Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Minecraft Super Duper Pack DIBATALKAN

Kabar buruk datang dari developer Minecraft mengenai pack yang sudah lama mereka janjikan dan ditunggu oleh banyak orang selama hampir 2 tahun. Yaitu diberhentikannya pengembangan Super Duper pack.

Super Duper Pack
merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh fans Minecraft, diumumkan pada tahun 2017 tepatnya pada saat E3 tahun itu, pack ini dijanjikan akan merubah secara total tampilan Minecraft yang dikenal sebelumnya, lebih tepatnya lagi seperti ditambah shader namun lebih detail.

Berikut adalah artikel yang saya buat mengenai pack ini: minecraft mendapatkan update super duper pack

minecraft super duper pack


Perbedaan antara shader yang sudah ada dengan pack ini adalah "shader" ini dibuat khusus dari pengembang Minecraft sendiri, sehingga seharusnya akan lebih baik performa dan tampilannya dibandingkan buatan orang lain.

Banyak orang memprediksikan bahwa Super Duper Pack akan dirilis pada MINECON tahun 2018, namun ternyata diundur dengan beberapa alasan sehingga didelay menjadi tahun 2019 yang harusnya dirilis pada event september mendatang.

Ternyata sebelum mencapai event tersebut, hari ini developer mengumumkan bahwa pengembangan pack ini dihentikan sepenuhnya lewat website mereka. 


Penyebab Super Duper Pack Batal 

Salah satu alasan utama mereka adalah karena performa pack ini tidak berjalan sesuai dengan apa yang mereka harapkan, sehingga mereka memilih memberhentikan pengembangan secara penuh dan mencari cara lain untuk mengubah tampilan Minecraft dilain waktu.

Hal ini juga disebabkan oleh banyaknya jenis versi Minecraft yang tersedia diberbagai platform seperti PC, Android, Win10, Xbox, PS4, dan lain-lain. Yang artinya developer harus mengeluarkan pack ini untuk semua jenis.

Kemudian harus memastikan bahwa pack ini berjalan lancar disemua versi dan perangkat yang digunakan oleh pemain.

Sedangkan pack ini sendiri sangatlah berat karena mengubah tampilan Minecraft menjadi sangat berbeda dengan berbagai detail serta tambahan animasi, perubahan grafik, model dan berbagai penambahan efek. 

Ibaratnya semacam shader yang sangat berat, kemudian harus bisa berjalan lancar pada semua jenis, menurut saya memang susah untuk dikembangkan dan apabila bisa, akan memakan waktu yang sangat lama, mungkin 2-3 tahun lagi.

Daripada membuat pemain menunggu lebih lama, developer memutuskan untuk membatalkan Super Duper Pack yang sudah ditunggu-tunggu selama hampir 2 tahun.


Itulah berita yang mengecewakan para fans Minecraft yang sudah lama menunggu pack ini (termasuk saya), namun kita tunggu saja apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan Mojang untuk menggantikan pack ini pada MINECON 2019 tahun ini.

Semoga saja ada hal baru yang dapat menggantikan batalnya pack ini atau mungkin fitur lain yang sudah direncanakan sebelumnya.