Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Fakta Crafting Table di Minecraft

Bagi yang pernah bermain Minecraft pastinya Crafting Table bukanlah nama block yang asing lagi karena tanpa ada meja ini, pemain tidak bisa membuat (craft) item dengan bahan yang dimiliki. Saking pentingnya, bisa dianggap merupakan kunci dari game Minecraft ini khususnya yang bermain Survival Mode.

crafting table di minecraft
Image Source: Minecraft

Tapi tahukah kalian bahwa ada sejarah dibalik meja crafting ini? crafting table tidak muncul begitu saja kedalam game, Notch sebagai pembuat game Minecraft adalah orang yang mempunyai ide untuk memasukkan crafting table kedalam game dan dijadikan sebagai fitur penting.

Crafting Table Pertama

Meskipun nama Minecraft mempunyai "Craft", faktanya meja crafting tidak langsung dimasukkan kedalam versi pertama Minecraft. Dibutuhkan 258 hari sebelum meja ini ditambahkan kedalam game.

Versi pertama yang mempunyai crafting table adalah versi 0.31 yang dirilis pada 29 Januari 2010 awalnya dikira sebagai meja kerja biasa. Namun akhirnya semua pemain mulai terbiasa menggunakannya sebagai satu-satunya meja atau alat untuk crafting.

Tidak Ada Resep Crafting

Yang sudah bermain Minecraft dari versi lama pasti sudah terbiasa dengan crafting table tanpa resep satu pun, sehingga mengharuskan kita mencari tahu sendiri apa saja bahan untuk membuat suatu item (atau melihat dari wiki internet).

Dibutuhkan waktu cukup lama (bertahun-tahun) hingga akhirnya crafting table dengan resep muncul pada versi 1.12 Minecraft PC Java. Fitur ini mempermudah Minecrafter ketika ingin membuat crafting atau pemain baru yang tidak tahu resep apapun.

Tapi bagi pemain lama pasti tidak butuh lagi fitur ini karena sudah hapal secara penuh.

Resep Paling Di Ingat Minecrafter

Uniknya dari semua resep crafting yang ada di Minecraft, ada 1 saja yang paling di ingat Minecrafter yaitu resep membuat crafting table. Iya, resep yang sangat simple dengan membuat 4 kotak kayu sehingga menjadi sebuah meja.

sejarah dan fakta crafting table minecraft
Resep Crafting Table

Ini adalah resep yang paling di ingat dan di hapal oleh pemain, khususnya yang sudah bermain sejak versi lama. Tidak aneh karena tanpa crafting table hampir tidak mungkin menikmati Minecraft tanpa item.

Bisa Dijadikan Bahan Bakar

Tahukah kalian bahwa ketika ingin memasak tapi tidak ada arang (Coal), kita bisa menggunakan Crafting Table sebagai bahan bakarnya, cukup masukkan kedalam Furnace maka siap membakar makanan atau mineral yang ingin dilelehkan.

1 Block Crafting Table bisa membakar sekitar 1.5 Item. Walaupun tidak cukup efektif menurut saya. Karena Coal lebih tahan lama, tapi apabila memang sudah sangat mendesak, maka Crafting Table bisa dijadikan pilihan yang cepat.

Sejarah Nama "Craft"

Nama Craft diambil oleh developer Minecraft yang berasal dari bahasa Inggris lama "cræft" yang berarti Kekuatan dan Kesempurnaan. Yang membuat namanya kurang lebih berarti sesuatu yang kuat. Pada bahasa Swedia, "kraft" berarti Power yang juga berarti kekuatan.

Memang sesuai dengan namanya karena meja crafting memang sangat lengkap dan juga kuat seperti meja kerja di dunia nyata.

Crafting Table Di Dunia Nyata

Meja Crafting pada dunia nyata sudah ada sejak lama sekali, sekitar ribuan tahun lamanya. Awalnya diperkirakan digunakan oleh Mesir Kuno yang digunakan untuk memotong batu dan membuat desain bangunan lainnya.

Tidak hanya mesir kuno, namun pada bangsa Romania juga menggunakan crafting table untuk membuat bangunan dan memotong benda keras lainnya.

Baca Juga:

Sekian post kali ini mengenai sejarah dan fakta crafting table pada game minecraft. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Sejarah dan Fakta Crafting Table di Minecraft"