Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Brewing Stand di Minecraft

Brewing Stand adalah sebuah alat yang digunakan untuk meracik potion atau ramuan di Minecraft. Bentuknya lumayan unik dengan 3 tempat untuk menaruh botol ramuan dan ditengahnya ada blaze rod yang berwarna kuning.

cara membuat ramuan atau potion di minecraft

Termasuk salah satu item penting apabila sudah berada ditengah permainan karena nantinya pemain membutuhkan banyak potion untuk membantu mereka dalam survival seperti dalam menjelajah ataupun melawan monster yang cukup sulit.

Banyak sekali potion yang dapat dibuat didalam Minecraft, ada potion untuk menghilang, potion untuk bernafas dibawah air, potion untuk melihat dimalam hari, hingga potion yang bisa membuat tahan api (bisa berenang dilava).

Baca Juga: Cara Mencari Harta Karun di Minecraft

Untuk resep ramuan potionnya, akan saya buatkan pada post selanjutnya lengkap dengan bahan dan cara pembuatannya.

Tempat Menemukan Brewing Stand

Apabila kalian tidak ingin membuat item ini sendiri, mungkin karena belum ada bahannya, maka kalian bisa mencari desa yang ada didalam world kalian, kemudian carilah bangunan berbentuk gereja, didalamnya kalian menemukan brewing stand yang terletak dilantai pertama.

cara mendapatkan brewing stand
Bangunan Gereja di Village

Bisa kalian gunakan secara bebas karena memang villager untuk saat ini belum bisa menggunakan brewing stand secara otomatis.

Cara Membuat Brewing Stand

Sebelum bisa melakukan crafting, kalian harus mengumpulkan beberapa bahan terlebih dahulu, yaitu:
  • 1 Blaze Rod
  • 3 Cobblestone

Kemudian susun seperti ini pada crafting table untuk membuatnya:

cara membuat brewing stand di minecraft
Resep Brewing Stand

Untuk Cobblestone sepertinya tidak ada masalah karena bisa didapatkan dengan mudah, namun yang sulit adalah mencari Blaze Rod karena kalian harus pergi ke The Nether terlebih dahulu, kemudian mencari Blaze, lalu membunuh mereka untuk mendapatkan Blaze Rod.


Itu merupakan cara satu-satunya untuk bisa mendapatkan Blaze Rod. Apabila kalian sudah mempunyai weapon yang cukup kuat dan armor tahan api, maka bisa mencoba melakukan farming disana sampai mempunyai stok Blaze Rod yang mencukupi.

Karena setiap kali ingin membuat potion, kalian membutuhkan sebuah Blaze Rod yang kira-kira akan tahan sampai beberapa kali peracikan potion atau ramuan, tenang saja karena 1 Blaze Rod cukup tahan lama apabila kalian jarang menggunakannya.

cara menggunakan brewing stand di minecraft
Tampilan Brewing Stand

Bisa kalian letakkan dimana saja, namun pastikan bisa mudah diakses dan dekat dengan bahan-bahan pembuatan potion.

Cara Menggunakan Brewing Stand

Untuk menggunakannya, kalian akan memerlukan:

  • Water Bottle 
  • Blaze Rod
  • Bahan Ramuan

Untuk water bottle (botol berisi air) dapat kalian buat menggunakan glass kemudian diisi menggunakan air, untuk Blaze Rod didapatkan dari membunuh mob Blaze, kemudian untuk bahan ramuan ada sangat banyak, beberapa diantaranya yang umum adalah Fermented Spider Eye, Sugar, Redstone, Gunpowder, dll. 

Semua bahan tergantung dengan jenis potion apa yang ingin kalian buat. Biasanya adalah menggunakan botol berisi air, kemudian diubah menjadi Awkward Potion, barulah diisi bahan apa saja yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Membuat End Portal di Minecraft

Selebihnya, menggunakan Redstone dapat memperpanjang durasi potion, menggunakan Gunpower membuat potion bisa meledak ketika dilempat, dan lain-lain.

Untuk bahan dan resep ramuan lainnya akan saya bahas lebih lengkap pada postingan selanjutnya.

Sekian post kali ini, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Brewing Stand di Minecraft"