Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat dan Fungsi Block Composter di Minecraft

Developer mengeluarkan block baru melalui Snapshot 19W03A di Minecraft Java Edition yang dirilis tanggal 17 Januari, beberapa jam sebelum rilis, develoepr sudah memberitahu bahwa akan ada block baru namun tidak menyebutkan nama atau fungsinya.

Ternyata block baru tersebut adalah Compost atau Composter. Block berwarna coklat yang berfungsi untuk membuat Bonemeal dari beberapa bahan tanaman lainnya. Block ini sangat cocok bagi yang suka menanam atau membuat kebun karena bonemeal sangat berguna untuk mempercepat tanaman.

block terbaru compost di minecraft
Block Compost Terbaru di Minecraft | Sumber: Minecraft.net

Pemain mode Peaceful juga sangat terbantu dengan block ini, karena tidak ada Skeleton di mode itu, sehingga bonemeal tidak bisa dibuat dengan cara manual. Pemain bisa menggunakan beberapa bahan untuk diubah menjadi bonemeal melalui block ini.

Baca Juga: Buah Berry Hadir di Minecraft Java Edition

Cara Membuat Block Composter

Bahan crafting yang dibutuhkan cukup mudah dicari, kalian hanya membutuhkan:

  • 3 Wooden Plank (Jenis apa saja)
  • 4 Fence (Jenis apa saja)

Kemudian gunakan Crafting Table, dan buatlah pola resep seperti ini:

resep crafting block composter
Resep Crafting Block Composter

Cara Kerja dan Fungsi Block Composter

Pemain bisa mengubah 10 bahan tanaman, makanan, atau item organik untuk diubah menjadi 1 Bonemeal. Walaupun terlihat sedikit, namun ketika kalian bermain cukup lama, pasti akan mendapatkan item-item yang tidak digunakan sama sekali, maka kalian bisa ubah menjadi bonemeal daripada dibuang.

Kalian cukup menaruh block Compost diatas tanah, kemudian pegang bahan-bahan tanaman seperti Kentang atau Wortel, kemudian klik kanan pada block Compost yang perlahan-lahan akan terisi penuh, kemudian akan menghasilkan 1 Bonemeal.

Contohnya dibawah ini, saya menggunakan Cookies yang akan diubah menjadi Bonemeal melalui Composter:

cara membuat composter minecraft
Composter yang sudah penuh

Ketika texture didalam Composter sudah berubah menjadi putih, artinya bonemeal sudah jadi, kalian hanya perlu klik kanan untuk mengeluarkannya.

cara membuat composter di minecraft
Bonemeal hasil Compost

Untuk sekarang ini, fungsi block ini hanya untuk mengubah item-item organik yang berhubungan dengan tanaman menjadi bonemeal, sehingga dengan adanya block ini, berarti sudah ada 2 cara mendapatkan bonemeal yang sebelumnya hanya bisa didapatkan dari tulang Skeleton.


Bahan atau Item yang bisa digunakan Block Composter

Untuk sekarang ini sudah ada beberapa pemain yang mencoba berbagai macam item untuk mengetahui apa saja yang bisa diubah menjadi Bonemeal melalui Compost. 

Berikut beberapa bahannya dibawah ini, setiap 10 item dibawah ini akan menghasilkan 1 Bonemeal.

cara membuat composter minecraft
Bahan Compost | Sumber: Sir_William_V

Bisa dilihat ada banyak sekali item yang bisa diubah, kalian bisa menemukan bahan diatas dialam liar ataupun dari sekitar rumah tempat spawn.

Mungkin kedepannya developer akan mengubah bahan atau mungkin menambah bahan yang bisa digunakan melalui Compost, namun untuk sementara sepertinya memang hanya dari item diatas.


Bonemeal Itu Apa Sih ?

Bagi yang belum tahu apa itu bonemeal apalagi cara kerjanya, penjelasan singkatnya adalah item yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman.

Biasanya sebuah tanaman membutuhkan 4-5 Bonemeal untuk menjadi tanaman yang siap dipanen. Sehingga kalian tidak perlu menunggu tanaman kalian tumbuh lagi, karena menggunakan bonemeal hanya memakan waktu kurang dari 5 detik.


Sepertinya untuk sekarang ini memang hanya itu saja info yang bisa Anvinus berikan kepada kalian, kedepannya mungkin akan ada update mengenai block ini baik dari fungsi atau pun bahan yang dibutuhkan, karena mengingat fitur ini masih tersedia di versi snapshot.

Dengan adanya update ini juga menandakan bahwa sebentar lagi versi 1.14 di Minecraft Java Edition yang bernama Village and Pillage hampir selesai, sepertinya tinggal beberapa minggu lagi.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat dan Fungsi Block Composter di Minecraft"