Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Shader Keren dan Populer di Minecraft PE / BE

Shader adalah file untuk mengubah kualitas grafik dan animasi di minecraft, selain jumlahnya yang  sangat banyak, pemain juga bisa memilih ribuan shader yang sudah dibuat oleh para fans dan dibagikan di forum-forum.

Shader juga bisa mengubah air bergerak, rumput bergoyang dan mengubah awan serta menambahkan bayangan. Bisa juga digunakan pada Minecraft Pocket Edition maupun Minecraft Bedrock Edition.

shader terbaik mcpe
Shader Mengubah Texture Minecraft

Ada ribuan shader mcpe yang ada diinternet, dibuat oleh berbagai orang, ada yang memang keren adapula yang tidak. Shader biasanya memakan beberapa fps pada game, namun ada pula shader yang tanpa lag.

Pada minecraft pc terdapat lebih banyak pilihan shader dibanding mcpe. Namun semakin bagus sebuah shader tentunya harus diseimbangkan dengan kekuatan hp / komputer tempat bermain.

Kali ini Anvinus Minecraft akan membagikan 3 shader yang sangat populer dan paling banyak digunakan di komunitas minecraft pe, semuanya merupakan hasil buat ulang dari versi pc sehingga namanya dan kualitasnya terlihat mirip-mirip.

Seus PE Shader

Shader Seus adalah salah satu shader paling populer baik di minecraft pc maupun pe, terkenal karena bisa mengubah dunia minecraft menjadi lebih nyata dan hidup

Kalau di mcpc, untuk menjalankan shader ini membutuhkan spek pc yang cukup kuat agar bisa tanpa lag dan lancar di 60fps.

Seus Shader

Shader ini bisa mengubah air dan daun menjadi bergerak seperti ditiup oleh angin, sehingga semua terlihat lebih hidup. Air yang biasa diam berubah menjadi bergelombang seperti dunia nyata. 

Seus Shader 
Semua objek mempunyai bayangan dan rumput-rumput juga bisa bergerak. Awan juga ikut diubah menjadi lebih hidup dengan mengubah gambar texture menjadi seperti awan dunia nyata.

Download Seus PE Shader:


Silahkan coba versi Standard terlebih dahulu, nantinya apabila lag atau lancar barulah coba menggunakan versi lainnya.


Karena file McPack maka tinggal kalian buka saja seperti apk / aplikasi, nantinya akan langsung diimport oleh minecraft di hp kalian.

Kemudian buka Minecraft lalu Settings > Global resources > Activate

Setelah itu maka shader akan langsung terinstal di hp kalian.

Simple Shader (SSPEShader)

Di nomor kedua ada shader yang cukup terkenal ketika saya bermain minecraft java, terkenal karena mengubah banyak texture dan animasi beberapa objek yang ada menjadi terlihat nyata.

Seingat saya shader ini lumayan ringan dibanding shader yang lain, di hp saya yang waktu itu 2gb ram bisa berjalan dengan lancar. Jadi bagi yang ingin shader tanpa lag, maka bisa coba yang satu ini.


Awan yang diubah mirip dengan texture pada awan seus namun terlihat lebih halus dan tipis, air juga berubah warnanya menjadi lebih biru muda dibanding warna awal yang biru tua.


Sekitar cahaya juga terlihat lebih keren karena adanya bayangan. Sisanya mirip dengan shader lainnya yaitu daun yang bisa bergerak, rumput bergoyang, air yang bergelombang, serta bayangan pada item lainnya.

Cocok bagi kalian yang hp nya tidak kuat menggunakan shader seus, wajib coba shader ini.

Download Simple Shader:


Disarankan menggunakan versi McPack terlebih dahulu karena lebih simpel instalnya, apabila lag barulah coba menggunakan versi Lite.

Tinggal buka file mcpack seperti membuka aplikasi, maka shader langsung di import kedalam game.

Kemudian buka Minecraft > Settings > Global resources > Activate maka shader sudah terinstal dan bisa kalian tes dengan masuk world apa saja. 

CSPE Shaders

Pada urutan ketiga ada shader yang diklaim pembuatnya menjadi shader paling nyata dari shader lainnya, dan tampaknya klaim tersebut ada benarnya juga karena memang terlihat lebih hidup.

Tapi saya sendiri lebih memilih Simple Shaders karena menurut saya lebih ringan dan keren, sisanya terserah kalian ingin mencoba yang mana atau ingin memasang yang mana.


Terlihat awan dan air memang berbeda dari kedua shader yang diatas, disini terlihat texture air lebih smooth seperti tidak ada gelombang, namun masih bergerak.

Awan juga berubah menjadi texture yang lebih smooth dibanding texture seus dan simple shaders, menurut kalian apakah memang terlihat lebih nyata ?


Semua bayangan dan texture memang terlihat lebih halus dan ringan, namun apakah memang terlihat lebih nyata seperti yang disebut oleh pembuatnya ? menurut saya memang mirip, namun tidak sepenuhnya berbeda dengan shader lain. 

Download CSPE Shaders:


Untuk CSPE tidak disediakan versi ringan, standard atau ultra, namun hanya 1 versi saja. Jadi bagi yang penasaran langsung coba saja, apabila lag maka berarti tidak cocok dengan shader ini.

Cara import atau instal juga sama, kalian tinggal buka saja file mcpacknya kemudian akan muncul notifikasi shader di import kedalam game, kemudian:

Buka Minecraft > Settings > Global resources > Activate Pack 


Itulah beberapa shader paling populer yang bertahan selama bertahun-tahun pada komunitas Minecraft, walaupun banyak shader yang dibuat setiap hari, pemain memang lebih suka pada shader yang dibuat ulang dari mcpc.

Apabila kalian ingin request shader atau ingin bertanya mengenai shader, silahkan komentar dibawah atau inbox lewat fanspage.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat bagi minecrafter yang sedang mencari shader keren dan nyata. Terima Kasih.

Post a Comment for "3 Shader Keren dan Populer di Minecraft PE / BE"