Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Phantom: Monster Malam Peneror Langit Minecraft

Bagi yang sudah mengikuti beberapa update sebelumnya yaitu ketika masih hangat-hangatnya membicarakan Minecon, para pemain dan developer saling memberi masukan mengenai mob terbaru apa yang akan ditambahkan kedalam Minecraft.

Apabila kalian sudah lupa, mungkin wajar saja karena Minecon 2017 sudah beberapa bulan yang lalu selesai, apabila kalian ingin mengingat kembali, bisa membaca artikel saya mengenal mob b di minecraft bisa dilihat ketika itu belum ada nama resmi untuk mereka.

monster terbaru langit minecraft

Tidak lama setelah Minecon, mob terbaru tersebut pun terpilih dari hasil voting di Twitter yang ketika itu saya kebetulan juga ikut voting.

Ketika itu ada 4 mob, yaitu Mob A, Mob B, Mob C dan Mob D. Diantara ketiganya hanya ada 1 pemenang dan akan ditambahkan kedalam game, 3 yang kalah maka tidak akan pernah ditambahkan lagi kedalam game. Cukup sulit tentunya menentukan mana yang layak masuk.

voting mob b minecraft

Singkat cerita, Mob B menang dari hasil voting yang dilakukan setelah melawan Mob C dengan berbeda sangat sedikit suara antara keduanya. Ketika itu saya memilih Mob C

Mob B juga dijuluki sebagai Monster of the Night Sky dan Phantom. Yang sesuai namanya mereka adalah peneror langit di Minecraft. Yang selama ini kita tahu bahwa tidak ada mob yang bisa mengancam nyawa yang datang dari langit.

Tempat dan Penyebab Munculnya Phantom

Mob B atau Phantom hanya muncul ketika malam hari atau ketika ada hujan badai. Mereka akan muncul diatas pemain. Dan cara menemukan phantom memang cukup mudah dan sekaligus sulit karena harus melakukan beberapa syarat terlebih dahulu.
mob terbaru minecraft
Phantom Terbang di Malam Hari

Mereka muncul jauh diatas pemain yang belum tidur selama 3 hari. Phantom akan lebih sering muncul setiap pemain semakin jarang tidur. Jadi kalian harus tetap menggunakan bed setiap malam untuk menghindari serangan Phantom.

Phantom akan muncul sekitar 30-40 block diatas pemain, misalnya kalian berada di lapangan luas, maka akan ada kemungkinan munculnya mob ini diatas kepala kalian. Namun kemunculan mereka mempunyai chance yang random, jadi hanya yang kurang beruntung saja akan menemukan mereka.

Drops Ketika Phantom Mati

Mob ini akan menjatuhkan 0-1 Phantom Membrane ketika dibunuh oleh pemain, angka ini bisa dinaikkan apabila kalian menggunakan senjata dengan enchantment Looting, seperti di Sword.

Phantom Membrane adalah salah satu bahan untuk membuat potion. 

Kebiasaan dan Sifat Phantom

Phantom akan terbang melingkar ketika sedang diam, mereka akan meninggalkan jejak berupa asap abu-abu ketika terbang. 

Mereka akan mendeteksi lokasi pemain, dan mencoba menyerang dengan terbang langsung ke target, apabila terkena pukulan, mereka akan terbang kembali ke posisi semula.

mob terbang di minecraft
Sekumpulan Phantom Ketika Terbang

Terkadang mereka terbang diatas air dan akan terbang turun kedalam air, mengakibatkan mereka tenggelam.

Mirip Zombie dan Skeleton, mob Phantom ini juga akan terbakar dibawah sinar matahari. Jadi ketika siang hari kita tidak perlu takut akan serangan mob menakutkan ini.

Tips Menghindari Phantom 

Seperti yang saya sebutkan diatas, Phantom hanya akan menyerang pemain yang tidak tidur selama 3 hari atau lebih, semakin kalian tidak tidur misalnya 1 bulan, maka akan semakin tinggi kesempatan kalian membuat Phantom spawn.

Untuk itu, menghindari mereka cukup simpel, yaitu dengan Tidur.

menghindari mob phantom minecraft

Buat sebuah bed, yang mungkin jarang kalian gunakan selama survival, ubah kebiasaan tersebut dengan tidur setiap malam atau jangan lebih dari 3 hari tidak tidur.

Dengan begitu kalian akan menghindari bertemu mob ini.

Tips Melawan Phantom

Apabila kalian memang kurang beruntung dan bertemu salah satu mob ini, maka ada beberapa pilihan yang bisa kalian lakukan.

Yang pertama kalian bisa memilih untuk melawan mereka apabila mempunyai armor dan weapon yang sudah cukup kuat, apabila tidak mempunyai armor atau weapon sebaiknya kalian menghindar saja karena serangan mereka cukup kuat.

Yang kedua adalah kalian bisa bersembunyi ditempat yang tertutup, mob ini mirip dengan Ender Man. Apabila kalian tidak tahu, kita bisa menghindari Ender Man dengan membuat block diatas kepala kita, karena mereka terlalu tinggi (4 block) sedangkan kita hanya 2 block maka mereka tidak bisa menyerang kita.

Nah dengan Phantom, apabila kalian bertemu mereka dilapangan luas atau tempat terbuka, secepat mungkin cari goa atau tempat tertutup yang tidak bisa mereka masuki.

Kemudian tunggu hingga pagi dan matahari terbit sehingga mereka akan terbakar.

Kesimpulan

Mob B alias Phantom ini memang sangatlah unik dan memang sudah ditakdirkan untuk menang sebab dari dulu tidak ada mob yang ada dilangit selain Kelelawar, itu juga hanya dalam goa saja.

Untuk itu dengan ditambahkannya mob ini, bisa mengisi kekosongan langit Minecraft sekaligus membuat pemain harus ekstra waspada ketika berpetualangan di malam hari serta harus tetap menjaga tidurnya agar tidak bertemu mob mengerikan ini.

Selain itu, tidak hanya langit saja yang mendapat mob baru, namun dengan Update Aquatic yang baru saja dirilis oleh developer, lautan minecraft juga mendapatkan penambahan monster seperti Drowned.


Sekian post kali ini mengenai Mob B alias Phantom di Minecraft, semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, terima kasih.

Post a Comment for "Mengenal Phantom: Monster Malam Peneror Langit Minecraft"