Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta-Fakta Wither Skeleton: Penjaga Nether Fortress

Wither Skeleton adalah mob undead yang sangat berbahaya sekaligus lumayan susah untuk dikalahkan apabila tidak mempunyai perlengkapan yang cukup. Oleh karena itu mob ini bisa mengancam nyawa pemain apabila berkunjung ke Nether alias Neraka di Minecraft.

cara membuat wither di minecraft
Wither Skeleton di the Nether

Bentuknya yang mirip Skeleton biasa warna Putih di Overworld (Dunia Asal Minecraft), namun para Wither tidak menggunakan Bow (Panah) melainkan Sword (Pedang). Penampilannya lumayan menyeramkan dan terlihat sangat kuat.

Kali ini Anvinus Blog akan membagikan beberapa fakta ataupun informasi tentang si Wither Skeleton ini. Langsung saja baca dibawah ini:

Tempat Spawn

Di Nether Fortress, para Wither Skeleton akan spawn apabila light level atau level cahaya di angka 7 atau kurang. Mereka spawn dalam bentuk grup yang berjumlah kurang lebih 5 mob.

Biasanya mereka banyak ditemukan didalam Nether Fortress yang sangat luas dan suka membuat pemain tersesat ketika mencoba mencari Chest atau Blaze Spawner didalamnya. Sering juga ditemukan diluar Fortress namun sangat jarang.


Pada versi Bedrock Edition dan Legacy, the Wither bahkan akan mengspawn 3-4 Wither Skeleton apabila darah dia sudah dibawah setengah.

Sifat dan Kekuatan Wither Skeleton

Ketika tidak ada pemain disekitar maka mereka akan masuk mode idle dimana mereka akan berjalan tanpa arah dan tidak menyerang mob lainnya.

Apabila mereka melihat pemain maka akan berlari dengan kecepatan pemain berjalan (tidak terlalu cepat, seperti Steve jalan biasa aja) dan menyerang menggunakan Stone Sword mereka.

Ketika pemain terserang oleh Wither Skeleton maka mereka akan mendapat effect Wither I selama 10 detik, yang kemudian mengubah Warna Hati dari merah menjadi Hitam sekaligus mengurangi 1 Hari setiap 2 detik.

Wither I: Mengurangi Hati setiap beberapa waktu dan bisa membunuh pemain.

Wither Skeleton memberikan damage berbeda-beda dan mengurangi darah sebanyak 3 Hati pada mode Easy, 8 Hati pada mode Normal dan 12 Hati pada mode Hard. Jadi harus berhati-hati ketika berhadapan dengan mereka, 1 aja sudah bahaya banget apalagi 1 grup.

Mereka juga bisa mengambil item yang pemain drop secara random ketika berjalan atau berlari kearah pemain.

Kelebihan Wither Skeleton

Mereka mirip dengan mob undead lainnya di Nether seperti Zombie Pigman, mereka sama-sama tahan terhadap api termasuk lava.

The Wither juga tidak akan menyerang mereka karena sama-sama mob undead.

Ketika dipindahkan ke Overworld menggunakan portal secara manual, para Wither Skeleton tidak akan terbakar sinar matahari namun tetap akan mencari tempat berteduh dan air.
 

Item Drop

Wither Skeleton akan drop item-item berikut ketika mati:
  • 0-2 
     Bones (Tulang)
  • 0-1 
     Coal (Arang)
  • Mempunyai chance 2.5% untuk drop sebuah 
     Wither Skeleton Skull ketika dibunuh oleh pemain.
  • Pedang dengan Enchantment Looting akan menaikkan chance drop sebuah Wither Skeleton Skull sebanyak 1% (Chance menjadi 5.5% dengan Looting III)
  • Ketika Wither Skeleton terbunuh oleh Charged Creeper maka akan selalu menjatuhkan skullnya.
  • Untuk menjatuhkan Sword, mempunyai 8.5% Chance dengan kondisi yang random dan akan selalu tanpa enchant didalamnya. Di Bedrock Edition pedang mempunyai chance ter Enchant ketika drop.
  • Mungkin spawn menggunakan Armor di mode Normal atau Hard, dan chance 8.5% drop ketika mati (Hanya Bedrock Edition).
  • Memberikan 5 Experience ketika dibunuh oleh pemain atau serigala. 

Ketika Halloween

Apabila event Halloween dimulai, semua monster seperti Skeleton, Zombie akan menggunakan Pumpkin alias Labu diatas kepala mereka. Termasuk si Wither Skeleton ini.

Sehingga apabila terbunuh oleh pemain yang menggunakan Pedang dengan Enchant Looting maka ada kemungkinan Pumpkin atau Jack-o-Lantern akan terdrop ketika mereka mati. Chancenya terbatas maksimum 3%.

Manfaat Wither Skeleton

Ketika bermain mode survival dan ingin melawan the Wither yaitu boss yang lumayan susah untuk dikalahkan, maka kita harus mencari 3 Wither Skeleton Skull serta 4 Soul Sand untuk bisa membuat wither muncul didunia Minecraft.

Namun di mode survival sangat susah menemukan skull yang didrop oleh Wither Skeleton ini sebab chancenya hanta 2.5% apabila tidak menggunakan Pedang dengan enchantment Looting.

Pengalaman saya sendiri, hampir 20 Wither Skeleton saya bunuh dalam 1 kali perjalanan ke the Nether, saya tidak mendapatkan 1 buah Skull pun dari mereka.

Baca Juga:

Itulah beberapa info dan fakta mengenai Wither Skeleton sang penjaga Nether Fortress yang sangat berbahaya sekaligus menyeramkan di Minecraft. Ketika pertama kali melawan mereka apalagi tanpa armor atau weapon yang kuat akan memberikan sensasi tesendiri karena takut mati serta lumayan susah untuk dibunuh.

Tapi bagi yang sudah bermain lama atau Pro pasti tidak akan kesulitan melawan mob ini sebab mempunyai armor dan weapon yang enchantment nya sudah cukup kuat,

Yang paling seru adalah ketika mencari Wither Skeleton Skull yang susahnya minta ampun apabila dicari secara manual bahkan ketika sudah menggunakan enchantment Looting III sekalipun.

Sekian post kali ini mengenai Wither Skeleton, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Fakta-Fakta Wither Skeleton: Penjaga Nether Fortress"