Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Versi Terbaru Minecraft PE (Stabil dan Beta)

Versi Minecraft PE sering berganti-ganti tergantung channel rilis apa yang kita ikuti, biasanya dibagi menjadi Alpha dan Beta. Nah apabila kalian sudah membeli versi Minecraft original di Playstore, biasanya hanya mendapat versi stabil atau yang sudah aman dari bug (stabil).

cek changelogs minecraft alpha beta
Halaman Depan Minecraft Feedback

Untuk versi Beta nya sendiri harus join terlebih dahulu agar bisa mendapatkan versi percobaan ini, versi nya juga berbeda, dari angka build hingga angka versinya.

Apabila kalian membaca changelogs yang ada, maka barulah bisa diputuskan apakah kalian ingin memperbaharui minecraft pe kalian atau tidak. Karena kalau versi yang sekarang sudah cocok maka kalian tidak perlu mengganti lagi versinya jika tidak diperlukan.

Contohnya sekarang ini ada 2 versi Minecraft, yaitu versi 1.6 untuk stabil dan 1.7 untuk Beta (ujicoba). Keduanya memiliki fitur yang berbeda-beda, biasanya versi Beta akan ada fitur baru yang sedang di ujicoba sehingga lebih terupdate.

Baca: Apa Itu Versi Alpha dan Beta Minecraft PE

Selama ini banyak yang bingung versi-versi tersebut, sehingga banyak yang bertanya ke saya versi mana sih yang paling baru ? mana yang ada fitur x dan mana yang bisa main x.

Perbedaan Minecraft Versi Stabil dan Beta

Singkatnya, versi Stabil adalah versi yang sudah dirilis developer dan sudah diuji sehingga bug dan glitch jarang terjadi, versi ini cocok bagi kalian yang hanya ingin bermain, atau join server, bermain bersama teman, pokoknya hanya ingin bermain. Maka kalian lebih cocok menggunakan versi stabil.

Versi Beta adalah versi ujicoba developer, biasanya ada fitur atau mode baru yang ingin ditambahkan, namun mereka masih belum yakin apakah akan bermasalah, jadilah versi Beta ini sebagai ujicoba. Versi ini cocok bagi kalian yang ingin mencoba fitur baru, atau sekedar mengetest saja. Beta tidak disarankan untuk dijadikan versi utama apabila kalian ingin bermain.

Cara Cek Versi Terbaru Minecraft PE (Stabil dan Beta)

Ada 2 cara mengecek versi yang sudah dirilis dan apa saja fitur yang ditawarkan versi tersebut, biasanya saya menggunakan cara ini. 

Untuk mengecek versi minecraft kalian saat ini, cukup buka Minecraft kalian dan dipojok kiri bawah akan ada versi atau build yang terinstal, misalnya 1.7.0 atau 1.6.0 dan sebagainya.

Changelogs adalah daftar perubahan atau apa saja yang ditambahkan / diubah pada sebuah versi.

Yang pertama adalah semua changelog versi stabil, di link ini kalian bisa melihat semua versi stabil yang dirilis oleh developer dan apa saja fitur yang ditambahkan.

Bisa dilihat versi 1.5.3, 1.6.0, adalah contoh versi Stabil yang dirilis oleh developer, biasanya versi ini sudah ada di Playstore, tinggal diupdate saja.

versi minecraft pe stabil


Kemudian cara link satunya lagi adalah semua changelog versi Beta alias ujicoba, lengkap dengan versi dan isi fitur. Lengkap dengan cara join dan meninggalkan Minecraft Beta. 

Bisa dilihat versinya berjarak sangat pendek, seperti 1.7.0.2 kemudian 1.7.0.3, berbeda dengan versi stabil yang lompatnya lumayan jauh.

versi beta minecraft pe untuk ujicoba


Biasanya akan ada peringatan bahwa versi yang telah dirilis akan mengandung bug atau glitch, jadi resiko save bisa hilang dan lain-lain, sehingga perlu dilakukan backup.

Cara kedua adalah langsung pergi ke halaman: Playstore Minecraft, kemudian scroll kebawah sampai ada tulisan size dan disebelahnya akan ada tulisan versi seperti gambar dibawah ini:

minecraft pe playstore

Setelah menemukan versi, maka biasanya diatasnya akan ada tulisan apa saja yang dibawa versi / update ini, apabila ingin lebih lengkap lagi maka harus pergi ke halaman changelogs versi stabil.

Cara Join / Mendapatkan Minecraft Beta 

Tidak semua orang bisa mendapatkan versi beta, biasanya pengguna umum hanya mendapatkan versi stabil, dengan alasan lebih nyaman dimainkan karena resiko bug / crash jarang terjadi.

Bagi yang ingin mencoba versi Beta maka harus melakukan pendaftaran atau join terlebih dahulu. Sebelumnya sudah saya buat artikel nya disini: Cara Mendapatkan Versi Beta Minecraft PE,

Intinya adalah kalian harus mengunjungi link: Join Beta Minecraft PE kemudian tunggu beberapa saat, maka akan muncul tombol update ke versi Beta. (Hanya pengguna ori, yang bajakan tidak bisa).

Apabila sudah selesai join, maka akan ada tombol Update dihalaman playstore minecraft kalian, apabila kalian menekannya, maka otomatis versi kalian diganti menjadi versi beta.

Lebih Baru Mana Antara Versi Stabil dan Beta ?

Jawabannya tentu tergantung pengguna, apabila kalian hanya ingin versi yang paling nyaman dimainkan maka versi terbaru adalah yang Stabil.

Apabila kalian ingin mencoba fitur baru / update baru, maka tentunya versi terbaru kalian adalah yang Beta. 


Dari versi biasanya memang lebih tinggi versi Beta dibanding yang Stabil, sehingga Beta bisa dibilang semacam versi bagi yang tidak sabar ingin mencoba update yang akan datang.

Fungsi Mengecek Versi Terbaru Minecraft PE

Setelah membaca artikel ini pastinya ada yang bertanya, fungsinya apa sih mengetahui versi-versi yang ada ? bukannya tinggal download saja ?

Memang benar, tapi ada beberapa orang yang ingin versi lama atau beberapa orang yang ingin versi tertentu dengan fitur tertentu. 

Misalnya di versi 1.0 ada Diamond, kemudian ketika versi 1.1 ternyata Diamond dihilangkan, nah apabila kalian sudah baca changelogs, maka kalian sudah tahu harus update apa tidak, apabila memang ingin Diamond, maka tidak perlu update, tapi apabila asal update saja maka kemungkinan kalian akan bertanya-tanya kenapa dihilangkan.

Alasan lainnya adalah para pencari versi bajakan alias pak tani, tidak semua versi bisa dibajak apalagi yang ingin bermain Xbox atau server lainnya, jadi setelah mencari versi-versi yang ada, kalian bisa langsung mencari di Google untuk mendownload apk tersebut (tidak disarankan).

Sekian post kali ini mengenai versi minecraft, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Cek Versi Terbaru Minecraft PE (Stabil dan Beta)"