SEO atau ranking lebih tinggi sebab Google ada pemiliknya, menurut saya hal itu hanyalah mitos belaka karena faktanya banyak website yang urutan 1 atau page one, jauh lebih banyak dari Blogger.

Sekian post kali ini mengenai 6 rahasia dan kelebihan wordpress yang menjadi CMS terbaik.

Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.


3 comments for "6 Rahasia dan Kelebihan Wordpress Menjadi CMS Terbaik"