Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Texture Baru Minecraft Java Edition V3

Setelah dikembangkan hampir 1 tahun, akhirnya developer Minecraft kembali mengeluarkan versi baru untuk texture di Java Edition yang sudah dimulai sejak Desember 2017. Ketika itu masih belum banyak perubahan yang dibuat, hanya direncanakan saja.

download texture terbaru minecraft
Texture Sand | Source: minecraft.net

Kemudian pada tahun 2018 tepatnya bulan Februari, kembali dirilis dalam bentuk V2 yang membawa perubahan cukup besar karena sudah dikerjakan selama 2 bulan lebih. Kedua versi tersebut membagi pemain menjadi kubu yang setuju dan yang tidak setuju.

Namun apabila sudah diambil developer dan diubah, maka yang tidak setuju dengan perubahan ini hanya bisa pasrah saja, dengan solusi menggunakan texture lainnya.

Baca lebih lengkap mengenai kedua texture sebelumnya di:

Download Texture Minecraft Java Edition V1 - Desember 2017

Download Texture Minecraft Java Edition V2 - Februari 2018

Semua texture ini dikerjakan oleh desain pixel yang bekerja di Mojang yaitu Jasper Boestra. Dia adalah orang yang membuat semua texture baru dari V1 tahun lalu sekaligus orang yang bertanggungjawab untuk projek texture baru ini.

Download Texture Minecraft V3 dan Cara Pemasangan

  1. Klik disini untuk mendownload maka kalian akan mendapatkan file .zip
  2. Copy file .zip nya.
  3. Buka Minecraft Java Edition
  4. Dari menu pilih Options kemudian Resource Packs
  5. Pilih Open Resource Pack Folder.
  6. Akan terbuka sebuah folder, paste file .zip yang kalian copy tadi kedalam folder ini.
  7. Setelah selesai paste, tutup folder nya dan kembali ke Minecraft.
  8. Dibawah Resource Packs, akan terlihat daftar Available Resource Packs. Dan akan muncul texture baru V3 yang kalian download disana.

minecraft texture v3 download
Perbandingan Texture Baru | Source: minecraft.net

Perubahan Utama dari Texture V2 

Jasper mengatakan bahwa beberapa masukan dari pemain yang sangat banyak adalah karena banyak texture yang nge blur, ini adalah teknik pixel yang disebut anti-aliasing. Teknik ini banyak digunakan pada pixel-art. Namun ternyata banyak pemain yang kurang menyukai fitur ini.

Jadi Jasper memutuskan untuk mengurangi anti-aliasing sehingga semua texture akan terlihat lebih tajam lagi, mirip dengan yang original. Dan juga semua barang terlihat lebih datar.

anti aliasing pada texture v3 minecraft
Texture Anti-Aliasing | Source: minecraft.net

Bagaimana Cara Memberikan Masukan Kepada Jasper ?

Apabila kalian sudah mencoba texture V3 ini, kemudian ingin memberikan beberapa masukan kepada Jasper untuk ditambahkan atau diubah, maka kalian bisa menghubungi dia lewat Twitter Jasper, pastikan menggunakan bahasa inggris.

bioma taiga update minecraft
Texture Baru Bioma Taiga | Source: minecraft.net

Apa Yang Akan Terjadi Pada Texture Lama ?

Texture baru ini setelah mencapai versi final akan menggantikan texture lama sepenuhnya, kemudian texture baru ini akan menjadi texture default di Minecraft Java Edition. Untuk sekarang, masih dalam tahap perkembangan sehingga developer masih meminta masukan pemain-pemain.

Texture original akan menjadi gratis untuk digunakan, namun developer belum memutuskan apa yang akan dilakukan dengan hal itu.

Jadi bagi yang setuju maupun tidak, untuk sekarang ikuti aja perkembangannya, sambil menunggu versi final dan keputusan developer karena tidak semua pemain setuju dengan perubahan ini. Walaupun menurut saya, Minecraft memang perlu update texture karena sudah menggunakan texture lama sejak tahun 2010.

texture baru rumah villager
Texture Baru Pada Rumah Villager | Source: minecraft.net

Perkiraan Selesainya Texture Baru Minecraft ?

Terlihat cukup jauh jarak update dari V2 ke V3, ini bisa jadi menandakan bahwa memang sulit mengganti texture atau proses pembuatan yang lama, atau bisa jadi memang ingin memastikan pemain menyukai semua texture yang diubah.

Dengan begitu, kita bisa mengharapkan texture ini selesai sekitar beberapa bulan lagi karena banyak hal yang harus diubah, beberapa bahkan dibuat dari ulang.

Mungkin kedepannya akan ada V4 dan V5 sebelum akhirnya menyentuh versi final. Bagi yang tidak suka dengan beberapa texture yang diubah, secepatnya laporkan pada Jasper kali aja di mau mendengar masukan kalian.

Sekian post kali ini mengenai texture v3 minecraft java edition, bagi yang menggunakan Bedrock Edition, maka masih harus menunggu lebih lama dibanding versi PC.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Download Texture Baru Minecraft Java Edition V3"